Detail Update ML Patch Note 1.8.08 Terbaru, Apa Saja yang Baru?

update patch mobile legends terbaru

Buat para penikmatnya, kebanyakan dari kalian pasti sudah update ML patch note 1.8.08 yang terbaru di bulan Agustus 2023 ini deh. Yap, seiring dengan datangnya skin Clouds yang baru, Moonton selaku developer juga menyisipkan beberapa perubahan yang cukup fundamental

Meski update kali ini tidak terlalu merubah meta secara besar-besaran, namun keberadaannya dapat mempengaruhi rotasi dan pergerakkan di fase early game.

So, buat kalian yang mungkin belum bisa mendapatkan gambaran yang lengkap hanya dari membaca patch note id inbox, VCGamers News akan merangkum keseluruhan perubahan meta kali ini! Monggo langsung disimak!

Baca juga: Clara Mongstar si Caster Cantik yang Memikat Hati Player MLBB!

Update ML Patch Note 1.8.08 yang Baru

Update kali ini dirilis pada tanggal 8 Agustus 2023 sore hari. Hal pertama yang terlihat adalah penggantian laman loading screen yang sebelumnya bergambar sang Marksman (MM) baru Ixia, berubah menjadi tampilan tiga skin baru yang nantinya bisa didapatkan melalui event “Beyond the Clouds Series”.

Tentu sebagian player ML sudah paham siapa saja ketiga hero yang mendapatkan skin ini. Yap, ada Kagura, Xavier, dan juga Edith. Dan dengan mengikuti event tersebut, kalian berpeluang mendapatkan skin Kagura gratis loh!

Namun kali ini kita akan membahas pada update kali ini. Kita akan memapaparkan mengenai perubahan meta sesuai dengan pemberitahuan yang dikirimkan ke masing-masing inbox setiap player.

Baca juga: Profil dan Biodata MobaZane BTK, Pro Player MLBB!

Hal Baru di Update Mobile Legends

Update Patch Note Terbaru Agustus 2023
Update Patch Note Terbaru Agustus 2023. Sumber: VCGamers

Tentu update kali ini belum merubah meta secara keseluruhan. Meta core Fighter ‘barbar’ dan Tank ‘tabrak’ masih mendominasi Land of Dawn.

Bahkan bisa dikatakan, meta yang sekarang memperkuat berbagai Fighter ‘sisaan’ yang sebelumnya tidak mendapatkan tempat di habitat tier tinggi (Legend ke atas).

Yap, hero-hero dengan tipikal Damage Per Second (DPS) yang mengandalkan Attack Speed, Lifesteal, dan Critical terbilang kurang menjadi idaman para punggawa Land of Dawn.

Maka wajar bila Fighter seperti Zilong, Sun, Aulus, Yin, dsb. akan sangat jarang terlihat di meta para ‘juragan bintang’. Maka dari itulah, perubahan yang dihadirkan pada meta kali ini memfokuskan pada para hero dengan kapasitas tersebut. Berikut adalah ulasannya:

Meta DPS-lifesteal-burst

Hero Buff
Hero Buff. Sumber: VCGamers

Seperti yang sudah sedikit dipaparkan di atas, Moonton ingin agar meta hero DPS-Lifesteal-Burst dapat kembali. Karena itu beberapa item penambah Attack Speed dan Lifesteal mendapatkan efek Critical tambahan.

Selain itu, keberadaan item Scarlet Phantom juga digantikan dengan item ‘khas’ mpunya Zilong yakni Great Dragon Spear.

Fokus dari item physical ini adalah mengurangi Cooldown (CD), serta menambahkan Critical. Tak hanya itu, Pasif yang dimilikinya juga menggenjot Movement Speed yang dapat aktif tepat setelah penggunaan ulti: benar-benar item wajib bagi Zilong!

Buff, Nerf, dan Revamp Hero

Hero Nerf
Hero Nerf. Sumber: VCGamers

Melihat ‘tema’ dari update patch kali ini, maka tidak heran bila akhirnya hero-hero yang bertepatan dengan tema tersebut juga mendapatkan buff!

  • Buff dan revamp

Lihat saja nama-nama seperti Natalia, Aulus, Alucard, Yu Zhong, Zilong, Leomord, dan Ruby, yang di buff serta revamp.

Tak hanya itu, beberapa hero Attack Speed dan Critical lainnya juga ikut kebagian manisnya buff, seperti Ixia sang hero baru, serta Irithel. Beberapa hero mage juga tak luput dari perhatian Moonton: Odette dan Lylia.

  • Nerf

Untuk yang di nerf, Moonton memilih berbagai hero yang masih terlampau sering muncul (padahal sejak lama sudah ingin mereka simpan di ‘goa’).

Beberapa di antaranya seperti Ling, Yve, dan juga Arlott. Selain itu beberapa hero yang ‘tak sengaja’ menjadi meta juga ikut dilemahkan: Alpha, dan Freya.

  •  Penyesuaian

Beberapa hero disesuaikan imbas dari perubahan sistem talent yang baru dan juga update kali ini: Nana, Vexana, dan Faramis (ketiganya di buat agar lebih kuat menjadi midlaner early-mid game); serta Aldous juga Alice (lebih mudah mengumpulkan stack, jadi bisa langsung ke EXP Lane tanpa harus minta Mid Early Game).

Perubahan Perolehan EXP

Perubahan Meta Baru
Perubahan Meta Baru. Sumber: VCGamers

Dan yang terakhir adalah skema EXP di early game. Meta yang sekarang akan membutuhkan perolehan EXP yang lebih banyak untuk meraih level 2-4. Namun sebagai penyeimbang, untuk level 4-6, EXP yang dibutuhkan akan dikurangi.

Selain itu berbagai Creep yang ada di Jungle (Horned Lizard, Fire Beetle, dan Lava Golem) ditingkatkan reward EXP-nya agar Jungler bisa lebih cepat naik level. Namun ‘kemudahan’ ini tentu diimbangi dengan ‘tanggung jawab’ lebih bagi Jungler.

Yap, Moonton juga meningkatkan reward EXP dari Turtle sebanyak 12.5%! Dan dikombinasikan dengan perubahan kebutuhan EXP di atas, perebutan Turtle pertama-pun menjadi suatu keharusan bagi Jungler! Dengan begitu, timnya mampu melakukan Snowballing ke arah Late Game.

Baca juga: Buff dan Nerf di Update Patch Mobile Legends 1.7.94 

Nah itulah tadi pembahasan mengenai update ML terbaru patch note 1.8.08.

Nah buat kalian yang ingin top-up diamond ML murah dan cepat langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!