Penjelasan Tentang Dark System Moonton

Dark system Moonton kerap menjadi bahan perbincangan selama beberapa waktu ke belakang karena sejumlah player merasa kalah dengan tidak wajar

Sebagai pemain Mobile Legends, kamu mungkin pernah mengalami momen di mana kamu merasa selalu kalah, meskipun kamu sudah bermain dengan maksimal. Hal ini memicu spekulasi tentang adanya “dark system” yang diterapkan Moonton untuk membuat pemain kalah secara sengaja.

Artikel ini akan membedah lebih dalam mengenai dark system Moonton. Penulis akan membahas apa itu dark system, ciri-ciri yang diyakini sebagai tanda keberadaannya, dan apakah teori ini benar-benar ada.

Selain itu, penulis juga akan memberikan tips dan saran untuk membantumu meningkatkan performa dan meraih kemenangan di ranked mode MLBB, terlepas dari ada atau tidaknya dark system.

Baca juga: Penjelasan Moonton Soal Dark System MLBB saat Solo Rank

Apa Itu Dark System Moonton?

Dark System Moonton
Dark System MLBB. Source: YouTube.

Bagi para pecinta Mobile Legends, istilah “dark system” mungkin sudah tidak asing lagi. Istilah ini merujuk pada sebuah spekulasi yang beredar luas di kalangan pemain, yang menduga bahwa Moonton, developer MLBB, memanipulasi sistem matchmaking untuk membuat pemain kalah secara sengaja.

Tujuannya diyakini untuk mendorong pemain agar terus bermain dan melakukan top-up, sehingga Moonton mendapatkan keuntungan.

Keberadaan hal ini telah menjadi perbincangan hangat di berbagai forum dan media sosial. Banyak pemain yang merasa dirugikan dengan sistem ini, di mana mereka merasa terus-menerus dijodohkan dengan tim yang lemah atau mengalami kejadian sial dalam game.

Seperti lag, hero yang tiba-tiba melemah, atau turret yang mudah hancur. Hal ini membuat mereka frustrasi dan memicu spekulasi tentang adanya campur tangan Moonton dalam sistem permainan.

Baca juga: Rekap Update MLBB Patch 1.8.78: Revamp, Nerf dan Buff

Ciri-ciri Dark System

Mobile Legends Bang Bang New Logo
Mobile Legends Bang Bang Logo. (Source: Moonton Official Website/Google)

Meskipun Moonton secara resmi telah membantah keberadaan dark system, banyak pemain yang masih merasakan kejanggalan dalam alur permainan mereka.

Munculnya spekulasi ini diperkuat dengan beberapa “tanda” yang sering dialami oleh para pemain, di antaranya:

Tim yang Tidak Seimbang

Kamu mungkin sering bertemu dengan tim yang memiliki performa jauh lebih rendah dibandingkan tim lawan.

Hal ini bisa dilihat dari perbedaan rank yang signifikan, hero yang tidak cocok, atau bahkan pemain yang AFK (away from keyboard).

Performa Hero yang Menurun

Hero yang biasanya kamu kuasai dan lincah dalam pertempuran, tiba-tiba terasa lemah dan tidak berdaya.

Skill yang biasanya kamu jago lepaskan, tiba-tiba meleset atau tidak mengenai target. Hal ini bisa membuatmu frustrasi dan sulit untuk membawa tim menuju kemenangan.

Pola Kemenangan dan Kekalahan yang Janggal

Kamu mungkin mengalami pola kemenangan dan kekalahan yang tidak wajar. Misalnya, kamu bisa menang 10 pertandingan berturut-turut, dan kemudian kalah 10 pertandingan berturut-turut. Hal ini terasa tidak normal dan menimbulkan kecurigaan terhadap sistem matchmaking.

Perilaku Pemain yang Aneh

Kamu mungkin bertemu dengan pemain yang berperilaku aneh dalam pertandingan, seperti AFK, sengaja feeding, atau bahkan mengucapkan kata-kata kasar kepada tim. Hal ini dapat mengganggu fokus dan kekompakan tim, sehingga meningkatkan peluang kekalahan.

Baca juga: Mengenal Testflight MLBB dan Serba-serbinya

Benarkah Dark System Ada?

Dark System Moonton
Ilustrasi Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Moonton secara resmi telah membantah keberadaan dark system. Mereka menyatakan bahwa sistem matchmaking MLBB dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang adil dan seimbang bagi semua pemain.

Meskipun Moonton telah menyangkalnya, banyak pemain yang masih percaya dengan keberadaan dark system.

Hal ini diperkuat dengan beberapa video dan konten di media sosial yang menunjukkan bukti-bukti dark system.

Bagaimana Mengatasinya?

Dark System Moonton
Ilustrasi Mobile Legends. Source: YouTube.

Meskipun tidak ada jaminan pasti untuk menghindari dark system, berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk meningkatkan peluang menang dan mengatasi rasa frustrasi:

Periksa History Match

Perhatikan pola matchmaking di history match kamu. Apakah kamu sering bertemu dengan tim yang jauh lebih kuat? Atau, apakah kamu selalu berada di tim yang kalah? Memahami pola ini dapat membantumu memprediksi kemungkinanmu untuk menang di match selanjutnya.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Mobile Legends: Bang Bang Guide, dapat memberikan informasi detail tentang tim lawan, seperti winrate, hero usage, dan statistik lainnya. Informasi ini dapat membantumu mempersiapkan strategi dan meningkatkan peluang menang.

Optimalkan Performa Gameplay

Pilihlah hero yang sesuai dengan meta saat ini dan gaya bermainmu. Pelajari hero tersebut dengan baik, termasuk skillset, combo, dan item build yang optimal.

Setelah setiap match, luangkan waktu untuk menganalisis kesalahnmu. Pelajari apa yang bisa kamu lakukan dengan lebih baik di match selanjutnya.

Dark system Moonton masih menjadi misteri dan belum ada bukti kuat yang menguatkannya. Moonton telah menyangkal keberadaannya, dan sebagai pemain, kamu bisa fokus untuk meningkatkan skill dan bermain bersama tim untuk meraih kemenangan.

Baca juga: Build Gord MLBB untuk Burst Damage dan Cooldown Reduction

Top Up Diamond Mobile Legends murah dan cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!