Cara Membuat Smithing Table dan Fungsinya di Minecraft

Smithing Table Minecraft

Smithing Table adalah sebuah peralatan di Minecraft yang digunakan untuk meningkatkan berbagai perlengkapan dan armor.

Jika kamu ingin mendapatkan armor yang sudah dipangkas atau meningkatkan perlengkapan berbahan berlian dengan netherite, maka menggunakan Smithing Table adalah satu-satunya cara.

Bagaimana cara membuat Smithing Table dan apa fungsinya di Minecraft? Yuk simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Baca juga: Cara Download Minecraft Mod Combo

Cara Membuat Smithing Table di Minecraft

Cara membuat Smithing Table Minecraft
Cara membuat Smithing Table. Source: JayDeeMC/Youtube

Cara untuk membuat Smithing Table di Minecraft terbilang cukup mudah karena kamu hanya membutuhkan dua jenis bahan dasar yaitu 2x Iron Ingot dan 4x Planks jenis apapun.

Jika belum memiliki Iron Ingot, kamu bisa mendapatkannya di banyak lokasi seperti Mineshaft, Dungeon, dan Desert Temple.

Kamu juga bisa membuat item Iron Ingot dengan Block of Iron dan Iron Nugget. Jika menggunakan Iron Ingot, kamu hanya memerlukan 1 buah saja.

Selanjutnya, buka menu crafting 3 x 3 dan letakkan Block of Iron di slot tengah yang tersedia dan kamu akan mendapatkan 1x Iron Ingot.

Apabila kamu memilih untuk menggunakan Iron Nugget, kamu memerlukan 9x buah item dan meletakkannya di seluruh slot kosong yang ada di menu crafting 3 x 3.

Planks adalah salah satu material yang sangat mudah ditemukan di Minecraft. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai tipe pohon yang ada dalam game ini seperti pohon ek dan pohon bambu.

Setelah mendapatkan Iron Ingot dan Planks, selanjutnya buka menu crafting 3 x 3 untuk membuat Smithing Table.

Kemudian letakkan x2 Iron Ingot di kolom pertama dan kedua dibaris pertama. Terakhir, tambahkan 4x Planks tepat dibawah kedua Iron Ingot dan kamu sudah bisa mendapatkan Smithing Table.

Baca juga: Fungsi dan Cara Membuat Smoker di Minecraft

Fungsi Smithing Table di Minecraft

Fungsi Smithing Table Minecraft
Fungsi Smithing Table. Source: RajCraft/Youtube

Smithing Table di Minecraft memiliki beberapa fungsi diantaranya upgrade peralatan tanpa menghilangkan enchantment dan memangkas armor. Berikut adalah fungsi lebih lengkapnya:

Upgrade Peralatan Berbahan Berlian ke Netherite

Smithing Table Minecraft - Upgrade peralatan
Upgrade peralatan dengan Smithing Table. Source: RajCraft/Youtube

Smithing Table seringkali digunakan untuk memberikan upgrade pada berbagai perlengkapan berbahan berlian ke Netherite.

Setiap kali menggunakan Smithing Table, pemain harus menyediakan sebuah templat peleburan di bagian slot paling kiri.

Selanjutnya, meletakkan armor dan perlengkapan yang ingin dilebur pada slot bagian tengah dan material tambahan lainnya pada slot paling kanan.

Proses memakai peralatan ini tidak menghabiskan poin exp dan data item seperti durabilitas serta enchantment tetap dipertahankan.

Meningkatkan armor atau perlengkapan dengan Smithing Table membutuhkan templat peleburan Netherite, perlengkapan atau armor berbahan berlian, dan Netherite Ingot.

Memangkas Armor

Smithing Table Minecraft - Templat peleburan untuk memangkas armor
Templat peleburan untuk memangkas armor. Source: RajCraft/Youtube

Untuk memangkas, kamu membutuhkan kepingan armor, sebuah templat peleburan, dan mineral atau kristal untuk memberikan warna yang diinginkan. Berikut adalah mineral dan kristal yang bisa digunakan:

  • Amethyst Shard
  • Copper Ingot
  • Diamond
  • Emerald
  • Gold Ingot
  • Iron Ingot
  • Lapis Lazuli
  • Nether Quartz
  • Netherite Ingot
  • Redstone Dust

Setelah proses pemangkasan, armor yang dihasilkan akan memiliki pola yang sesuai templat peleburan yang dipakai. Warna dari pola sendiri akan ditentukan oleh warna dari material dan kristal.

Selain fungsi di atas, Smithing Table dapat mengubah pekerjaan penduduk di suatu desa. Kondisi tersebut bisa terjadi apabila ada suatu desa yang memiliki Smithing Table namun belum diklaim oleh siapapun.

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up Minecraft murah dan cepat, yuk ke VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!