Fungsi dan Cara Membuat Armor Stand di Minecraft

Armor Stand

Armor Stand adalah entitas tak bernyawa yang bisa memakai baju zirah di Minecraft. Dia juga bisa diatur untuk berpose sambil memegang item.

Kamu bisa merusak Armor Stand dengan menyerangnya dua kali. Saat rusak, dia akan menjatuhkan armor apapun yang diletakkan padanya.

Artikel kali ini akan membahas fungsi dan cara membuat Armor Stand di Minecraft. Penasaran? yuk simak artikelnya sampai habis!

Baca juga: Cara Membuat Obsidian di Minecraft, Pemula Wajib Tahu!

Fungsi Armor Stand Minecraft

Fungsi Armor Stand
Fungsi Armor Stand. Source: Zacktivate/Youtube

Pemain dapat menggunakan Armor Stand untuk memegang armor, kepala mob, ukiran labu, dan Elytra. Kamu bisa menambahkan item lainnya pada Armor Stand dengan menggunakan Command tertentu.

Entitas ini bisa diletakkan dalam orientasi yang berbeda, mirip dengan banner atau penanda lainnya. Kamu juga dapat melakukan berbagai interaksi untuk membuatnya berpindah tempat.

Armor Stand termasuk ke dalam kategori entitas sehingga dia dapat didorong menggunakan piston, digerakkan oleh air yang mengalir, ditarik oleh alat pancing dan dipantulkan oleh blok slime.

Hal menarik dari entitas ini, kamu bisa menyesuaikan tampilannya hingga Armor Stand memiliki lengan, berpose, mengabaikan gravitasi dan hal lainnya menggunakan perintah atau summon dengan tag NBT.

Pose
Armor Stand berpose. Source: BlozerX/Youtube

Pada map yang banyak menggunakan Command Block, Armor Stand bisa digunakan untuk menjaga papan skor yang bersifat “global”, menjalankan Command, dan lain sebagainya.

Armor Stand dapat menampilkan berbagai enchanted armor. Seluruh enchanted armor tidak memberikan efek apapun pada Armor Stand kecuali 3 armor berikut ini:

  • Frost Walker
  • Depth Strider
  • Armor yang dilengkapi dengan Thorns

Armor Frost Walker dapat membuat balok es beku diatas air jika Armor Stand didorong menggunakan sebuah piston.

Depth Strider dapat memperlambat pergerakan dari Armor Stand ketika pemain mendorongnya menggunakan air.

Terakhir, pemain mungkin mendapatkan damage karena memukul Armor Stand yang dilengkapi oleh baju zirah dengan item sihir Thorns.

Baca juga: Cara Membuat Banner di Minecraft, Pemula Wajib Tau!

Cara Membuat Armor Stand di Minecraft

Crafting
Cara membuat Armor Stand. Source: MCBasic/Youtube

Untuk membuat Armor Stand, kamu hanya memerlukan dua item saja sebagai bahan dasarnya. Kedua item tersebut adalah Stick dan Smooth Stone Slab.

Jika kamu belum memiliki Stick, kamu bisa membuatnya dengan dua item yaitu Planks jenis apapun dan Bamboo.

Buka menu crafting 3 x 3 lalu letakkan Plank atau Bamboo pada slot tengah. Selanjutnya letakkan item yang sama tepat dibawah slot tengah.

Armor Stand - Stick
Cara membuat Stick. Source: MCBasic/Youtube

Selain membuatnya, kamu juga bisa mendapatkan Stick diberbagai lokasi seperti Village, Dessert Well dan peti harta karun. Setelah mendapatkan Stick, selanjutnya kamu perlu mendapatkan Smooth Stone Slab.

Item ini muncul secara natural di beberapa rumah yang ada di area sabana dan desa bersalju, secara spesifik di rumah pemotong daging.

Apabila kamu sudah berhasil mengumpulkan Stick dan Smooth Stone Slab, sekarang kamu sudah bisa membuat Armor Stand.

Untuk membuatnya, buka menu crafting 3 x 3 dan letakkan Smooth Stone Slab dibaris ketiga dan kolom kedua. Selanjutnya, letakkan Stick di area yang kosong kecuali slot kolom kedua selain bagian tengah.

Selain dengan membuatnya secara manual, Armor Stand juga bisa ditemukan pada desa dengan bioma Taiga.

Armor Stand biasanya terletak diluar gudang senjata, satu dilengkapi dengan penutup kepala dari besi dan yang satu lagi dilengkapi dengan zirah besi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!