Cara Membuat Obsidian di Minecraft, Pemula Wajib Tahu!

Film Minecraft

Sebagai pemula di game Minecraft, kamu harus mengetahui berbagai macam tips dan trik ketika memutuskan untuk bermain. Salah satu yang paling penting adalah, bagaimana cara membuat obsidian.

Obsidian merupakan item penting yang ada di Minecraft, warnanya hitam, dan sangat sulit untuk ditambang. Kamu memerlukan item khusus untuk mendapatkannya. Terlebih lagi, lokasi di mana obsidian berasal, sulit untuk dijangkau.

Perlu pengetahuan untuk mencapai titik tersebut. Namun, jangan khawatir, melalui artikel ini, penulis akan membahas seluk beluk obsidian secara terperinci. Simak baik-baik, jangan sampai kelewatan.

Baca juga: Cara Membuat Banner di Minecraft, Pemula Wajib Tau!

Lokasi Obsidian

Lava - Lokasi Obsidian
Lava – Lokasi Obsidian. (Source: Mojang Minecraft)

Apa itu obsidian? item ini merupakan hasil pengerasan antara lava yang mengendap, dengan aliran air.

Warnanya hitam pekat, dengan motif abu-abu terang di sekujur blovcknya untuk varian obsidian biasa, dan terdapat garis ungu melingkar pada varian crying obsidian.

Item ini juga hanya dapat ditambang dengan Netherite Pickaxe, serta Diamond Pickaxe.

Kamu bisa menemukan obsidian di dasar Gua yang dipenuhi oleh lava. Untuk menemukannya, galilah secara diagonal, dan bukan vertikal agar tak terjatuh kedalamnya.

Hitung block yang sudah kalian gali, dengan bantuan penunjuk lokasi di kanan layar. Biasanya, Gua dapat ditemukan pada 10 block terakhir yang kalian gali.

Selain Gua, kalian juga bisa menemukan obsidian dengan mengunjungi Nether Realm untuk menemui para Piglins.

Siapkan emas batangan ataupun Golden Ingot Karena para Piglins hanya mau menerima emas, sebagai alat tukar.

Berhati-hati ketika mendekati kawanan Piglins. Jangan sampai kalian memukulnya. Karena, Piglins sangat reaktif dan agresif ketika salah satu anggotanya disakiti.

Cara paling aman untuk menemukan obsidian adalah, kamu juga bisa mencari desa Villager terdekat yang mempunyai pandai besi. Karena, biasanya di sana akan terdapat lava yang bisa kalian ubah menjadi obsidian.

Cara Membuat Obsidian

Cara Membuat Obsidian Otomatis
Cara Membuat Obsidian Otomatis. (Source: Mojang)

Untuk membuat obsidian tanpa harus menambangnya ke lokasi tertentu, kalian memerlukan beberapa item.

Pertama, siapkan ember yang terbuat dari empat buah iron ingot. Ketika sudah memilikinya, tampung lava dari lokasi-lokasi yang sudah penulis sebutkan di atas.

Sesuaikan dengan kemampuanmu, untuk menghindari resiko kematian. Apabila karaktermu mati, maka benda-benda yang kamu bawa saat itu, akan ikut hilang.

Setelah mengumpulkan lava, ambil air dari danau terdekat. Lalu galilah lubang seperti gambar di atas. Pastikan jumlahnya ganjil.

Masukan lava dan air di kedua sisinya. Untuk membuat obsidian, kamu harus memastikan bahwa lava yang telah dimasukan tidak mengalir.

Karena, jika lava tersebut mengalir dan bertemu air, yang akan kamu dapatkan adalah Cobblestone. Sehingga, buatlah keadaan di mana lava tersebut tak mengalir dengan mengganjalnya terlebih dahulu.

Ketika sudah mengendap, kamu bisa membuka batas tersebut. Selamat, obsidian berhasil kamu raih, tanpa harus bersusah payah mengunjungi berbagai tempat!

Cara Menambang Obsidian

Cara Menambang Obsidian
Cara Menambang Obsidian. (Source: Mojang)

Kamu memerlukan Netherite Pickaxe dan juga Diamond Pickaxe untuk menambang obsidian. Jangan pernah mencoba menambang obsidian menggunakan Iron ataupun Gold Pickaxe.

Fungsi Obsidian

Obsidian Nether Portal
Obsidian Nether Portal. (Source: Mojang)

Kamu bisa membuat berbagai barang menggunakan item obsidian. Di antaranya adalah Nether Portal, Beacon ataupun mercusuar, dan juga kalian membutuhkan obsidian untuk membuat Ender Chest. Tak hanya itu, kalian juga memerlukan beberapa buah obsidian ketika membuat Enchanting Table.

Baca juga: Shulker Box Minecraft, Kotak Sejuta Manfaat!

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace! Raih berbagai macam cashback selama promonya masih ada!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!