Cara Melihat Replay Pertandingan Mobile Legends, Gampang!

Video Replay ML VCGamers Squad

Mungkin masih ada yang bingung dengan cara melihat replay pertandingan Mobile Legends. Melihat replay pertandingan tentu akan sangat bermanfaat bagi para pemain.

Hal ini disebabkan karena kita bisa melihat kelebihan dan kekurangan selama bermain di Land of Dawn.

Nah, jika kalian salah satunya, wajib banget simak artikel ini!

Baca juga: Simak! Ini Penjelasan Sepatu Mobile Legends dan Fungsinya

Video Replay Sebagai Bagian dari ‘Meso’

Video Replay MLBB
Source: VCGamers

Sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, ada baiknya kita terlebih dahulu membahas mengenai perbedaan antara makro, mikro, dan meso. Ini penting supaya kalian bisa memiliki gameplay yang proper.

Seperti yang sudah diakui secara luas, bahwa dalam suatu game online (khususnya ML), tiga aspek yang sudah disebutkan di atas perlu untuk dipahami oleh pemainnya. Berikut adalah bahasannya:

Mikro

Di mulai dari yang paling simple yakni mikro, aspek ini berhubungan dengan bagaimana cara kalian mengoprasikan hero yang di-pick dan memahami hero yang digunakan musuh.

Simple-nya, mikro adalah pemahaman dan kemampuan mekanik kalian dari semua hero yang ada di Land of Dawn. Ini juga termasuk cara mengkombo skill, menghitung dan memahami jenis damage, serta cara-cara meng-counter.

Makro

Selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah aspek makro. Bisa dibilang ini mencakup berbagai hal di luar mikro, namun berkaitan secara langsung dengan gameplay.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam aspek ini seperti pemahaman mengenai meta yang berlaku, kepekaan dalam membaca map, penguasaan role, melihat pergerakkan lawan, disiplin tim, dll.

Meso

Nah yang juga tidak kalah pentingnya namun sering kali belum banyak dipahami oleh gamers adalah aspek Meso. Berbagai hal di luar makro maupun mikro, dan tidak berkaitan secara langsung dengan gameplay masuk ke dalam meso.

Kapasitas meso sendiri termasuk diantaranya seperti memahami cara membaca win rate (WR), tahu kapan jam main para penjoki, memahami settingan control dan jaringan, serta tidak lupa, memahami cara melihat replay pertandingan.

Baca juga: Hero Fighter Mobile Legends Terbaik di Season 32

Cara Melihat Replay Video Match

Replay MLBB VCGamers
Source: VCGamers

Nah, setelah melihat pembahasan di atas, sedikit banyak kalian sudah paham dong ya bagaimana pentingnya memahami ketiga aspek di atas. Dan juga tentu kalian jadi lebih paham cara melihat replay masuk ke dalam aspek mana.

So, sekarang langsung saja Vicigers bahas langsung mengenai langkah-langkahnya. Ini mudah kok, dan semua pemain ML bisa mengaksesnya:

1. Buka profil kalian, lokasi tombol menu-nya ada di pojok kiri atas yang ada foto kalian;

Menu Profil Melihat Replay
Menu Profil Melihat Replay. Sumber: VCGamers

2. Jika profil sudah terbuka, pilih opsi ‘Battlefield’ dibagian sebelah kiri;

Opsi Battlefield
Opsi Battlefield. Sumber: VCGamers

3. Setelah dipilih, menu drop-down akan terbuka, dan ada opsi lebih lanjut. Salah satu di antaranya adalah ‘Replay’. Pilih menu tersebut;

Menu Replay
Menu Replay. Sumber: VCGamers

Dan disitulah nantinya pilihan berbagai match sebelum-sebelumnya dapat dilihat terbuka. Untuk menonton replay dari match yang diinginkan, pada masing-masing entry akan ada logo/ikon kamera di bagian atas, tepat di sebelah kanan penanda waktu (time-signature).

Tekan tombol tersebut, maka replay video-nya akan di mulai. Bagaimana mudah bukan? Yang patut kalian ingat adalah, laman fitur ini hanya dapat menampun lima pertandingan terakhir.

Lewat dari jumlah itu, replay match kalian tidak akan dapat di akses lagi. Nah supaya replay match yang ingin kalian saksikan ulang tidak ‘tertimpah’ dengan replay match baru, kalian dapat menyimpannya terlebih dahulu dan menonton nanti.

Tinggal tekan tombol ‘Simpan’, dan nanti match tersebut akan masuk ke dalam tab menu ‘Replay Saya’. Bisa nonton kapan saja deh! Asalkan jangan lewat ganti season ya, karena semua replay akan di-reset kembali.

Baca juga: Highlight Update Mobile Legends Season 32 Patch Note 1.8.66

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara melihat replay pertandingan Mobile Legends.

Jangan lupa, untuk urusan topup diamond, beli Starlight Member, dan keperluan MLBB lainnya dengan harga murah dan proses yang cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!