Serba-serbi Sistem WR MLBB Terbaru

Mengenal Serba Serbi Win Rate MLBB

Mungkin di sini ada Vicigers yang suka menjaga win rate atau WR MLBB. Sehingga, tidak ingin bermain dengan asal agar WR-nya tidak turun.

Buat yang doyan menjaga atau meningkatkan persentase WR, ada sedikit pembaharuan yang kalian harus pahami.

Kali ini kita akan mengulasnya sehingga kita tetap dapat mempertahankan WR yang telah diraih atau meningkatkannya.Yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: Yuk Top Up FF dan MLBB, Dapatkan Cashback 90 Persen!

Win Rate

Tampilan Win Rate Mode Ranked Sejak S31
Tampilan Win Rate Mode Ranked Sejak S31. Sumber: Official Site

Sebelum kita masuk ke bahasan utama, ada baiknya kita bahas dulu apa sih WR itu sebenarnya. Win rate atau rating kemenangan, pada dasarnya merupakan sistem yang banyak ditemui pada game-game online kompetitif.

Yap, sebagian besar game yang memiliki fitur ranked menggunakan WR sebagai bagian dari statistik permainan. Ini merupakan algoritma yang diimbuhkan dalam game: berfungsi untuk menghitung jumlah kemenangan dari total permainan yang sudah dimainkan.

Win rate sendiri umumnya hadir dalam bentuk persentase. Perhitungannya-pun ada beraneka ragam, mulai dari total seluruh pertandingan yang dimainkan, total kemenangan musim (season), hingga bahkan periode waktu tertentu (tahun, bulan, dan pekan).

Maka tidak heran bila Mobile Legends sebagai game MOBA online juga menyertakan fitur ini di dalamnya.

Dan bagi mereka yang memang paham ‘meso’ (tak hanya makro dan mikro saja) dari game ini, WR merupakan aspek penting yang dapat menjamin kemenangan!

Baca juga: Cara Cek Zone Zone ID MLBB

WR MLBB Bagian dari ‘Meso’ Permainan

Cara Membaca WR.
Cara Membaca WR.. Sumber: Official Site

Nah, sekarang kita masuk ke pembahasan utama yakni kegunaan WR ML secara praktisnya. WR sendiri masuk ke dalam ranah ‘meso’ dari game ini.

Seperti yang kita tahu, cakupan pengetahuan mengenai suatu game jatuh ke dalam tiga ranah: makro, meso, dan mikro. Ketiganya penting untuk dipahami agar nantinya upaya push rank bisa lebih optimal

Nah, ‘meso’ sendiri merujuk pada hal-hal di luar match yang tetap berkaitan dengan game namun secara tidak langsung.

Beberapa contoh yang termasuk ke dalam ranahnya tentu seperti cara membaca WR, memahami kapan role-role tertentu dapat diberikan ke publik, tau kapan ‘jam aktif’ para joki, dan sebagainya.

Ini berbeda dengan ‘makro’, yang merupakan hal-hal di luar match namun tetap berkaitan secara langsung.

Beberapa di antaranya seperti cara membaca line up dan power hero, gambaran draft pick, pemahaman mengenai meta yang efektif, dll.

Lalu bagaimana cara membaca WR sih? Tipsnya, penting untuk kalian lihat di meta saat ini adalah jumlah kemenangan player ketika memegang role tertentu.

Mereka yang punya persentase kemenangan pada suatu role di atas 59% biasanya memiliki kans yang lebih besar ketika memegang role tersebut. Ada baiknya berikan role sesuai kemampuan pemain.

Jangan paksakan role yang tidak bisa mereka pegang. Sebagai contoh, seorang pemain memiliki persentase role roamer sebanyak 61%, maka jangan paksa dia untuk bermain role jungler.

Dengan memberikan role yang sesuai dengan gameplay player tersebut, niscaya kemungkinan untuk memenangkan pertandingan juga semakin besar!

Baca juga: Buruan Top Up MLBB di VCGamers, Ada Cashback Hingga 90 Persen

Perubahan Sistem WR MLBB Terbaru

Tampilan WR Lama di Mode Klasik
Tampilan WR Lama di Mode Klasik. Sumber: Official Site

Memasuki Season 30 kemarin, Moonton selaku developer menerapkan sistem WR baru di Land of Dawn. Ini berlaku khususnya pada mode ranked.

Sistem terbaru ini lebih menekankan pada jumlah pertandingan dan win rate dari role yang dipegang selama satu musim.

Ini menggantikan sistem lama yang lebih menekankan pada jumlah pertandingan total yang pernah dipegang oleh seorang pemain.

Namun bukan berarti sistem tersebut benar-benar dihilangkan. Pasalnya, sistem yang lama tetap berlaku di mode klasik.

Selain itu, jika dahulunya jumlah persentase kemenangan dari mode klasik dan ranked digabung, maka Moonton sudah menghilangkannya. Sekarang, persentase kemenangan WR hanya diperhitungkan bagi mode ranked saja.

Nah, bagaimana nih Vicigers? Sudah enggak bisa push WR lewat klasikan seperti dulu lagi dong ya…

Baca juga: Lanjut Terus! Cashback Hingga 90%, Top Up MLBB Pakai GoPay

Buat kamu yang mau top up diamond atau berlangganan Starlight membership MLBB murah dan cepat, yuk langsung ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!