Highlight Update Mobile Legends Season 32 Patch Note 1.8.66

Highlight Update Season ML S32 Maret 2024 Patch Note 1.8.66

Bulan Ramadhan 2024 terasa lebih spesial khususnya bagi para punggawa Land of Dawn karena diiringi dengan update update Mobile Legends Season 32.

Terdapat sejumlah hal baru dalam update yang terjadi di tengah gelaran MPL ID Season 13 ini.

Penulis telah menulis berbagai hal baru yang hadir dalam update ML kali ini. So, simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Buruan Top Up MLBB di VCGamers, Ada Cashback Hingga 90 Persen

Ganti Season dan Meta Baru

Seperti yang sudah banyak dipahami, pergantian season selalu dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sekali. Dan untuk awal Season 32 (S32) kali ini, bertepatan pada bulan Maret 2024.

Meski tidak selalu terjadi, namun pergantian season sering kali merupakan momentum bagi Moonton untuk menerapkan meta baru di Land of Dawn. Dan begitupun pada S32 ini.

So, berikut ini rincian pergantian meta terbaru yang berada di patch note 1.8.66 S32 Mobile Legends. Di simak baik-baik supaya Vicigers sekalian paham sistem baru yang berlaku di season ini ya!

Baca juga: Rekomendasi Build Alice MLBB Tersakit 2024

Update Season ML S32 Maret 2024 Patch Note 1.8.66

Langsung saja kita masuk ke bahasan utama yakni perubahan-perubahan penting yang ada di season baru ini. Karena ruang yang tersedia tidaklah cukup untuk merinci semuanya, VCGamers hanya memilih beberapa yang dianggap berpengaruh dengan gameplay:

Sistem ban and pick

Meta Ban 10 di Tier Mythic
Meta Ban 10 di Tier Mythic. Sumber: VCGamers

Yang harus dibahas paling awal adalah sistem ban and pick baru yang diterapkan oleh Moonton selaku developer. Ini merupakan tindak lanjut dari sistem yang sudah diterapkan pada Tier Mythic di Season 31 lalu.

Jika sebelumnya tier di bawah Mythic hanya akan melakukan banned 3 hero, kali ini terdapat penyesuaian tergantung dari tier-nya. Jumlah ban Tier Epic tetap 3 hero di masing-masing tim, sedangkan untuk Legend sekarang menjadi 4 hero.

Sistem banning-nya pun disamakan dengan Tier Mythic. Player tidak lagi melakukan banning secara bergantian, namun dilakukan bersamaan. Dengan begitu, sistem double/triple banning (mem-banned 2-3 hero yang sama) dapat terjadi.

Meta ban and pick

Mathilda Hero OP Meta Ini
Mathilda Hero OP Meta Ini. Sumber: VCGamers

Uniknya, yang menjadi pilihan hero-hero ban and pick di Meta S32 ini lebih berfokus pada para tank roamer berat dengan crowd control (CC) yang besar. Tigreal, Minotaur, dan counter keduanya, Diggie, menjadi langganan ban and pick.

Sedangkan untuk alternatif, ada juga Mathilda serta (terkadang) Angela yang sangat mengerikan bila sampai terlepas. Pastikan tim kalian mendapatkan hero-hero ini jika ingin menang mudah!

Perubahan pada sistem attack speed hero

Patch Note Meta 1.8.60 Season 32
Patch Note Meta 1.8.60 Season 32. Sumber: VCGamers

Moonton mengakui bahwa sistem attack speed hero mereka selama ini cukup bermasalah. Isu ini terjadi dalam bentuk pengurangan attack speed ketika hero yang digunakan melakukan attack (basic maupun skill) saat sedang berjalan.

Untuk itu Moonton selaku developer melakukan optimasi dengan menghilangkan pengurangan attack speed ini. Ini berimbas signifikan, khususnya pada hero-hero yang mengandalkan mekanik berbasis damage per second (DPS).

Pengurangan attack speed dasar pada semua hero marksman

Ilustrasi Hero Marksman

Mengacu pada perubahan di atas, hero marksman DPS-lah yang mendapatkan manfaat paling drastis. Karena itu semua hero marksman mendapatkan pengurangan attack speed dasar, sehingga kestabilan antar lane bisa tetap terjaga.

Hero buff dan revamped

Fakta Hero Masha
Masha mendapatkan buff

Selanjutnya adalah hero buff dan nerf. Sebagian besar meta saat ini masih mempertahankan keberadaan core fighter dan tank untuk hasil yang lebih optimal.

Ini terlihat dengan di-buff-nya beberapa hero fighter yang tersisa, seperti Fredrinn dan Argus. Tak hanya itu, ada 1 hero fighter ‘goa’ yang lantas mendapatkan buff dan calon kuat menjadi S-Tier: Masha!

Beberapa perubahan yang berlaku seperti: keberadaan bar energi yang dibagi menjadi dua bagian, apabila bar energi Masha penuh maka ia dapat langsung melakukan regen dua lapis darah; selain itu Skill Ultimate-nya sekarang juga akan mengalami instan cool down (CD) reduction ketika 1 lapis darah sang hero habis!

Hero nerf

Aurora Revamp
Aurora Revamp

Sedangkan untuk yang di-nerf terjadi pada hero-hero mage overpowered (OP) yang sempat menguasai Land of Dawn di Season 31. Nama-nama hero auto banned seperti Aurora, Vexana, dan Nana mendapatkan nerf yang membuat mereka tidak semenyeramkan dulu.

Walhasil keberadaan mereka di Land of Dawn tidak lagi menjadi sesuatu yang menentukan jalannya match tersebut.

Apabila hero-hero ini sampai terlepas dan didapatkan tim musuh, bukanlah sesuatu ancaman yang berarti.

Baca juga: Cara Cek Zone Zone ID MLBB

Miliki berbagai skin hero keren di dalam game atau berlangganan Starlight Member murah dan cepat bulan ini di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!