Profil dan Biodata MobaZane BTK, Pro Player MLBB!

Buat para penggemar Mobile Legends: Bang Bang yang sempat mengikuti laga M3 World Championship, pasti familiar banget dengan MobaZane, sang roster tim BloodThirstyKing (BTK). Yap, tim besutan region ‘dunia barat’ ini sempat menjadi sorotan di kancah dunia kala itu.

Semenjak MLBB secara rutin mengadakan perhelatan kompetisi MOBA kompetitifnya di kancah dunia, berbagai pemain berbakat dari banyak pelosok-pun bermunculan. Tentu saja pengadaan turnamen-turnamen seperti ini juga merupakan langkah promosi yang efektif.

Salah satu region minor yang juga mendapat cukup banyak perhatian yakni region North America Challenger Tournament (NACT) Spring. Region ini mempertandingkan tim-tim profesional MLBB di wilayah-wilayah benua Amerika belahan utara, yakni Amerika Serikat dan Kanada.

Dan tentu saja, tim besar yang menguasai region tersebut adalah BTK. Ini dibuktikan dengan keberhasilannya menjawarai NACT Spring 2023 dan mendapatkan tiket langsung berlaga di MSC 2023.

Lucunya, meski squad MobaZane tersebut sudah dipastikan menang, mereka tidak dapat tampil pada hari H perhelatan yang berlangsung di Kamboja kemarin. Lantas memangnya ada apa sih? Nah, buat yang penasaran, yuk simak liputannya berikut ini ya!

Baca juga: 5 Hero Mobile Legends yang Menjadi MVP di Final MSC 2023

Profil MobaZane

Profil MobaZane
Profil MobaZane. Sumber: Instagram/@_mobazane

Sebelum kita masuk ke dalam bahasan prestasinya di NACT Spring kemarin, yuk kita simak paparan profilnya dahulu:

  • Nama Asli: Michael Cosgun
  • Panggilan: Zane
  • In-game: MobaZane
  • Tempat/tanggal lahir: Amerika Serikat, 1 Agustus 2001
  • Umur: 21 Tahun
  • Kebangsaan: Amerika Serikat
  • Role: Jungler
  • Media sosial:
    • Instagram: @_mobazane
    • YouTube: MobaZane
    • Twitter: @zane_ao
  • Team history:
    • BTK (2021-2022)
    • The Valley (2022-2023)
    • BTK (2023-sekarang)
  • Prestasi:
    • Juara 3 M3 World Championship
    • Juara 1 NACT Season 1,2,3
Baca juga: ONIC Kiboy MVP Grand Final MSC 2023: Roamer GG yang Enggak Ada Matinya!

Kronologi NACT Spring 2023

Di NACT Spring musim ini, terdapat 7 tim yang memperebutkan gelar jawara season. Berbeda dengan region Indonesia dan Filipina yang masing-masing memiliki dua slot wakil tim MSC (jawara dan runner-up), NACT hanya memiliki 1 slot: hanya diberikan untuk jawara season-nya saja.

Dari perhelatan yang berlangsung selama kurang lebih dua bulan lamanya ini (Maret-Mei 2023), ada dua tim yang akhirnya berlaga di babak Grand Final yakni BTK dan OutPlay (OP).

Dibandingkan tim OP, lebih banyak pihak yang mengunggulkan BTK. Ini tentu didasarkan pada perbandingan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki keduanya. Dan benar saja, BTK mampu tampil menjadi jawara NACT musim tersebut.

Meski begitu dengan tanpa diduga-duga, OP ternyata malah mampu memberikan perlawanan yang cukup sengit. Pertandingan yang dilaksanakan dengan sistem best of 7 (BO7) tersebut, mampu di dorong oleh sang tim ‘kuda hitam’ hingga jatah terakhirnya.

Namun OP akhirnya tetap harus mengakui kekuatan tim lawan, dengan skor akhir 4-3 untuk BTK. Otomatis tiket MSC 2023 dapat dikantongi sang tim ‘raja haus darah’. Uniknya, bukannya tim BTK yang berangkat, tapi tiket ke Kamboja malah diberikan pada tim OP selaku runner-up!

Lah, kok bisa begitu? Yap, banyak orang juga mempertanyakan hal yang sama. Dan atas dasar itu jugalah ‘drama’ NACT Spring 2023 bermula.

Baca juga: Jadwal Grand Final MSC 2023: ONIC vs BLCK

NACT Spring 2023

MobaZane bersama Tim BTK
MobaZane bersama Tim BTK. Sumber: Instagram/@_mobazane

MobaZane bersama timnya menunjukkan kebolehan mereka dalam Grand Final NACT Spring 2023. Mereka berhasil menajdi juara dalam turnamen tersebut.

Belum lagi roster BTK yang dipimpim MobaZane tersebut sebagian besar masih terbilang belum lama.

MobaZane bersama timnya pun mendapatkan tiket MSC 2023. Namun, tiket itu justru dimiliki tim lain.

MobaZane dan BTK vs Komunitas MLBB Benua Amerika Bagian Utara

MobaZane
MobaZane. Sumber: Instagram/@_mobazaneofficial

Tentu itu semua merupakan tuduhan yang dirasa tidak benar oleh official NACT dan juga Moonton selaku penyelenggara MSC 2023.

Mereka memberikan klarifikasi bahwa keputusan dialihkannya tiket MSC tersebut melihat kondisi BTK yang tidak memungkinkan untuk bermain di kancah internasional.

Beberapa pemain BTK terkendala administrasi untuk bepergian ke wilayah Asia Tenggara, serta ada juga roster-nya yang masih di bawah umur dan tidak mendapatkan izin dari wali sah (orang tua)-nya.

Karena problem ini tidak kunjung tuntas, sedangkan MSC 2023 akan segera dihelat, pihak NACT 2023 dan Moonton-pun mengalihkan keikutsertaan BTK pada tim runner-up-nya.

Memang pada awalnya MobaZane yang terbawa emosi terus menyuarakan ketidaksetujuan keputusan tersebut dengan aktif melemparkan tuduhan-tuduhan ke berbagai pihak. Tapi pada akhirnya, ia mampu menunjukkan semangat sportivitas dan turut mendukung hasil akhir yang ada.

Mungkin memang belum saatnya MobaZane dan BTK untuk turun berlaga di kancah internasional. Kita tunggu saja kiprah mereka nantinya di laga dunia M5 tahun depan!

Baca juga: ONIC Tumbangkan Juara M4 MLBB di Semifinal MSC 2023

Bagi kamu yang ingin Top Up Diamond Mobile Legends, langsung saja ke VCGamers Marketplace! Banyak promo lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!