5 Rekomendasi Game Pertanian di Steam 2023

rekomendasi game pertanian steam coral island

Game pertanian menjadi salah satu genre game yang dicinta dan memiliki fans yang cukup banyak di antara para pemain game

Belajar bercocok tanam, beternak sapi dan hewan lainnya, mengatur keuangan, membangun relasi dengan masyarakat sekitar, bahkan menjalin hubungan romantis menjadi daya tarik utama dari game bertani ini.

Tidak seperti game action dan (first player shooting) FPS yang menjadi pasar terbesar dalam genre game, game pertanian yang biasanya fokus pada genre role playing game (RPG) ini tidak membutuhkan kemampuan besar dalam dodge atau strategi menyerang musuh.

Steam menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang ingin bermain game pertanian di laptop atau PC. Spek perangkat kamu juga tidak dituntut untuk menggunakan teknologi mutakhir untuk game pertanian.

Oleh karena itu, kami akan merekomendasikan berbagai game pertanian seru yang bisa dengan mudah kamu beli di Steam.

Baca juga: 5 Game RPG yang Layak untuk Dibeli di Steam Summer Sale

Rekomendasi Game Pertanian di Steam 2023

Ada beberapa game yang direkomendasikan untuk kamu mainkan. Karena, game ini seru dan asyik untuk dimainkan.

Story of Season

game pertanian story of seasons a wonderful life
Story of Seasons (source: Steam)

Game pertanian yang memiliki judul asli Bokujo Monogatari adalah game yang selama ini terkenal dengan judul internasional Harvest Moon.

Marvelous, selaku pengembang dan publisher game Story of Seasons sekarang, menyadari adanya perbedaan translasi dari judul asli game oleh Natsume Inc.

Hingga akhirnya pada 2014, Marvelous Inc. mengeluarkan versi internasional mereka sendiri dan mengganti nama menjadi Story of Seasons.

Sebagai pioneer game dengan genre pertanian pertama, Story of Seasons seperti membuat trend sendiri di antara game RPG dengan menambahkan unsur pertanian. Game ini menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan selain unsur pertanian saja. 

Untuk unsur cerita biasanya Story of Seasons akan dimulai dengan karakter utama (biasanya memiliki gender laki-laki) mewarisi pertanian milik kakek yang telah tiada. 

Namun di beberapa seri Story of Seasons lainnya,  kamu bisa juga memilih karakter perempuan. Biasanya, latar belakang karakter perempuan cenderung ke hilang ingatan dan terdampar di tempat asing.

Tentunya, Story of Seasons akan mengajak para pemain untuk belajar bercocok tanam berbagai variasi tumbuhan sesuai dengan musim, mengurus manajemen pertanian, beternak sapi dan hewan ternak lain.

Selain itu, kamu juga bisa terlibat di kegiatan lain seperti memancing, menambang bijih berharga, dan masih banyak lagi.

Unsur romansa yang kental dan membangun relasi bersama masyarakat juga tidak boleh kamu lewatkan dari game ini.

Stardew Valley

stardew valley
Stardew Valley (source: Steam)

Jika Story of Seasons adalah pioneer game pertanian, bisa dibilang Stardew Valley menjadi pelopor untuk game ini bisa dimainkan di PC terutama Steam.

Game yang memang terinspirasi dari Story of Seasons ini memperbaiki kekurangan yang ada di game Story of Seasons menjadi game baru.

Stardew Valley lebih menambahkan unsur kebebasan dalam eksplorasi game bila dibandingkan dengan Story of Seasons.

Pada awal permainan kamu bisa dengan bebas membuat karakter dengan ciri yang kamu inginkan, membuat karakter kamu lebih spesifik daripada karakter pemain lain.

Selain itu, kamu juga diberikan kesempatan untuk memilih lahan pertanian yang variatif dari segi kekurangan, tantangan, kelebihan, dan potensi lahan tersebut.

Kamu pun bisa bermain dengan maksimal 4 pemain yang berbeda. Sehingga, kamu bisa berinteraksi dengan sesama pemain bukan hanya dengan NPC saja.

Coral Island

coral island
Coral Island (source: Steam)

Game lokal Indonesia juga mengeluarkan game pertanian dengan judul Coral island pada tahun 2022 kemarin.

Developer game indie Stairways Games merilis Coral Island dengan menambahkan aspek menjaga kelestarian lingkungan laut dan terumbu karang.

Konsep pertanian di pinggir laut menjadi nilai lebih Coral Island dibandingkan game pertanian lainnya. Selain itu, kamu juga berpartisipasi dalam berbagai lomba lokal seperti balap karung dan lainnya.

Selain itu, kamu diberikan kebebasan untuk membuat karakter yang akan kamu mainkan dengan beragamnya etnis, ras, dan sebagainya.

Saat ini, Coral Island juga sudah mengeluarkan 1 DLC dengan judul Ocean Guardian yang menambah seru game.

Rune Factory

rune factory 5
Rune Factory 5 (source: Steam)

Rune Factory adalah game bertani yang juga menambahkan genre Action. Menarik, bukan?

Jika kamu menginginkan sedikit sensasi ketegangan dengan memacu adrenalin melawan berbagai monster, Rune Factory merupakan game yang tepat untukmu.

Proporsi antara battle dan bertani dalam Rune Factory sangat seimbang sehingga kamu merasakan keseruan kedua genre dalam satu game.

Game pelopor genre action pertanian ini juga dikembangkan oleh Marvelous.Inc, yang juga merupakan developer Story of Seasons.

Saat ini, Rune Factory 3, Rune Factory 4, Rune Factory 5 telah bisa kamu mainkan di Steam. Dikabarkan juga game dengan judul Rear Sekai akan diluncurkan pada waktu dekat.

Baca juga: 5 Game yang Wajib Kamu Beli pada saat Steam Summer Sale

Harvestella

harvestella
Harvestella (source: Steam)

Game yang dirilis oleh Square Enix pada akhir tahun 2022 lalu.

Konsep game ini mirip dengan Rune Factory dimana menggabungkan konsep Action RPG dan simulasi pertanian.

Sistem battle mode yang dimiliki Harvestella mirip dengan game Final Fantasy, sehingga menghadirkan mode pertarungan yang lebih terstruktur layaknya game Action RPG biasa.

Jika kamu mencari game bertani yang lebih banyak berpetualang dan bertarung, Harvestella patut kamu coba mainkan.

Sekian rekomendasi game pertanian yang bisa dengan mudah kamu beli di Steam. Isi Steam Wallet kamu melalui VCGamers Marketplace dan dapatkan game yang kamu inginkan!

Lagi ada promo nih, setiap beli voucher Steam Wallet di VCGamers kamu akan mendapatkan tambahan saldo 10 persen lho! Cek info selengkapnya di sini ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!