Final Fantasy XVI Sudah Rampung, Siap Dirilis Juni Tahun ini

Final Fantasy XVI

Square Enix selaku developer dari game Final Fantasy mengumumkan jika pembuatan Final Fantasy XVI telah rampung, dan akan dirilis sesuai rencana awal.

Game FFXVI merupakan salah satu game yang terkena dampak dari COVID-19, sehingga membuat proses pengembangannya jadi terganggu.

Namun, setelah isu COVID-19 yang sudah mulai mereda, membuat pengembangan game ini kembali dilanjutkan dan pada akhir maret kemarin FFXVI resmi diumumkan jika sudah selesai dibuat.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kabar sudah rampungnya proses pembuatan game Final Fantasy XVI, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Final Fantasy XVI Rampung Dikerjakan

Final Fantasy XVI
Pengumuman yang Dilakukan Square Enix. Source: Twitter/@finalfantasyxvi

Melalui akun Twitternya, Square Enix menyampaikan jika proses pembuatan game FFXVI telah rampung mereka kerjakan, dan siap untuk dirilis pada tanggal 22 atau 23 Juni mendatang.

Nantinya game FFXVI ini akan dirilis eksklusif hanya di konsol PS 5 saja. Sehingga sangat wajar jika Square Enix bisa menyelesaikan game ini dengan waktu yang relatif singkat. 

Pasalnya, game FFXVI hanya perlu melakukan optimasi di satu platform saja, yaitu PS5. 

Selain itu, game Final Fantasy ini akan eksklusif di PS4 selama enam bulan. Dan setelah enam bulan, game FFXVI akan dirilis secara massal ke platform lain. 

Baca juga: Biodata Paine, Karakter Fenomenal di Final Fantasy X-2

Gameplay Final Fantasy XVI

Final Fantasy XVI
Gameplay Final Fantasy 16. Source: YouTube/PlayStation

Produser dari FFXVI, yaitu Naoki Yoshida baru saja mempresentasikan detail dan cuplikan beberapa gameplay pada acara PAX East. 

Selain itu, Square Enix juga banyak menjelaskan mengenai transisi gamenya dari sistem combat turn-based menjadi sistem combat real-time pada FFXVI.

Dengan banyak presentasi gameplay Final Fantasy terbaru ini ke publik, maka semakin menjelaskan jika game ini sudah sangat matang dan hanya menunggu tanggal perilisannya saja.

Baca juga: Rekomendasi Game PS5 RPG Terbaik 2023, Grafik Keren!

Sinopsis Final Fantasy XVI

Final Fantasy XVI
Sinopsis Final Fantasy 16. Source: YouTube/PlayStation

Game FFXVI ini nantinya akan mengambil latar lokasi yang diberi nama Valisthea. Dimana Valisthea ini terbagi menjadi enam wilayah, dengan masing-masing wilayah memiliki Eikon.

Dalam cerita FFXVI yang menjadi protagonis utama adalah seseorang yang bernama Clive Rosefield. Dia dibekali dengan kekuatan bela diri yang luar biasa. Clive Rosefield memiliki misi yaitu menjaga dan melindungi adiknya yang bernama Joshua Rosefield.

Jalan ceritanya sendiri akan lebih gelap dari series sebelumnya, dimana Clive akan terlibat dalam konflik berbahaya yang dipenuhi oleh rasa ingin balas dendam.

Oleh karena itu, rating pada game ini berada di angka 18+. Sebab game ini banyak menampilkan adegan pertarungan yang menghasilkan darah.

Baca juga: Review Horizon Forbidden West PS4, Lebih Unggul dari PS5?

Harga Game Final Fantasy XVI

Final Fantasy XVI
Harga Pre Order Final Fantasy 16. Source: YouTube/PlayStation

Meskipun game ini belum resmi dirilis ke pasaran, namun Square Enix sudah memberikan gambaran mengenai harga untuk game FFXVI.

Berikut adalah daftar harga dari game Final Fantasy:

  • Collector’s Edition (Blu-ray Disc Version) – Rp 5.299.000
  • Deluxe Edition (Blu-ray Disc Version) – Rp 1.499.000
  • Digital Deluxe Edition (Digital Version) – Rp 1.329.000
  • Standard Edition (Blu-ray Disc Version / Digital Version) – Rp 1.029.000

Kamu bisa melakukan pre order sebelum masa perilisan resminya berlangsung melalui website resmi Final Fantasy XVI.

Baca juga: Kelebihan GTA 5 PS5 Dibandingkan Versi PS4, Lebih Cepat!

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Final Fantasy XVI. Apakah kamu salah satu gamers yang tidak sabar untuk menantikan kehadiran game yang satu ini?

Jangan lupa tetap update informasi terkini mengenai games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News.

Dan jangan lupa untuk selalu top up voucher game di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!