Rekomendasi 5 Anime Muslim Terbaik 2024

anime moeslim (6)

Terdapat beberapa anime muslim yang bagus dan layak ditonton untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Menjelang bulan Ramadhan, biasanya banyak sekali anime-anime yang berunsur Islam ditayangkan di Televisi atau platform Streaming Video untuk menemani waktu berbuka puasamu.

Jika kamu lebih suka ngabuburit dengan menonton anime, akan lebih seru jika anime berunsur Islam yang ditonton ini menyajikan ilmu-ilmu atau bahkan elemen Islam yang dekat dengan agama Islam.

Walaupun negara Jepang sang pelopor anime yang lebih banyak memproduksi anime mature, tapi mereka pun memproduksi beberapa unsur Islam ke dalam cerita anime tersebut lho!

Dengan menyajikan referensi yang berhubungan dengan Islam seperti misalnya judul anime berunsur Islam, ceritanya, setting tempatnya, nama karakternya hingga budaya-budaya Islam.

Nah bagi kamu seorang muslim, tentunya pada artikel ini akan merekomendasikan anime-anime dengan unsur Islam didalamnya. Apa saja kira-kira?

Baca juga: 5 Anime Fights Terbaik 2024 yang Wajib Ditonton

Daftar Anime Muslim

anime moeslim (7)
The Journey

Kamu saat ini tak perlu bingung lagi untuk mendapatkan anime muslim terbaik yang perlu ditonton pada 2024 ini. Berikut daftarnya:

Silver Spoon (Gin no Saji)

anime muslim (2)
Silver Spoon

Nah, anime muslim kedua yang sangat direkomendasikan selanjutnya adalah Silver Spoon yang asalnya dibuat untuk Manga oleh Hiromu Arakawa.

Penulisnya cukup terkenal karena ia pun yang membuat manga “Fullmetal Alchemist” dan Silver Spoon ini diproduksi oleh A-1 Pictures yang ditayangkan pada 11 Juli 2013 – 27 Maret 2014 sebanyak 22 episode.

Silver Spoon ini memiliki 2 season yang masing-masing berjumlah 11 episode setiap season-nya dengan genre komedi, drama, sekolah dan slice of life.

Pada cerita animenya sebenarnya tak berfokus ke Islam tapi hal ini terdapat pada karakter Muslim yang bernama Hachiken Shingo sebagai kakak tertuanya dari Yugo Hachiken.

Dan ada beberapa elemen dan nilai kehidupan di keluarga Muslim yang muncul pada anime Silver Moon ini.

Secara umum, Silver Moon ini menceritakan seorang siswa SMA yang bernama Yugo Hachiken untuk menghadiri sekolah pertanian di perdesaan untuk menghilangkan tekanan di sekolahnya.

Sebenarnya Yugo Hachiken ini orang kota, suatu ketika ia pindah ke perdesaan karena ingin sekolah pertanian dan dimana ia juga harus terus beradaptasi ketika menjalani rutinitas disana.

Ia berpikir bahwa hidup di sekolah pertanian akan lebih mudah segalanya dan setelah masuk kesana ternyata ia merasa tertantang untuk mengeksplor tentang dunia peternakan.

Selama belajar di sekolah tersebut, Yugo Hachiken belajar banyak hal seperti bertani, beternak, hingga memecahkan masalah yang dihadapi di desa tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Anime untuk Cewek, Yuk Nonton!

Muhammad: The Last Prophet

anime muslim (5)
Muhammad: The Last Prophet (Source: Youtube)

Terakhir adalah Muhammad: The Last Prophet yang sebenarnya ini bukan series anime tetapi film animasi yang ditayangkan pada 8 November 2002.

Muhammad: The Last Prophet berdurasi 95 menit yang bergenre drama, sejarah serta ilmu agama Islam yang terkandung didalamnya.

Secara umum menceritakan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW sejak lahir sampai meninggalnya.

Banyak sekali unsur Islam pada animasi ini seperti menggambarkan moment penting serta sejarahnya Islam diiringi dengan kisah yang sangat mendebarkan.

Disini juga tak ada visual Nabi Muhammad SAW karena dalam Islam melarang visualisasi untuk tokoh agama Islam.

Bilal: A New Breed of Hero

anime muslim (3)
Bilal: A New Breed of Hero (Source: Prime Video)

Sebenarnya ini bukan anime series, tapi film animasi yang berunsur Islam didalamnya yaitu Bilal: A New Breed of Hero tayang pada 9 Desember 2015.

Film yang berdurasi 109 menit ini bergenre animasi, sejarah, petualangan dan drama yang mengisahkan Bilal ibn Rabah.

Bilal ibn Rabah ini adalah seorang budak sekaligus menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW serta pemimpin umat muslim.

Nah, Bilal ibn Rabah ini sudah menjadi seorang Abyssinia yang hidup di era zaman pra-Islam dan ia pun menjadi ulama penting dalam sejarah Islam.

Salah satu yang menjadi highlight disini adalah tentang perjuangan dan keberanian Bilal ketika melawan perbudakan serta patuh terhadap aturan agama Islam.

Disana Bilal memgalami berbagai macam ujian dan kesulitan seperti siksaan fisik tapi ia memiliki keimanan dan semangat untuk mendapatkan kebebasan, penghargaan dan perdamaian.

Desert Punk

anime muslim (4)
Desert Punk (Source: Amazon)

Sebenarnya anime Desert Punk ini bukan menceritakan atau mengandung unsur Islam didalamnya tapi dengan setting Gurun membuat anime ini bernuansa Timur Tengah yang dekat dengan elemen Islam.

Serial anime yang bergenre aksi, petualangan, komedi dan sci-fi berjumlah 24 episode ini diproduksi oleh Gonzo yang dirilis pada 4 Oktober 2004 – 28 Maret 2005.

Ceritanya secara keseluruhan berlatar di dunia pasca-apocaliptik yang berlatar gurun.

Kanta Mizuno sebagai Desert Punk merupakan seorang pemburu yang licik dan tak punya moralitas.

Pada perjalanannya, Desert Punk ini berpetualang di gurun yang mengharuskan mereka bertempur, berpolitik serta menghadapi tantangan yang harus diselesaikan.

Terror in Resonance (Zankyou no Terror)

Terror in Resonance
Terror in Resonance (Source: IMDb)

Salah satu anime muslim pertama datang dari judul Terror in Resonance atau Zankyou no Terror karya Shinichirō Watanabe.

Terror in Resonance ini dibuat oleh Shinichirō Watanabe yang cukup terkenal dengan karya-karyanya seperti misalnya Cowboy Bebop dan Samurai Champloo.

Anime yang berjumlah 11 espidoe ini juga diproduksi oleh Studio MAPPA, Aniplex dan Fuji TV yang ditayangkan perdana pada 10 Juli – 25 September 2014.

Genre anime Terror in Resonance ini adalah Thriller, Psikologi, Drama dan Misteri yang sangat cocok bagi kamu yang menyukai hal-hal thriller/horror dan misteri.

Ceritanya berfokus pada dua orang remaja yang jenius dan sering disebut dengan Sphinx (dua angka “0” dalam Bahasa Yunani), mereka bernama Nine dan Twelve.

Mereka berdua mengunggah video ke Internet yang akan menghancurkan Tokyo dan mereka juga selamat dari eksperimen rahasia yang bernama Rising Peace Academy untuk mengembangkan dan mengajari anak-anak yatim piatu dengan sindrom savant menjadi manusia.

Selain itu, mereka berdua berteman dengan Lisa yaitu gadis SMA yang terjebak serta berencana untuk mengungkapkan rahasia organisasi tersebut.

Pada akhirnya juga pemerintah Jepang turut andil untuk menyelidiki kasus dan mencoba menghentikan ancaman terorisme tersebut.

Selama perjalanannya dalam mencari tahu, ternyata rahasia dibalik terorris tersebut akan terbuka secara perlahan.

Dengan aksi thriller yang bertemakan alienasi sosial, korupsi pemerintah serta dampak trauma masa lalu juga tersaji pada anime Terror in Resonance.

Unsur anime yang patut sebagai pelajaran bagi seorang muslim karena di sini memberikan pelajaran untuk membasmi terroris dengan menggunakan pikiran ideologi.

Selain itu, anime Terror in Resonance juga menyisipkan pesan-pesan yang sesuai untuk umat muslim seperti misalnya mengajarkan bagaimana kita menyikapi rasa kehilangan, apalagi ketika ditinggal oleh orang yang kita cintai.

Baca juga: Penjelasan Menganai Apa itu Genre Isekai dan Subgenrenya

Nah, itulah rekomendasi tentang 5 anime muslim yang bisa kamu tonton. Buat kamu yang ingin berlangganan produk digital dan top up game termurah dan tercepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!