Penjelasan Menganai Apa itu Genre Isekai dan Subgenrenya

situs nonton anime

Isekai menjadi salah satu genre dari anime atau manga yang banyak diproduksi saat ini. Dan apakah kamu salah satu penikmat genre ini?

Jika iya, kamu tentunya sudah memahami genre ini dengan baik. Namun, buat yang belum memahami, maka kali ini kami akan mengenalkannya padamu.

Untuk lebih jelasnya mengenai genre isekai ini, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Profil dan Fakta Inosuke Hashibira Dari Anime Kimetsu no Yaiba

Apa itu Isekai?

Isekai
Sword Art Online. Source: Netflix

Bagi penikmat anime atau manga tentu sudah hafal ciri khas dari genre ini. Dimana premisnya hampir selalu sama, dimana sang karakter utama di kehidupannya merupakan seorang yang biasa-biasa saja.

Lalu ada sebuah kejadian atau insiden seperti tertabrak kendaraan dan saat terbangun sang karakter utama sudah berada di alam yang berbeda, serta memiliki kekuatan yang overpower.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan jika isekai merupakan dunia lain yang memiliki perbedaan yang sangat besar dengan kehidupan di Bumi.

Baca juga: Fakta-fakta Karakter Miyazono Kaori dari Anime Your Lie in April

Subgenre Isekai

No Game No Life
No Game No Life. Source: Netflix

Meskipun isekai termasuk ke dalam sebuah genre, tapi ternyata dia masih bisa dibagi ke dalam beberapa subgenre.

Mulai dari isekai standar, romantis, slow life, outlier, dan reverse.

Nah, untuk mengetahui perbedaan kelima subgenre ini, yuk simak penjelasan berikut ini!

Subgenre Standar

Sesuai dengan namanya, subgenre ini merupakan format yang paling banyak digunakan oleh mangaka dalam memproduksi manga atau light novel di Jepang. 

Jadi, tidak mengherankan jika subgenre ini menjadi yang paling populer dan memiliki banyak judul serial hingga saat ini. Dan salah satu contohnya adalah Sword Art Online.

Subgenre Romance

Pada subgenre romance, ceritanya berfokus kepada sisi romantis dibanding dengan sisi action atau adventure. 

Dalam romance, karakter utama biasanya memiliki kemampuan yang luar biasa sehingga membuatnya sangat menarik bagi lawan jenisnya.

Salah satu contoh dari subgenre romance adalah Isekai Meikyuu de Harem wo atau Harem in the Labyrinth of Another World karya Shachi Sogano.

Subgenre Slow Life

Sekilas subgenre ini mirip dengan genre Slice of Life, dimana biasanya Slow Life banyak dinikmati oleh orang-orang yang ingin rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Salah satu perbedaan yang mendasar antara standar dan slow life isekai adalah karakter utama yang tidak tertarik untuk menjadi hero, adventurer atau penyelamat dunia.

Contoh serial subgenre ini adalah Isekai Nonbiri Nouka atau Farming Life In Another World karangan Kinosuke Naito.

Subgenre Outlier

Subgenre outlier bisa dikatakan sebagai isekai yang mengadopsi cerita dari berbagai genre lain dengan format yang berbeda dengan isekai pada umumnya. 

Umumnya subgenre ini dipenuhi dengan banyaknya inovasi dan plot twist. 

Contoh serial subgenre ini adalah Fukushuu wo Koinegau Saikyou Yuusha wa, Yami no Chikara de Senmetsu Musou suru atau The Strongest Brave Who Craves Revenge, Extinguish With the Power of Darkness karya Ononata Manimani.

Subgenre Reverse

Subgenre reverse berfokus kepada perjuangan makhluk dari dunia lain untuk beradaptasi dan bertahan hidup di Bumi atau khususnya di Jepang.

Contoh subgenre ini adalah Hataraku Maou-sama! atau The Devil is a Part-Timer! karya Satoshi Wagahara yang bercerita tentang raja iblis dan anak buahnya yang pindah ke Jepang setelah melewati portal dari dunia asalnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai genre isekai. Semoga penjelasan ini membuatmu jadi paham dengan genre yang satu ini.

Baca juga: Anime Basket yang Wajib Ditonton Minimal Sekali Seumur Hidup

Yuk kunjungi VCGamers News untuk mengetahui update seputar anime dan manga lainnya.

Dan jangan lupa untuk top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan pastinya termurah hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]