PUBG Lite PC: Alternatif Buat yang Pakai Dekstop Kentang

Cara Main PUBG

Player Unknown Battle Ground atau yang disingkat PUBG memang masih menjadi primadona genre Battle Royale hingga sekarang. Namun seiring perkembangannya lantas sang developer resmi mengeluarkan versi PUBG Lite PC. Lantas untuk apa?

Sebagai pencetus asli dari genre tersebut, gameplay yang ditawarkannya menjadi semakin ‘gendut’ tiap kali update. Ini wajar, melihat hanya dalam kurun waktu bulanan, berbagai pembaharuan map, skin set, serta senjata secara kontinu terus ditambahkan oleh sang developer.

Maka untuk menjaga keterjangkauan, dirilislah versi ‘entengnya’ sehingga mereka yang tidak memiliki perangkat mumpuni tetap bisa merasakan serunya mendapatkan Chicken Dinner. Ini berlaku di berbagai platform mulai dari gadget mobile, hingga desktop sekalipun.

Memangnya sekompleks apa sih game PUBG ini? Berapakah spek PC minimum yang diperlukan untuk memainkan versi penuhnya, jika dibandingkan dengan yang versi lite? Tentu berbagai pertanyaan seperti ini yang sering kali menghantui para gamers kaum mendang-mending dewasa ini.

Nah, supaya enggak penasaran, yuk simak laporan kali ini! Jika sudah membacanya, kalian bisa langsung paham apakah gadget desktop kalian lebih cocok menggunakan yang versi lite, atau mahan bisa di gas yang versi penuh. So, cekidot yah!

Baca juga: 6 Game Mirip PUBG yang Tidak Kalah Seru dari PUBG

Sekilas Tentang PUBG

PUBG Lite PC
PUBG Lite PC. Sumber: PUBG Official Site

Meski kami yakin sebagian besar Vicigers di sini pasti sudah paham game PUBG, namun tidak ada salahnya sedikit me-review mengenai seluk beluk game ini. Hitung-hitung menambah pengetahuan buat mereka yang belum banyak paham, ya kan?!

Nah, PUBG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) adalah salah satu game battle royale yang telah merevolusi industri game dan mencuri perhatian jutaan pemain di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu PUBG, mekanika permainannya, dan dampaknya pada industri game.

PUBG adalah game battle royale yang dikembangkan oleh PUBG Corporation dan dirilis pertama kali pada tahun 2017. Konsep utama dari game ini adalah memungkinkan pemain untuk terjun ke sebuah pulau terpencil dengan 99 pemain lainnya dan bertarung untuk menjadi yang terakhir bertahan.

Dalam perjalanan permainan, pemain harus mencari senjata, peralatan, dan perlengkapan lainnya untuk meningkatkan peluang bertahan hidup. Inilah yang akhirnya menjadikan subgenre Battle Royale menjadi turunan dari genre Survival.

Dan yang membuat Vicigers keranjingan memainkannya tentu saja dari mekanika permainan yang juga sangat menarik, bukan? Bagaimana tidak, kita harus berjuang untuk mendapatkan loot, bertahan hidup, dan menghadapi zona yang terus menyusut.

Ini akan menjadi semakin menarik bila dimainkan bersama kawan-kawan sejawat. Komunikasi dan kerjasama antar pemain dalam mode tim menjadi kunci kesuksesan dalam permainan ini. Sistem senjata dan kendaraan yang realistis juga menambahkan keasyikan dalam pertempuran.

Walhasil, kita jadi bisa seperti benar-benar berada di alam luar, berjuang mengumpulkan loot, dan berinteraksi melalui radio di tengah-tengah baku tembak! Seru banget deh!

Dalam beberapa tahun terakhir, PUBG juga telah merambah ke platform mobile. Versi mobile game ini, yang dikenal sebagai PUBG Mobile, telah menjadi sangat populer di kalangan pengguna smartphone.

Dengan gameplay yang serupa dengan versi PC, PUBG Mobile berhasil menarik perhatian jutaan pemain di seluruh dunia dan menjadi salah satu game mobile paling sukses.

Baca juga: 100 Rekomendasi Nama PUBG Lucu 2023

PUBG Lite PC vs Full-nya

Spek PUBG Lite PC
Spek PUBG Lite PC. Sumber: PUBG Official Site

Yap, sekarang kita akan beranjak ke bahasan mengenai perangkat lunak dari game-nya, khususnya untuk platform PC.

Melihat dari spek yang ditawarkannya, bisa dibilang PUBG tidak membutuhkan spek yang terlalu high-end. Jika dilansir dari laman Steam milik PUBG, spek yang dimunculkan adalah sebagai berikut:

  • Minimum

    • Sistem Operasi: 64-bit Windows 10
    • CPU: Intel Core i5-4430 / AMD FX-6300
    • RAM: 8 GB
    • Grafik: NVIDIA GeForce GTX 960 2GB / AMD Radeon R7 370 2GB
    • DirectX: Version 11
    • Jaringan: Diperlukan koneksi internet untuk bermain
    • Penyimpanan: 40 GB
  • Recommended

    • Sistem Operasi: 64-bit Windows 10
    • CPU: Intel Core i5-6600K / AMD Ryzen 5 1600
    • RAM: 16 GB
    • Grafik: NVIDIA GeForce GTX 1060 3GB / AMD Radeon RX 580 4GB
    • DirectX: Version 11
    • Jaringan: Diperlukan koneksi internet untuk bermain
    • Penyimpanan: 50 GB
Baca juga: Cara Instal Update PUBG Mobile 2.6 di HP, Gampang Banget!

Ulasan Spek PUBG Lite PC

PUBG Summer Fest untuk PC dan Mobile
PUBG Summer Fest untuk PC dan Mobile. Sumber: PUBG Official Site

Nah, jika dilihat dari spek di atas, bisa dilihat ternyata game PUBG tidaklah terlalu demanding, khususnya bila dibandingkan berbagai game PC kekinian yang serupa. Ini bisa terlihat dari size ukurannya sendiri yang masih terbilang cukup minim (dibawah 60 GB).

Meski asupan minimum RAM yang dimiliki bisa terbilang menengah ke atas, namun itu semua tidaklah menjadi ganjalan melihat harga kepingan RAM bukan menjadi concern yang signifikan bagi para penggiat PC.

Yang perlu mendapat perhatian esensial adalah pada bagian CPU dan grafik. Dan dengan cukupnya performa NVDIA GTX 1060 3GB (VRAM), yang dikombinasi dengan CPU generasi ke-6, kebutuhan PUBG bisa termasuk ke dalam kategori softcore.

Ini tentu masuk ke dalam pertimbangan para developer, mengingat sejak dua tahun lalu, support terhadap versi lite PUBG sudah dicabut. Walhasil, berbagai perangkat lunak (.exe atau .apk) yang masih ada di luaran sana memiliki isu keamanan yang sangat riskan.

Kami menganjurkan agar jangan lagi mengunduh berbagai versi lite PUBG tersebut, dan lebih baik menggunakan versi penuhnya yang tersedia pada portal-portal resmi, seperti Steam, atau juga situs official-nya. Jangan khawatir, semuanya gratis kok! Lebih aman deh mainnya!

Baca juga: Fitur Keren di Update PUBG Mobile 2.6 Dinoground, Makin Keren!

So, segitu dulu bahasan mengenai PUBG Lite PC. Segara Top Up UC PUBG Mobile murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!