5 CPU Gaming Terbaik Untuk Dibeli Tahun 2022

Intel Core i9 12900KS

CPU gaming terbaik tentu diinginkan banyak pemain game. Akan sangat penting memiliki CPU gaming terbaik agar dapat bermain dengan optimal.

Terdapat sejumlah CPU yang bisa dimiliki para pemain game. Tentunya, dengan memerhatikan sejumlah spesifikasi yang ada. Komponen yang ada di dalamnya juga harus kompatibel untuk mendukung aktivitas bermain game.

Saat akan menentukan CPU yang diinginkan, rasanya tidak cukup jika membandingkan yang satu dan yang lainnya hanya dengan melihat dari sisi prosesor.

Namun harus juga memperhatikan banyak hal agar tidak salah pilih saat membeli CPU gaming yang dapat menunjang aktivitas kamu bermain game.

Daftar CPU Gaming Paling Bagus

Gamer hampir selalu mengalokasikan lebih banyak anggaran ke GPU mereka daripada CPU gaming mereka saat membangun PC baru. Hal ini dilakukan berdasarkan mitos bahwa GPU adalah penentu utama kinerja sebagian besar game di PC.

Intel Core i5 12600K

Intel Core i5 12600K
Intel Core i5 12600K

CPU generasi ke-12 Intel yang luar biasa efisien, dapat di-overclock, dan tidak terlalu panas. Dibandingkan dengan Intel Core i9 11900K generasi sebelumnya, generasi ke-12 mengunggulinya dengan margin dan biaya hampir setengahnya, menjadikannya pilihan yang solid untuk bermain game.

Ini memiliki 10 inti, enam diantaranya berorientasi pada kinerja, sementara empat yang efisien karena arsitektur hibrida baru Intel yang memastikan TDP rendah sambil mempertahankan kinerja.

Dengan 16 thread, base clock 3.7GHz, dan boost clock 4.9 yang dapat di-overclock lebih lanjut, sangat cocok untuk bermain game pada 1080p dan 1440p tanpa menguras kantong.

Ini dapat secara aktif mengeksekusi utas dua kali lebih banyak dengan beralih bolak-balik dengan cepat di antara dua salinan komponen. Ini memiliki cache L3 16MB, yang merupakan jumlah yang layak yang membantu memuat game lebih cepat. Ini juga memiliki langit-langit overclocking yang sangat baik.

Jika dipasangkan dengan PSU dan pendingin CPU yang bagus, ia dapat mencapai hingga 4,9GHz dan menjalankan game dalam resolusi tinggi dan FPS. Kotak tidak termasuk pendingin CPU, jadi Anda perlu mendapatkan pendingin yang baik yang dapat menjaga prosesor tetap stabil saat overclocking.

Intel Core i7 12700K

Intel Core i7 12700K
Intel Core i7 12700K

CPU gaming yang serba bisa, ia memiliki kinerja single dan multi-thread yang hebat yang cocok dengan 12900K saat bermain game, dengan harga lebih rendah. Ini kompatibel dengan teknologi terbaru, termasuk memori PCIe 5.0 dan DDR5, dan dapat di-overclock, semuanya dengan tetap menjaga efisiensi daya.

Ini memiliki 12 core, delapan di antaranya adalah kinerja dan empat core efisiensi, 20 thread, frekuensi dasar 3,6 GHz, dan frekuensi boost 4,9 GHz.

AMD Ryzen 7 5800X3D

AMD telah menciptakan chip yang dirancang untuk bermain game karena spesifikasinya yang unik. Ini memiliki sejumlah besar cache L3 sebesar 96MB, sesuatu yang akan meningkatkan kecepatan bingkai secara signifikan, dan mengurangi waktu gagap dan memuat dalam game.

Perusahaan dapat mencapai ini karena teknologi 3D V-cache baru, yang memiliki satu kelemahan, ketidakmampuan untuk meng-overclock chip, yang bukan merupakan masalah terbesar karena memiliki basis yang kompeten dan boost clock masing-masing 3,4 dan 4,5 GHz. .

Spesifikasi lainnya termasuk 8 core, 16 thread, dan TDP 105W. Itu tidak memiliki grafis terintegrasi atau pendingin terpadu, yang dapat dilihat sebagai masalah oleh beberapa orang.

AMD Ryzen 9 5950X

CPU gaming kelas atas dari AMD, ia memiliki salah satu kinerja gaming terbaik di pasar, dan fitur-fitur terbaru menjadikannya investasi jangka panjang yang sangat baik.

Ryzen 9 5950X dikemas dengan 16 core dan 32 thread, dibangun dengan arsitektur Zen 3 terbaru yang memberikan efisiensi daya yang luar biasa. Ini memiliki frekuensi dasar 3,4GHz dan maksimum 4,9GHz, cache L3 64 MB, dan dapat di overclock jika pengguna perlu meningkatkan kinerja.

Namun, beberapa kelemahan termasuk tidak ada grafik terintegrasi, tidak ada pendingin yang dibundel, dan fakta bahwa itu menjadi sangat panas memaksa pengguna untuk menghabiskan pada pendingin yang mumpuni.

Selain itu, Ryzen 9 5900X juga merupakan CPU yang kuat, yang harganya lebih murah, jika kamu ingin bermain game pada 1080p dalam frame rate yang baik.

Baca juga: 10 Rekomendasi PC Gaming Terbaik Tahun 2022

Intel Core i9 12900KS

Intel Core i9 12900KS
Intel Core i9 12900KS

Intel Core i9 12900KS adalah edisi “khusus” dari pendahulunya yang memiliki kenaikan harga $150 tetapi peningkatan yang agak membenarkan biaya premiumnya.

Ini memiliki clock dasar 3,4 GHz, clock boost 5,5 GHz yang dapat di-overclock, dan beberapa pengguna bahkan berhasil menjalankannya pada 6,8 GHz yang sangat besar. Ini juga memiliki grafis terintegrasi, sesuatu yang tidak ditawarkan oleh pesaing merahnya.

Baca juga: 5 HP Gaming Murah 1 Jutaan 2022, Cek Langsung!

Intel telah menghasilkan chip yang luar biasa untuk bermain game pada resolusi tertinggi, tetapi chip yang menjadi sangat panas karena memiliki TDP tinggi 150W dan tidak ada pendingin yang disertakan. Dengan 16 core, 24 thread, dan cache L3 30MB, kamu harus menggunakan chip ini jika masalah uang tidak menjadi masalah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!