Winning Eleven 2012: Nostalgia Game Bola Lawas Seru

Winning Eleven 2012.

Para pecinta game bola pasti sudah tidak asing dengan nama Winning Eleven 2012. Ya, sebagai salah satu game legendaris yang begitu banyak dimainkan pada platform konsol PlayStation (PS), lineup yang juga acap kali disebut dengan istilah W.E ini menyimpan banyak kenangan masa lalu.

Game ini pertama kali rilis pada 1995 dan ini telah berhasil menghibur milyaran pecinta sepakbola di seluruh dunia. Bahkan hingga sekarang, instalasinya kerap menjadi primadona bagi para penggemar setia olahraga ini.

Bagaimana tidak? Gameplay W.E memberikan Players kesempatan untuk menggunakan berbagai club raksasa favorit mereka. Tak ayal game ini sendiri merupakan salah satu franchise gaming terbesar yang pernah ada di sejarah game umat manusia.

Tak hanya berhenti di situ, hubungan yang dilakoninya sebagai kontra game sepakbola besutan EA yang bertajuk FIFA, juga membentuk sebuah rivalitas yang kerap kali mengobarkan perseteruan antara kedua game olahraga terbesar di alam semesta ini.

Namun tentu jika melihat fenomena keduanya di tanah air, W.E dengan berbagai lineup-nya jauh lebih unggul dibandingkan pesaingnya tersebut. Game yang menemani para pecinta game di banyak rental PS ini sudah terpatri erat pada benak berbagai kalangan.

Tua, muda; remaja, pemuda; pelajar ataupun pekerja/mahasiswa – W.E selalu menjadi pilihan siapa saja kala melewati waktu-waktu senggang maupun sulit. Tak heran jika ia berkembang menjadi salah satu mahakarya dari sang developer.

Nah, pada artikel kali ini, kami bakal mengajak para pecinta game lawas untuk sedikit bernostalgia mengingat game jadul yang satu ini.

Meski kita tidak bisa mengulang waktu dan kembali ke masa lalu, setidaknya kenangan indah yang tersisa bisa menjadi pengingat masa-masa itu…

Baca juga: Nostalgia Bareng Game Rental PS Ini, Mana yang Kamu Mainkan?

Tentang Winning Eleven

Mengenang Winning Elven 2012
Mengenang Winning Elven 2012. Sumber: YouTube/KONAMI公式

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih jauh, yuk simak dulu pemaparan mengenai sejarah dari sang franchise sendiri. Meski sudah memainkan game ini sejak lama, namun belum tentu semua Vicigers di sini paham kan mengenai perkembangannya dari tahun ke tahun? Makanya, yuk disimak!

Winning Eleven adalah seri game sepak bola yang sangat populer besutan developer Konami. Pada masanya, seri ini dikenal karena gameplay yang realistis dan sistem kontrol yang mudah untuk dipelajari.

Melihat kapasitasnya tersebut, W.E tak hanya menjadi salah satu game sepak bola paling sukses di dunia semata, namun juga telah menjadi bagian penting dari sejarah olahraga sepak bola itu sendiri.

Gameplay Winning Eleven
Gameplay Winning Eleven. Sumber: YouTube/KONAMI公式

Pada awalnya, W.E hanya dirancang untuk perilisan di region Jepang saja. Namun melihat tingginya animo players dari berbagai belahan dunia kala memainkan game ini, Konami-pun memutuskan untuk turut mengeluarkan berbagai versi internasional.

Lambat laun game ini pun menjadi favorit di belahan dunia Asia dan Amerika Selatan. Berkaca pada kesuksesan tersebut, W.E lantas terus berkembang dari waktu ke waktu dengan menambahkan fitur-fitur baru serta meningkatkan kualitas grafis dan gameplay.

Namun tentu saja, nilai jual dari game ini adalah mode multiplayer-nya yang begitu populer, di mana pemain dapat bermain melawan teman mereka secara online atau offline. Di Indonesia sendiri, game inilah yang akhirnya membudayakan kebiasaan join mabar di rental-rental PS sebagai fondasi gaming kooperatif.

Baca juga: 10 Game PS1 Paling Seru dan Populer, Yuk Nostalgia Dulu

Instalasi Winning Eleven 2012

CR7 masih menjadi pemain Madrid. Sumber: YouTube/KONAMI公式
CR7 masih menjadi pemain Madrid. Sumber: YouTube/KONAMI公式

Sekarang perbincangan akan beralih ke salah satu instalasi yang paling berkesan dari franchise ini: W.E. 2012. Yap, sesuai dengan namanya, instalasi ini pertama kali di rilis pada tahun 2011-2012 dengan menghadirkan update terbaru sekaligus beberapa fitur unggulan.

Yang membuatnya menjadi sangat ikonik adalah karakteristik “sejuta umat” yang diusung sang developer. Bagaimana tidak, kehadirannya di hampir semua platform high-end kala itu membuatnya dapat menjadi begitu merakyat.

Bayangkan saja, game ini tak hanya rilis di ketiga konsol mumpuni PlayStation (PS 2, 3 & Portable) semata, tetapi juga dapat diakses oleh platform desktop (Windows), Xbox (360), Nintendo (Wii & 3DS), hingga platform mobile (iOS, Android, Windows Phone 7, & Nokia Xperia Play).

Jika ditotal dari ke semua platform tersebut, jutaan kopi telah terjual. Dari sana diestimasikan bahwa miliaran pemain telah memainkan game ini.

Meski W.E. 2012 kala itu banyak di cemooh perihal grafis-nya yang dinilai kalah dengan FIFA, namun resepsi para kritikus masih terbilang sangat baik.

Itulah mengapa game ini menjadi lebih mudah ditemukan dan dimainkan. Pada masanya, game ini merajai tidak hanya industri gaming dunia, tetapi juga hati penikmatnya.

Baca juga: Cheat Harvest Moon Back To Nature, Saatnya Nostalgia!

Sampai sini dulu artikel nostalgia VCGamers mengenai Winning Eleven 2012 kali ini. Nantikan artikel lainnya hanya di vcgamers.com ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!