Elemen Honkai Star Rail: Fungsi, Jenis, Cara Mengaplikasikan

elemen honkai star rail foe weakness battle mode crit

Elemen yang karakter miliki di Honkai Star Rail sekilas tidak terlalu penting seperti game pendahulunya yaitu Genshin Impact.

Di game Genshin Impact, elemen merupakan fungsi penting bagi build karakter karena sebagian besar optimalisasi serangan karakter berasal dari elemen yang dimiliki karakter.

Sedangkan di Honkai Star Rail, besar serangan karakter tergantung dari Path karakter masing-masing.

Apa fungsi elemen di game Honkai Star Rail? Kali ini kita akan membahas lengkap mengenai elemen Honkai Star Rail.

Baca Juga: Rekap Honkai Star Rail Special Program, Umumkan Tanggal Rilis!

Elemen Honkai Star Rail

Kita akan mengulas berbagai hal tentang elemen dalam game ini. Sehingga, dapat membantu para pemain untuk memahaminya.

Yuk simak ulasan lengkapnya!

Fungsi Elemen Honkai Star Rail

elemen honkai star rail foe weakness
Elemen Weakness Musuh (source: VCGamers)

Elemen atau combat type di game Honkai Star Rail adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh karakter untuk menyerang musuh.

Elemen ini tidak berhubungan atau membuat reaksi elemental seperti halnya game Genshin Impact. Hal itu karena fungsi karakter terbagi atas Path yang telah ditentukan untuk karakter.

Contohnya Path Preservation untuk Shielder, Destruction untuk DPS solo target, dan lainnya. 

Namun, elemen memiliki fungsi yang tidak kalah penting untuk karakter, terutama saat kamu akan menyerang musuh.

Setiap karakter yang dapat dimainkan diberi elemen dan serangan mereka akan memberikan kerusakan (Break) elemen yang cocok dengan kelemahan (Weakness) dari musuh.

Setiap karakter dapat menggunakan elemen unik yang dimiliki karakter tersebut untuk menyerang titik lemah dari musuh. 

Jika musuh memiliki kelemahan (Weakness) pada elemen tertentu, karakter dapat memberikan kerusakan elemen (Element Weakness) yang membuat musuh lemah.

Elemen akan menyebabkan Toughness/ shield bar musuh turun, yang setelah habis akan menghasilkan jeda yang menghentikan musuh dari menyerang untuk satu putaran.

Ketika karakter berhasil memberikan kelemahan kerusakan (Weakness Break) pada musuh, Special Effect dari setiap elemen akan diterapkan sesuai dengan elemen apa yang karakter gunakan untuk mendapatkan Break tersebut.

Baca Juga: Berkenalan dengan Honkai Star Rail, Game miHoYo Terbaru Setelah Genshin Impact

Jenis Buff dan Contoh Karakter

Special Effect Honkai Star
Special Effect Elemen Honkai Star Rail (source: VCGamers)

Saat artikel ini ditulis, terdapat tujuh elemen di Honkai: Star Rail yang bisa kamu mainkan di setiap karakter yaitu: Physical, Fire, Ice, Lightning, Wind, Quantum, dan Imaginary. 

Elemen yang ada mempunyai efek khusus (Special Effect) yang bisa membantu ketika menyerang musuh di dalam game jika kamu mengaplikasi elemen yang sesuai dengan Weakness musuh.

Elemen Buff (Special Effect)
Lightning Menggunakan Petir dapat memicu Weakness Break yang memberikan Lightning DMG Memberikan Shock effect pada musuh Break yang memberikan Lightning DoT*
Physical  Menggunakan Physical dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Physical DMG. Dapat mengaplikasi Bleed effect yang memberikan Physical DoT
Wind Menggunakan Wind dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Wind DMG. Dapat mengaplikasi  Shear effect yang memberikan Wind DoT
Fire  Menggunakan Fire dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Fire DMG. Dapat mengaplikasi Burn effect yang memberikan Fire DoT
Ice  Menggunakan Ice dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Ice DMG. Dapat menghasilkan Freeze (membekukan target), membuat musuh tidak apat bergerak dan memberikan tambahan Ice DMG 
Quantum  Menggunakan Quantum dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Quantum DMG. Dapat menimbulkan Entanglement yang menunda (delay) giliran musuh, memberikan Quantum DMG saat giliran selanjutnya. Saat kamu menyerang musuh, extra DMG akan meningkat
Imaginary  Menggunakan Imaginary dapat memicu Weakness Break musuh yang memberikan Imaginary DMG. Dapat menyebabkan Imprisonment, membuat musuh dipenjara dan menunda (delay) aksi musuh dan mengurangi SPD musuh.

DoT atau Deals over Time adalah damage yang diterima oleh musuh di giliran musuh secara otomatis, baik itu 1 atau lebih giliran. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi Toughness Bar dari musuh.

Cara Memanfaatkan Element Weakness pada Musuh di Honkai Star Rail

elemen honkai star rail foe weakness physical break
Break (source: VCGamers)

Cara untuk menemukan dan memberikan Weakness pada musuh sebenarnya memiliki cara mudah. Namun, kamu harus teliti agar bisa memberikan elemen yang tepat.

Terdapat 2 cara yang bisa kamu terapkan yaitu saat pertama kali bertemu musuh dan saat mode perang (battle mode).

Langkah pertama saat kamu menemui musuh. Pada jarak dekat kamu bisa melihat bar dengan ikon elemen-elemen yang menjadi Weakness  di atas musuh. 

Serang dengan karakter yang memiliki elemen yang sama untuk mendapatkan Special Effect dari kelemahan musuh.

Selanjutnya pada saat memasuki Battle Mode. Kamu bisa melihat kelemahan setiap musuh yang kamu lawan dengan melihat bar di atas musuh. 

foe weakness battle mode indicator
Resonansi Elemen dan Weakness Honkai Star Rail (source: VCGamers)

Serang dengan skill point (keyboard E) dengan elemen kelemahan musuh untuk menurunkan Toughness Bar dan mendapatkan Special Effect dari karakter.

Dengan begitu kamu lebih menghemat Skill point yang digunakan dengan menyerang titik lemah musuh dengan elemen yang dibutuhkan saja.

Kamu bisa juga melihat musuh dan skill musuh dengan menekan tombol “C” pada bagian karakter sebelum giliran menyerang untuk memastikan skill dan Weakness musuh.

Baca juga: Path Honkai Star Rail: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Karakter

Elemen ini sangat penting terutama saat kamu menyerang musuh agar bisa sukses mengalahkan musuh.

Game ini masih sangat terbilang baru namun memiliki potensi untuk menjadi terkenal seperti game HoYoVerse lainnya..

Jangan lupa untuk penuhi kebutuhan game HoYoVerse seperti Crystal Genshin Impact di tempat terpercaya seperti di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!