Rekap Honkai Star Rail Special Program, Umumkan Tanggal Rilis!

honkai star rail special program date release

Developer game asal Cina miHoYo beberapa saat yang lalu mengumumkan akhirnya merilis game terbarunya yaitu Honkai Star Rail.

Honkai Star Rail akhirnya akan dirilis mengikuti game pendahulunya yaitu game terkenal Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, dan Tears of Themis setelah melalui beberapa close beta di tahun 2022 lalu.

Seperti game miHoYo sebelumnya, Honkai Star Rail akan menjadi game dengan sistem RPG (Role Playing Game). Tentunya, game ini akan menghadirkan gameplay yang lebih unik dan berbeda dibanding game lainnya.

Seperti apa game Honkai Star Rail ini? VCGamers kali ini akan memberikan rekap dari Boarding Preparation: Honkai Star Rail Special Program.

Baca Juga: Rekap Special Program Genshin Impact 3.5

Boarding Preparation: Honkai Star Rail Special Program

Cerita Latar Belakang Honkai Star Rail

honkai star rail special program companion
MC, March 7th, dan Dan Heng (source: VCGamers)

Honkai Star Rail akan mengambil tema Sci-Fi modern yang futuristik sebagai tema utama cerita game.

Kamu dan akan berperan sebagai Trailblazer, sebutan untuk pemain Honkai Star Rail mirip dengan Traveler di Genshin Impact atau Captain di Honkai Impact 3rd.

Kamu akan berkelana dari tempat berbeda yang disebut World untuk mencegah bahaya dari Stellaron. Stellaron sendiri adalah substansi misterius yang dapat membahayakan dunia. 

Tentunya kamu tidak akan sendiri dalam berkelana antar World! Kamu akan berpetualang bersama anggota dari Trailblaze bernama Astral Express.

Astral Express adalah kereta yang dapat berpindah dari World satu ke World lainnya berkat bantuan dari Akivili, The Aeon of Traiblazer.

Anggota dari Trailblazer sendiri adalah Himeko, Welt, Dan Heng, dan March 7th yang akan menemani perjalanan para Trailblazer dalam mencegah bahaya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Honkai Star Rail, Game miHoYo Terbaru Setelah Genshin Impact

Gameplay Honkai Star Rail

honkai star rail gameplay
Gameplay Honkai Star Rail (source: VCGamers)

Honkai Star Rail tentunya hadir dengan gameplay yang lain dan berbeda daripada game pendahulunya meskipun masih sama-sama game RPG seperti Honkai Impact 3rd, Genshin Impact, dan Tears of Themis.

Turn-based gameplay dengan sistem Open World akan menjadi poin menarik utama dari Honkai Star Rail. 

Turn-based game adalah sistem game dimana karakter dalam party serta musuh akan secara bergantian untuk menyerang dengan sistem bergiliran.

Tidak seperti Genshin Impact dan Honkai Impact dimana kamu harus melakukan dodge sambil melawan musuh, Honkai Star Rail akan lebih mengedepankan strategi kamu dalam mengutilisasi kemampuan karakter.

Kamu bisa menyerang musuh di titik lemah musuh atau disebut Weakness untuk memulai battle mode dan mendapat keuntungan berupa menurunkan kesulitan dari musuh.

Sistem World Honkai Star Rail

honkai star rail special program world xianzhou luofu
Xianzhou Luofu *source: VCGamers)

Sistem Open World dengan wilayah yang luas juga akan menjadi daya tarik dari World Honkai Star Rail.

Sambil berkelana mencari Stellaron, kamu bisa berkeliling di setiap World yang akan kamu datangi bersama Astral Express.

World ini memiliki bentuk berbeda yang bisa kamu kunjungi misalnya kota seperti Belobog atau kapal milik The Xianzhou Alliance bernama Xianzhou Luofu.

Saat update 1.0 atau perilisan game, akan terbuka 3 World yang bisa kamu kunjungi yaitu: Herta’s Space Station, Belobog, dan Xianzhou Luofu.

Herta’s Space Station akan menjadi tempat awal kamu datangi dimana kamu akan mendatangi tempat mirip laboratorium milik karakter bernama Herta.

Selanjutnya, petualangan kamu mencari Stellaron akan mulai pertama kali di Belobog. Belobog adalah kota yang selalu dalam musim dingin serta terbagi atas 2 region yaitu: Overworld dan Underworld.

World selanjutnya yang akan kamu datangi adalah Xianzhou Luofu. Xiashou Luofu adalah World dengan konsep diambil dari Negara Cina dengan sentuhan futuristik.

Saat di Xiashou Luofu kamu juga dapat berkelana ke sebuah tempat bernama Exalting Sanctum dan menemukan pohon misterius.

Baca Juga: Fakta Tentang Mobius Honkai Impact, Karakter Paling Mempesona!

Sistem Karakter Honkai Star Rail

honkai star rail special program the path and element gepard
Contoh Element dan Path Karakter (source: VCGamers)

Berbagai karakter menarik tentunya akan menemani para Trailblazer untuk melawan musuh.

Pada awal game kamu akan diberikan karakter gratis berupa MC, Dan Heng, dan March 7th. Tentunya karakter lainnya bisa kamu dapatkan melalui sistem Gacha Banner.

Semua karakter akan dilengkapi talenta menyerang berupa Standard Attack, Skill, dan Ultimate. Karakter yang menggunakan Standard Attack akan mendapatkan Skill Point.

Skill Point adalah energi yang bisa kamu gunakan dengan jumlah tertentu untuk menggunakan Skill dan Ultimate.

Setiap karakter akan memiliki jumlah penggunzan Skill Point yang berbeda untuk bisa menggunakan Skill. Bahkan, karakter seperti Arlan tidak membutuhkan Skill Point dan mengorbankan HP untuk bisa menggunakan Skill.

Selain itu, setiap karakter akan dilengkapi dengan elemen dan kelas yang berbeda atau disebut dengan Path.

7 Elemen yang terdapat di Honkai Star Rail adalah Serangan fisik, api, es, petir, angin, energi kuantum, dan imajiner.

Path sendiri adalah kelas untuk setiap karakter tergantung dari Skill dan kemampuan karakter dalam party berdasarkan The Aeon yang setiap individual ikuti.

The Aeon sendiri adalah sebutan dari makhluk yang mirip Tuhan atau Dewa yang dipuja oleh manusia di World Honkai Star Rail dimana memberi mereka kemampuan khusus seperti menyerang, memulihkan HP, atau buff karakter.

Karakter tentunya bisa kamu build untuk menjadi kuat dengan menggunakan Relics dan Light Cone.

Relics bisa dibilang merupakan sistem artefak yang mirip dengan Genshin Impact. Relics harus kamu sesuaikan Stat dan elemen yang sesuai dengan karakter.

Sedangkan Light Cone adalah sebutan untuk pengganti Weapon. Kamu harus menggunakan Light Cone yang cocok sesuai dengan Path masing-masing karakter.

Karakter, Relics, dan Light Cone akan memiliki tingkat kualitas tergantung dengan Rarity. Karakter akan memiliki Rarity bintang 4 dan bintang 5 sedangkan Relics dan Light Cone akan tersedia dari bintang 2.

Sistem Gacha Banner Honkai Star Rail

honkai star rail special program warp banner
Event Warp Fase 1 (source: VCGamers)

Karakter lainnya bisa kamu dapatkan melalui Gacha banner yang disebut Stellar Warp. Stellar Warp akan terbagi menjadi 2 banner yaitu Permanent dan Event. 

Kamu akan menggunakan Stellar Ticket agar bisa mendapatkan karakter atau Light Cone yang ada di Banner. 

Pada perilisan game Honkai Star Rail, akan terdapat 2 Banner Event Stellar Warp yang bisa kamu dapatkan.

Fase pertama kamu bisa mendapatkan karakter bintang 5 Seele dan Light Cone bintang 5 In the Night.

Fase kedua kamu bisa mendapatkan karakter bintang 5 Jing Yuan dan Light Cone bintang 5 Before Dawn.

Terdapat juga sistem Pity yang mirip dengan Genshin Impact dimana pada Warp tertentu kamu pasti akan mendapatkan karakter atau Light Cone bintang 5.

Tanggal Rilis dan Platform Bermain Honkai Star Rail

honkai star rail special program departure warp
Departure Warp (source: VCGamers)

Game Honkai Star Rail akan dirilis pada tanggal 26 April 2023. Kamu bisa memainkannya di PC dengan basis Windows atau Linux, serta Smartphone berbasis Android atau iOS. 

Nantinya, kamu juga akan bisa bermain di Playstation dan juga dari EPIC Store dengan tanggal yang akan diumumkan selanjutnya.

Perilisan Honkai Star Rail ini juga akan memberikan kamu reward game yang banyak misalnya diskon di Departure Warp untuk mendapatkan karakter bintang 5, mendapatkan hadiah login, dan masih banyak lagi!

Tentunya akan banyak event yang nanti akan menemani permainan kamu seperti: Web Event, Forgotten Hall, Simulated Universe, dan lainnya.

Kamu sudah bisa melakukan pre registrasi di halaman Honkai Star Rail dan pre instalasi akan dimulai dari tanggal 23 April 2023.

Demikian rekap apa saja yang disampaikan di Honkai Star Rail Special Program. Pastinya jangan lupa untuk membeli Genesis Crystal Genshin Impact dan B Chips Honkai Impact 3rd di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!