Celestia Genshin Impact, Tempat Tinggal Para Tuhan Teyvat

celestia genshin impact theory

Genshin Impact memiliki banyak tempat misterius yang belum diungkapkan, sebut saja misalnya Celestia.

Celestia adalah tempat yang sering dibahas oleh para karakter, NPC, atau bagian dari rahasia yang terdapat dalam cerita game dari developer miHoYo ini.

Tempat apa sebenarnya Celestia itu? Kali ini kita akan membahas lengkap semua hal terkait dengan Celestia Genshin Impact.

Pembahasan terkait Celestia akan menyangkut beberapa teori dan kutipan dari beberapa Quest yang akan bersifat bocoran atau leak untuk beberapa pemain.

Baca Juga: Fatui Harbinger Genshin Impact, Siapa Saja dan Informasi Lengkapnya!

Latar Belakang (Lore) Celestia Genshin Impact

celestia genshin impact 3d model genshin wikia
3D Model Celestia (source: Genshin Impact Fandom)

Celestia adalah tempat misterius yang sudah menjadi legenda bagi seluruh masyarakat Teyvat, sebuah negara fiktif tempat game Genshin Impact mengambil latar belakang lokasi.

Bila kamu berkeliling di sekitar regional Teyvat, kamu bisa melihat bahwa terdapat sebuah pulau misterius mengambang di langit di mana pun kamu pergi di seluruh Teyvat baik itu Mondstadt, Liyue, Inazuma, maupun Sumeru.

Banyak spekulasi juga bahwa Celestia akan terdiri dari pilar-pilar besar mirip dengan halaman depan saat kamu memasuki game.

Celestia dikatakan merupakan tempat tinggal para Tuhan (atau di beberapa quest disebut sebagai Heavenly Principles) yang ada di Teyvat dan tidak semua makhluk hidup termasuk manusia bahkan Archon bisa pergi kesana.

Salah satu karakter yang telah dikonfirmasi mendapatkan akses untuk pergi ke Celestia adalah Vanessa.

Pada komik Genshin Impact di chapter “Prolog: Song of the Wind” di halaman 71 memperlihatkan bahwa Vanessa merupakan manusia yang diangkat menuju Celestia dan mengawasi Mondstadt dalam bentuk burung Rajawali.

celestia genshin impact manga comic version
Penggambaran Celestia dalam Komik (source: Genshin Impact)

Selain Vanessa, banyak spekulasi juga bahwa pemimpin Guhua Clan yaitu Guhua juga telah diangkat ke Celestia dan menjadi bintang ungu di langit.

Spekulasi ini dibuktikan juga dengan adanya mural di pulau Tsurumi tepatnya di gua bawaha Shirikoro Peak yang menggambarkan Celestia dan bintang.

Hal yang pasti adalah meskipun makhluk hidup tersebut sudah diangkat ke Celestia, mereka tidak serta merta menjadi sejajar dengan Heavenly Principles.

Teori ini diambil dari salah satu percakapan Dainsleif mengenai Vanessa ke Celestia yang mengatakan bahwa, “Itu (pengangkatan Vanessa ke Celestia) pada akhirnya tidak menghasilkan apa-apa selain melayang di bawah cahaya para dewa”.

Belum jelas tempat seperti apa Celestia dan apakah pemain akan bisa menuju kesana dalam waktu dekat. 

Namun, sepertinya Celestia akan berperan penting dalam inti permasalahan cerita yang dihadirkan oleh Genshin Impact.

Baca Juga: Hexenzirkel Genshin Impact, Organisasi Penyihir dan Anggota

Lokasi Celestia Genshin Impact

celestia genshin impact word gateway to celestia
Tulisan di Bawah Patung Barbatos Terkait Celestia (source: VCGamers)

Celestia terlihat di atas langit Teyvat dengan posisi yang belum diketahui pasti titik koordinatnya.

Sebagian besar wilayah di Teyvat dapat melihat langsung Celestia walaupun untuk sekarang ini masih berbentuk pulau 3D.

Hal yang diketahui pasti adalah posisi dari Celestia ini sangat tinggi di langit, melebihi tempat tinggi di Genshin Impact.

Tempat tertinggi Liyue yaitu Qingyun Peak, kamu bisa melihat posisi Celestia masih lebih tinggi di sebelah barat laut Qingyun Peak.

Celestia juga terlihat lebih tinggi dengan posisi timur laut dari Khaj Nisut dan berada di posisi barat Stormterror’s Lair.

Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Mondstadt akan menjadi gerbang untuk menuju Celestia. Hal ini karena di bawah patung Barbatos, kamu bisa membaca tulisan terbalik yang menuliskan Gateway to Celestia atau gerbang menuju Celestia.

Hubungan Celestia dengan Teyvat

celestia genshin impact skyfrost nail
Skyfrost Nail (source: Genshin Fandom Wikia)

Sebagai tempat tinggal dari Heavenly Principles, Celestia memainkan peran yang besar juga dalam hukum yang berlaku di Teyvat.

Dahulu kala, manusia dapat berkomunikasi dengan Celestia secara langsung melalui utusan yang disebut Heavenly messenger. 

Kamu bisa melihat dari mural yang ada Sal Vindagnyr, Dragonspine. Sal Vindagnyr sebagai salah satu peradaban tua di Mondstadt akhirnya dihukum dengan alasan yang belum jelas oleh Celestia dengan menjatuhkan pilar atau paku yang disebut Skyfrost Nail.

Bila kamu perhatikan, Skyfrost Nail ini mirip dengan pilar yang ada di halaman depan game ketika kamu pertama kali login ke game Genshin Impact.

Paku lain yang mirip dengan yang ada di Dragonspine juga akan ditemukan di bagian terdalam The Chasm. Berdasarkan tindakan di Sal Vindagnyr, peradaban apa pun yang tinggal di The Chasm juga kemungkinan besar dihancurkan oleh Celestia.

Hubungan Celestia dengan Archon

celestia genshin impact gnosis
Gnosis Venti (Biru) dan Zhongli (Kuning) pada Interlude Chapter: Winter Night’s Lazzo (source: Genshin Impact)

Gnosis yang dimiliki oleh para Archon diketahui beresonansi dan terhubung dengan Celestia dan Heavenly Principles. 

Archon juga memiliki Gnosis sebagai tanda bahwa mereka telah dipilih oleh Celestia untuk menjaga kehidupan manusia.

Namun, komunikasi antara para Archon dan Celestia bisa dikatakan meregang. Hal ini dapat dilihat dari percakapan dengan berbagai Archon terkait Gnosis masing-masing.

Dendro Archon yaitu Nahida mengatakan Celestia tidak pernah menghubungi lagi semenjak bencana besar (Cataclysm) yang terjadi pada 500 tahun yang mengakibatkan Khaen’riah hancur.

celestia genshin impact cataclysm
Kataklisme (source: Genshin Impact)

Nahida juga memilih untuk menukarkan Gnosis ke Dottore untuk informasi terkait Teyvat, mengindikasi bahwa Nahida lebih mementingkan ilmu pengetahuan dibandingkan loyalitas pada Celestia.

Ei juga menyerahkan Gnosis miliknya ke Yae Miko, mengindikasi untuk memutus hubungan dengan Celestia semenjak Raiden Makoto (saudara kembar Ei atau Electro Archon terdahulu) wafat pada saat Cataclysm.

Venti di beberapa kesempatan memilih untuk mengalihkan pembicaraan terkait dengan Celestia.

Sedangkan Zhongli mengatakan bahwa erosi yang dirasakannya merupakan pemaksaan dari Heavenly Principles dan memilih memberikan Gnosis pada Tsaritsa.

Demikian penjelasan mengenai Celestia Genshin Impact. Masih banyak misteri yang belum dijelaskan terkait tempat ini dan seperti akan terus diceritakan seiring update dari game Genshin Impact.

Saat artikel ini ditulis, Genshin Impact sedang merilis karakter Mika pada bagian kedua update 3.5. Kamu bisa mendapatkannya dalam banner rerun Kamisato Ayaka dan Shenhe.

 Bagi kamu yang menginginkan salah satu dari ketiga karakter tersebut, jangan lupa kamu bisa membeli Genesis Crystal terpercaya untuk gacha di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!