Panduan Honkai Star Rail: Gameplay, Karakter, dan Lainnya

honkai star rail guide newbie

Honkai Star Rail akan segera dirilis pada 26 April 2023 mendatang. Gameplay-nya disebut akan berbeda dari Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd.

Game terbaru dari developer miHoYo ini akan mempunyai sistem gameplay yang lain yaitu turn-based game. Tentunya aturan, gameplay, dan mekanik akan berbeda dari game pendahulunya.

Agar kamu nanti tidak kebingungan saat mulai game ini, baca selanjutnya panduan bermain game ini.

Panduan Honkai Star Rail: Gameplay, Karakter, dan Lainnya

Pembahasan dalam panduan ini dibuat berdasarkan hasil dari Close Beta System (CBT) dan Special Program Honkai Star Rail beberapa saat lalu yang mungkin akan ada penyesuaian di bentuk final game.

UI (User Interface) Honkai Star Rail

honkai star rail guide user interface
User Interface (source: Youtube/Sevvyplays)

Hal mayor yang akan terasa familiar dari Honkai Star Rail adalah tampilan layar atau disebut UI (User Interface) dari game ini.

Game ini mempunyai UI yang bisa dibilang mirip dengan Genshin Impact. Kamu dapat melihat adanya persamaan dari menu utama, Settings, menu karakter, menu Shop, dan tampilan lainnya yang mirip dengan Genshin Impact.

VCGamers menduga bahwa kemiripan ini dimaksudkan agar memudahkan pemain, khususnya pemain Genshin Impact, agar lebih cepat beradaptasi dengan sistem game ini.

 Ada beberapa pemain yang menilai kecenderungan kemiripan game ini karena developer game malas untuk merancang desain baru.

Padahal, kemiripan tampilan UI ini tentunya memiliki poin plus tersendiri dimana banyak pemain yang kadang kesulitan bermain game baru karena kurang familiar dengan tampilan UI antar game dengan developer yang sama.

Kemiripan ini sebenarnya bukan hal yang baru di dalam game mengingat game seperti Elden Ring dan Sekiro juga memiliki UI yang mirip walaupun tidak 100% sama.

Baca Juga: Rekap Honkai Star Rail Special Program, Umumkan Tanggal Rilis!

Gameplay

honkai star rail special program gameplay
Gameplay (source: Youtube/ HonkaiStarRail)

Berbeda dengan Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd, game terbaru miHoYo ini akan menjadi game dengan sistem gilir atau turn-based game.

Kedua game pendahulunya menggunakan sistem langsung atau real time yaitu musuh menyerang secara langsung.

Sistem gameplay tersebut tentunya membuat kamu harus pandai mengelak (dodge) disamping memikirkan strategi atau rotasi tim saat menyerang musuh.

Sedangkan, gameplay game ini kamu dan musuh akan menyerang secara bergantian dalam sebuah battle mode. Jadi kamu tidak akan langsung menyerang atau diserang saat pertama kali bertemu musuh.

Penentuan siapa yang menyerang lebih dulu ditentukan pada kesempatan awal kamu dan musuh bertemu, sebelum masuk ke battle mode.

Jika kamu berhasil menyerang titik lemah musuh atau Weakness terlebih dahulu, kamu akan mendapat kesempatan menyerang lebih awal.

Selain itu, menyerang titik Weakness musuh akan memberikan banyak manfaat misalnya menurunkan DEF, kesulitan, dan lainnya.

Karena Honkai Star Rail memiliki gameplay turn-based, strategi lebih berperan besar agar party kamu optimal melawan musuh.

Kamu harus bisa build karakter secara optimal tanpa melihat Class dari karakter. Hal ini akan berperan pada durasi dan kemampuan party dalam melawan musuh.

Sistem Build Karakter Honkai Star Rail

honkai star rail special program the path and element gepard
Contoh Elemen (Ice) dan Path (The Preservation) Karakter Gepard (source: VCGamers)

Sistem build karakter Honkai Star Rail juga mirip dengan Genshin Impact maupun Honkai Impact 3rd.

Terdapat sistem bernama Light Cone, Traces, Relics, dan Eidolon untuk memperkuat karakter.

Light Cone sama dengan Weapon, Traces sama dengan Talents, Relics sama dengan artefak (atau stigmata) dan Eidolon sama dengan Constellation di game pendahulunya.

Ada beberapa hal detail yang membedakan Honkai Star Rail terutama untuk Traces.

Sistem Traces akan berbentuk pohon (Skill Tree) dimana kamu akan meningkatkan pengembangan Talent dengan Material.

Selain itu, sistem kelas karakter atau Class akan berperan penting dalam karakter Honkai Star Rail selain elemen yang dimiliki karakter.

Class atau disebut sebagai Path akan menentukan posisi dan kemampuan karakter tersebut berdasarkan The Aeon (mirip dengan Archon) yang diikuti karakter tersebut.

guide the aeon
The Aeon (source: VCGamers)

Misalnya ada Path The Preservation berfungsi sebagai Shielder, The Erudition dapat memberi AoE damage, The Abundance sebagai Healer, dan lainnya.

Relics Light Cone harus kamu sesuaikan dengan tipe Path karakter agar hasil build maksimal.

Hal yang menjadi pembeda adalah baik Light Cone dan Relics akan sebagian besar kamu dapatkan dari sistem Gacha. 

Meskipun demikian kamu juga bisa menggunakan material untuk memproduksi keduanya dengan material.

Baca Juga: Constellation Genshin Impact, Apa Fungsi dan Seberapa Pentingkah?

Eksplorasi World Honkai Star Rail

mini map honkai
Mini Map (source: VCGamers)

World Honkai Star Rail mempunyai cangkupan yang sangat besar meskipun bukan Open World terhubung seperti Genshin Impact.

Di setiap planet atau universe World yang akan kamu kunjungi, setiap area akan terhubung dengan mini map yang bisa membantu kamu untuk teleportasi dari satu tempat ke lokasi lainnya.

Beberapa fungsi seperti Sprint atau Jump akan tidak ada di game ini. Namun, kamu masih bisa melakukan investigasi, bermain serangkaian World Puzzle, dan berbicara dengan NPC.

Demikian panduan Honkai Star Rail. Pastinya jangan lupa untuk membeli Genesis Crystal Genshin Impact dan B Chips Honkai Impact 3rd di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!