10 Tips Membangun Kota untuk Pemula di Cities Skyline PS5

Cities Skylines

Cities Skyline adalah game yang menjadi pesaing berat Simcity. Cities Skyline menyajikan permainan simulasi membangun kota yang bisa diakses melalui PC, Nintendo Switch, Xbox Series S/X, PS5, dan PS4. 

Game karya Colossal Order ini mempunyai gameplay yang kompleks. Namun, berkat hal tersebut game ini mampu menyaingi pionir game simulasi membangun kota SimCity.

Dalam game ini kamu akan berperan layaknya sebagai seorang wali kota. Kamu harus membangun peradaban dari kota kecil hingga menjadi kota metropolitan yang punya fasilitas lengkap. 

Nah, untuk kamu yang masih pemula atau ragu-ragu untuk membeli game Cities Skyline. Sekarang kamu tidak perlu ragu lagi, kami sudah menyiapkan tips untuk menguasai seni tata kota di game Cities Skyline PS5.

Baca juga: Rekomendasi Settingan Sensitivitas FF Auto Headshot 2024

Tips Bermain Cities Skyline untuk Pemula

Game PS5 Cities Skyline
Game PS5 Cities Skyline. Sumber: PlayStation Store

Ada 10 tips untuk memudahkan kamu menguasai tata kota dalam game Cities Skyline. Yuk ikuti penjelasan lengkapnya berikut ini: 

Teliti Memilih Peta 

Teliti saat memilih peta Cities Skyline PS5
Hati-hati saat memilih peta. Sumber: YouTube ImperialJedi

Memilih peta ketika baru memulai game sangat mempengaruhi nasib kota kedepannya. Peta yang kamu pilih mempunyai sumber daya, area mendirikan bangunan, dan aksesibilitas transportasi yang berbeda-beda. 

Nah, saat sudah membangun aspek-aspek itu tadi kamu tidak bisa mengubahnya. Kalau kamu bermain di PC mungkin masih bisa menggunakan mod untuk mengubah. Akan tetapi itu tidak berlaku jika kamu bermain di PS5

Setiap kota yang kamu pilih nanti mempunyai komoditasnya masing-masing. Jadi pertimbangkan dengan teliti kota yang kamu pilih dan pikirkan jauh kedepan potensi apa yang bisa kamu manfaatkan dari kota tersebut.

Baca juga: Jumlah Chapter, Durasi Permainan dan Harga Game FF7 Rebirth 

Perhatikan Kebutuhan Penduduk 

Penuhi Kebutuhan Penduduk Kota
Penuhi Kebutuhan Penduduk Kota. Sumber: YouTube Mikko Tenhunen

Ingat kamu adalah seorang wali kota yang haru memikirkan kebutuhan warga mulai dari listrik, sumber air bersih, pendidikan hinga kesehatan warga. 

Kamu harus memastikan tidak ada warga yang mengeluh karena kurangnya fasilitas tersebut. Pastikan juga fasilitas lalu lintas di kotamu mempunyai fasilitas yang memadai. 

Karena jika lalu lintas tidak punya fasilitas baik akan terhindar dari kemacetan, dan kebakaran. Selalu pastikan tata ruang kota direncanakan dengan matang

Jangan Berlebihan Membangun Kota

Jangan Berlebihan Membangun Kota
Jangan Berlebihan Membangun Kota. Sumber: Engadget

Membangun kota di Cities Skyline membutuhkan perhitungan yang sama seperti membangun kota di dunia nyata. Kamu harus bisa memposisikan diri di game ini layaknya seorang pemimpin daerah. 

Ketika kamu berlebihan mendirikan bangunan, akan terjadi banyak masalah yang terjadi. Oleh karena itu kamu hanya perlu membangun apa yang dibutuhkan. 

Pada awal membangun kota banyak pemain yang berlebihan membangun jalan. Padahal itu belum terlalu penting saat kota baru saja berdiri.

Selain itu kamu juga harus memperhatikan tata letak pembangunan rumah. Jika terlalu padat sejak awal, wilayah akan sulit berkembang di kemudian hari. 

Kamu perlu mempertimbangkan tiga aspek penting dalam bermain Cities skyline yaitu kawasan komersial, perumahan, dan industri.  Ingat bermain game Cities Skyline tidak bisa kamu undo dengan mod seperti di PC. 

Pertimbangkan Topografi sebelum Membangun 

Pertimbangkan Topografi sebelum Membangun
Pertimbangkan Topografi sebelum Membangun. Sumber: YouTube Alrivers Gaming

Jangan pernah membangun bangunan di tempat yang tidak sesuai. Seandainya kamu tetap ingin mendirikan banguan di wilayah dataran tinggi, maka lakukan dengan cara yang masuk akal. Karena pada awal game kamu tidak bisa melihat ketinggian medan mendirikan bangunan.

Kamu hanya bisa melihat kontur medan ketika kotamu sudah bukan kota kecil lagi. Ketika populasi warga sudah lebih dari 1.500 orang maka fitur melihat ketinggian medan baru terbuka, itu tidak berlaku saat early game.

Nah, kamu harus memperhitungkan tempat yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan. Jangan dirikan bangunan terlalu dekat sungai atau di bukit yang rentan longsor.

Baca juga: Rekomendasi 6 Game Android Petualangan Offline 2024

Membangun Layanan Air

Membangun Layanan Air
Membangun Layanan Air. Sumber: Paradox Interactive

Hal penting yang harus kamu perhatikan saat membangun layanan air yaitu menentukan posisi pompa dan pembuangan limbah. Kamu harus memisahkan pompa air dengan tempat pembuangan limbah.

Tujuannya agar saat pompa tidak menyedot air dari sumber air yang tercemar oleh limbah. 

Sediakan Banyak Opsi Transportasi

Sediakan Banyak Opsi Transportasi
Sediakan Banyak Opsi Transportasi. Sumber: Xbox.com

Saat kamu sudah mencapai tahap Boom Town kamu harus memikirkan opsi transportasi untuk warga. Meskipun masih masuk kategori early game kamu tetap harus menyediakan opsi transportasi seperti bus dan trem.

Dengan menyediakan banyak opsi sarana transportasi, kemacetan di kota yang beranjak besar dapat terbendung. Warga kota yang terlalu mengandalkan kendaraan pribadi di game ini dapat menyebabkan kemacetan.

Sehingga kamu harus mempertimbangkan pembuatan fasilitas transportasi massal seperti kereta atau bus.

Aksesibilitas yang baik di kota tidak hanya dapat menurunkan tingkat kemacetan kota tetapi juga dapat meningkatkan harga properti di kota tersebut. Dengan demikian kemajuan kota dapat tercapai secara perlahan. 

Cermat Menggunakan Anggaran

Cermat Menggunakan Anggaran
Cermat Menggunakan Anggaran. Sumber: YouTube Guma Time

Tidak hanya di dunia nyata, dalam game Cities Skyline yang namanya anggaran adalah segalanya. Sayangnya anggaran yang bisa kamu gunakan terbatas sehingga pemain harus mengontrol pengeluaran secermat mungkin.

Pastikan anggaran pendapatan kota cukup untuk menutup biaya operasional dan pendirian infrastruktur.

Jangan memaksakan untuk membangun infrastruktur berlebih apabila keadaan keuangan kota sedang tidak baik-baik saja.

Gunakan anggaran untuk membangun dan mengelola hal-hal penting terlebih dahulu seperti fasilitas transportasi dan pembangkit listrik. 

Baca juga: Kurang Laku, Instagram akan Tutup Flipside Bulan Depan

Memberikan Ruang pada Bangunan

Memberikan Ruang Pada Bangunan
Memberikan Ruang Pada Bangunan. Sumber: YouTube Gerry Sebastian

Jangan mengisi setiap sudut kota dengan bangunan karena itu akan menyulitkan warga. Misalnya ketika membangun pusat belanja, kamu harus menyediakan lahan parkir yang luas agar warga bisa berbelanja dengan nyaman.

Kemudian jika kamu membangun komplek bangunan yang berbentuk persegi dengan ukuran 16×16.

Usahakan menyisakan lahan kosong di tengah-tengah komplek bangunan tersebut meskipun bagian tengah bangunan tersebut muat untuk mendirikan satu bangunan besar. 

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan membangun bundaran di jalan raya. Tujuannya untuk memperindah tata kota dan mencegah terjadinya kemacetan. 

Selain itu membangun bundaran di tengah kota juga dapat menghemat anggaran kota jika suatu saat pemain akan membangun jalan baru di sudut yang lainnya. 

Memisahkan Kawasan Industri dengan Pemukiman 

Area Industri di Cities Skyline PS5
Area Industri. Sumber: YouTube Koinsky

Seperti yang terjadi di dunia nyata, kawasan industri adalah wilayah yang mempunyai tingkat polusi tinggi. Itu berdampak buruk bagi kesehatan warga di game Cities Skyline. 

Oleh karena itu, kamu harus memisahkan pemukiman warga jauh dari kawasan industri. Lalu lintas kendaraan besar di kawasan industri juga dapat menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Samsung Galaxy A52s 5G Harga dan Spesifikasi 2024

Membangung Kota yang Berkelanjutan

Membangun Green City di Cities Skyline PS5
Sumber: YouTube Aavak

Bangun kota dengan memanfaatkan energi ramah lingkungan. Kamu bisa menggunakan matahari, angin atau air sebagai pembangkit listrik. 

Ciptakan sistem pengelolaan limbah yang efektif dengan cara mengedukasi penduduk. Dengan memfokuskan hal-hal tersebut di kotamu kamu akan punya kota hijau yang ramah lingkungan. 

Baca juga:Lokasi Mario RPG Hidden Treasure di Map Land’s End Region 

Demikian tips membangun kota yang baik di game Cities Skyline PS5. Hal yang perlu kamu ingat saat bermain game ini di konsol, kamu tidak bisa menggunakan mod. 

Pelajari lebih dulu macam-macam peta sebelum memutuskan untuk memilih. Dengan demikian kamu bisa membayangkan akan membawa kota kamu ke mana.

Kalau kamu tertarik dengan game Cities Skyline kamu bisa membelinya di Steam. Untuk Top Up Steam Wallet kamu bisa membelinya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!