Tips Jago Menggunakan Claude MLBB

Build Emblem

Mungkin kalian yang selalu bermain hero Layla atau Miya agak kesulitan ketika memainkan hero MLBB Claude.  Meski sama-sama hero marksman, Claude adalah hero yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi.

Di tier epic sampai mythic perbatasan mungkin jarang menemukan user hero ini karena tak banyak yang memilihnya. 

Tapi kalau kamu baru sampai tier tersebut dan menguasai hero Claude dengan jago, kemungkinan kamu akan mudah untuk mencapai tier yang lebih tinggi. 

Nah, pada pembahasan ini kami akan mengulas skill set, cara bermain, hingga build terbaik untuk Claude MLBB. Lebih lanjut simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahuinya!

Baca juga: Daftar Skin Season ML Pertama Sampai Terakhir

Skill Set Hero Claude MLBB

Marksman tersakit Claude
Source: Mobile Legends

Penting sekali untuk kamu mengetahui seperti apa skil set dari hero marksman ini. Karena dengan mengetahuinya kamu akan tau timing yang tepat untuk mengaktifkannya sehingga menghasilkan serangan yang efektif.

Untuk informasi lebih detail kamu bisa melihat ulasan singkat skill yang dimiliki oleh Claude MLBB berikut ini: 

Battle Side by Side

Saat mengaktifkan skill ini Claude akan menyerang musuh secara bergantian dengan monyet yang ada di pundaknya, Dexter.

Damagenya memang kecil dan bergantung dengan attack speed hero. Seiring jalannya pertandingan attack speed akan meningkat sesuai item yang kamu beli.

Baca juga: Hero Fighter Mobile Legends Terbaik di Season 32

Art of Thievery 

Nah, kalau skill ini fungsinya agak lebih banyak. Ketika kamu berhasil mengenai musuh dengan skill ini musuh akan terkena efek slow. Kemduian, attack speed, movement speed akan bertambah, dan cooldown jadi lebih singkat. 

Battle Mirror Image

Dengan skill ini Claude menjadi marksman yang mempunyai kemampuan kabur terbaik. Skill ini berbentuk seperti hologram monyet yang berguna untuk zoning musuh, kabur, menggocek bahkan untuk open map. 

Sayangnya skill ini tidak efektif untuk menyerang karena cooldown yang singkat dan damage terlalu kecil.

Sebagai skill kabur, Battle Mirror Image bisa dimanfaatkan untuk berteleportasi oleh Claude. Skill ini tidak terpengaruh dengan jarak, selama masih aktif kamu bisa berteleportasi ke titik hologram.

Baca juga:  Highlight Update Mobile Legends Season 32 Patch Note 1.8.66

Blazing Duet 

Selain item yang sudah jadi kecepatan Blazing Duet sangat tergantung dengan jumlah stack yang dimiliki Claude. Saat stack Claude mencapai lima, kecepatan tembakan Claude jelas berbeda dengan kondisi ketika stack Claude hanya satu. 

Oleh karena itu, usahakan selalu mengaktifkan skill ini ketika stack yang kamu miliki sedang maksimal. Sebab cooldown ultimate Claude sangat lama jadi kamu harus memaksimalkan setiap momen menggunakan skill ini. 

Kelebihan dari skill ini adalah damage area yang dapat mengunci tembakan terhadap lima musuh sekaligus.

Sayangnya skill ini mudah sekali untuk dibatalkan, bahkan hanya dengan skill 2 Lesley. Kelemahan lain ultimate ini tidak bisa mengenai musuh yang kabur dan bersembunyi di dalam semak. 

Terakhir, ultimate Claude sebenarnya hanya basic attack yang dilancarkan dengan kecepatan tinggi. Sehingga penting untuk kamu menggunakan item-item seperti DHS dan Golden Staff. 

Build Claude MLBB

Build Claude MLBB
Sumber: Youtube Vanca

Untuk pilihan item sebaiknya kamu menggunakan Tough Boots atau sepatu anti mage. Kemudian dapatkan item Corrosion Scythe terlebih dahulu kemudian baru Demon Hunter Sword, Golden staff, Wind of Nature, dan Rose Gold Meteor. 

Nah, yang paling penting kamu pikirkan adalah battle spell. Karena kamu harus menentukan sesuai lawan yang kamu hadapi. 

Perlu kamu ketahui dulu counter alami Claude antara lain Franco, Diggie, Khufra, Edith, Yu Zhong, Minsitthar, Guinevere, Paquito, Vexana, Faramis, Nana, dan Kadita. 

Hero-hero tersebut sangat mudah untuk membatalkan skill ultimate Claude. Tapi kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan battle spell yang tepat. 

Gunakan battle spell Vengeance  ketika bertemu empat hero burst magic maupun physic. Dengan skill tersebut darah Claude jadi tidak mudah untuk habis. 

Ketika bertemu hero counter Claude seperti yang telah disebutkan sebelumnya kamu bisa menggunakan battle spell purify atau sprint. 

Sedangkan jika ketemu hero counter seperti Franco dan Guinevere kamu wajib menggunakan battle spell purify untuk melepaskan diri dari hook dan diangkat oleh Guinevere. 

Kesimpulannya gunakan purify ketika bertemu banyak hero Crowd Controll. Pakai battle spell vengeance untuk menghadapi banyak musuh burst. Terakhir gunakan sprint jika komposisi hero lawan seimbang antara CC dengan burst. 

Baca juga: 5 Item Counter Mage Mobile Legends Paling Ampuh

Tips Jago Bermain Claude MLBB

Gameplaye Claude MLBB
Source: Mobile Legends

Mengingat Claude adalah hero marksman dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Memainkannya di tiga fase game memerlukan gaya bermain yang berbeda-beda. 

Kamu wajib untuk membaca ini karena poin utama jago bermain hero Claude MLBB ada di sini. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini: 

Early Game

Usahakan saat early game kamu bermain dengan aman dan setelah mendapat sepatu usahakan untuk mendapat Corrosion Scythe. Karena item tersebut akan mempercepat basic attack Claude. 

Buka skill satu Claude Art of Thievery pastikan skill tersebut selalu mengenai musuh dan minion secara bersamaan.

Dengan cara tersebut kamu akan mendapatkan stack 5 langsung dan memperoleh attack speed maksimal. 

Ingat di early game damage Claude itu sangat lemah, jadi kamu harus mengandalkan attack speed-nya dengan menggunakan Art of Thievery dengan efektif. 

Pada fase ini kamu tidak bisa memaksa farming minion tapi kamu juga harus selalu bisa last hit minion. Agak susah bukan? Tapi itu adalah sisi seni bermain Claude di fase early game. 

Ingat membunuh minion bukan satu-satunya cara hero marksman menjadi kaya. Karena Claude lemah jika bertarung sendirian saat early, usahakan kamu selalu hadir saat team fight berlangsung.Kehilangan gold minion bisa kamu tutup dengan cara tersebut. 

Dengan cara ini kamu bisa mendapatkan gold dari assist maupun kill. Tapi intinya di fase early jangan maksa untuk bermain bar-bar apalagi ketika bertemu hero seperti Clint, Lesley, Popol dan Kupa di gold lane.

Kesimpulannya kamu harus bermain aman sampai mendapat Corrosion Scythe. Kamu boleh bermain agresif ketika sudah punya item tersebut. 

Terakhir jangan pernah mati di early game! Lebih baik mengorbankan sedikit gold daripada mati. Sebab kamu masih bisa mengejar ketertinggalan gold kalau hanya ketinggalan satu atau dua gelombang minion. 

Mid Game

Di fase ini mungkin tower gold lane sudah berhasil jebol. Tapi kamu belum bisa langsung ikut team fight, fokus bantu mid lane mendapatkan tower lawan terlebih dahulu. 

Selalu cari celah dan mengutamakan turet gold lane. Jangan lupa untuk tetap farming untuk mendapatkan item kedua dan ketiga. 

Jangan terlalu sering ikut war karena damage Claude belum maksimal. Di fase ini kamu tetap harus memikirkan cara untuk split tower musuh.

Ketika sudah berhasil menjebol tower di lane mu sendiri, bantu teman satu tim untuk menjebol tower lainnya. 

Pada fase ini join war bukan pilihan terbaik untuk Claude fokus untuk mendapatkan item Golden Staf sambil farming minion dan push tower.

Misalnya tim kamu sedang sibuk war di bawah sedangkan posisi mid atau top lane sedang kosong. Pilih untuk push tower atas, karena musuh akan lebih sulit untuk menjangkau kamu di sana. 

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki Kecepatan Download Steam Lambat

Late Game

Pada fase ini kamu sudah mempunyai tiga core item penting yaitu Corrosion Scythe, Demon Hunter Sword, dan Golden Staf.

Sampai di situ kamu harus memperhatikan cara team fight yang baik dan benar.

Pastikan sebelum menyerang musuh stack alami Claude dan stack ketiga core item dalam kondisi maksimal.

Artinya kamu tidak bisa join war dengan langsung mengaktifkan skill ultimate. Kamu bisa mencicil stack dengan menembak musuh menggunakan basic attack.

Pada situasi ini kamu wajib memperhatikan apakah musuh sudah mengeluarkan skill yang kemungkinan besar dapat membatalkan ultimate Claude.

Jika dirasa sudah aman dan seluruh stack dalam kondisi maksimal maka aktifkan skill ultimate yang kamu miliki.

Damage Claude memang lemah tapi jika core item sudah jadi dia bakal mempunyai attack speed yang efektif untuk mencicil HP musuh.

Pada fase late game kamu akan sering bertemu dengan team fight. Meskipun sudah dengan attack speed monster, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan ulti kalau tidak ingin mati konyol.

Kesimpulannya kamu tidak bisa sembarangan menggunakan ultimate Claude meskipun stack sudah maksimal.

Kamu perlu mempertimbangkan skill set milik musuh yang bisa menjadi counter ultimate Claude

Baca juga: Penjelasan Moonton Soal Dark System MLBB saat Solo Rank

Top Up diamond MLBB murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!