Daftar Skin Season ML Pertama Sampai Terakhir

SKIN SEASON MLBB

Skin season Mobile Legends (ML) adalah skin yang dibagikan secara gratis oleh Moonton pada akhir atau awal season.

Untuk mendapatkannya, kamu harus menyelesaikan misi dari Moonton. Dari season 1 sampai 32 misi untuk mendapatkan skin season ML berbeda-beda.

Tapi pada season 32 ini kamu bisa mendapatkan skin hero ML favorit kamu secara gratis hanya dengan menyelesaikan pertandingan rank sebanyak 20 kali saja.

Kalau kamu belum sempat mendapatkan seluruh skin season, mulai sekarang jangan lewatkan kesempatan mendapat skin gratis ini.

Nah, di artikel ini kami akan mengulas secara lengkap skin season Mobile Legends dari pertama hingga yang terakhir. Berikut daftar lengkap skin season Mobile Legends (ML) yang perlu kamu ketahui. 

Baca juga: Highlight Update Mobile Legends Season 32 Patch Note 1.8.66

Nana Graveyard Party (Season 1)

Skin Nana gratis dari Moonton
Nana Mobile Legends Skin Graveyard Party. Source: Mobile Legends

Nana adalah salah satu hero tua yang ada sejak Mobile Legend dirilis. Event bagi-bagi skin gratis Moonton telah berlangsung sejak season pertama.

Sebagai hero sepuh, Nana menjadi yang pertama mendapatkan skin gratis Graveyard Party. 

Jika merujuk pada penampilan Nana dalam skin ini, seharusnya skin Graveyard Party cocok untuk dirilis pada waktu Halloween.  Karena desain skin ini sangat mirip dengan kostum saat perayaan Halloween. 

Ketika menggunakan skin ini, telinga Nana akan berubah menyerupai sayap kelelawar. Meskipun menggunakan kostum Halloween Nana tetap saja tampil imut dalam skin ini. 

Alucard Fiery Inferno (Season 2)

Skin Alucard Fiery Inferno
Sumber: Istimewa

Pada season 2 giliran hero Assassin MLBB, Alucard yang kebagian skin gratis. Penampilan Alucard dalam skin ini terkesan mempunyai elemen api.

Bisa dibilang skin Alucard masuk ke dalam ajaran skin gratis paling keren. Hingga pada beberapa waktu lalu Moonton me-resale skin ini dengan harga 250 fragmen biru.

Baca juga: Tutorial Bermain Karrie di ML, Auto Win!

Fanny Punk Princess (Season 3)

Skin Fanny Season 3
Sumber: VCGamers

Meskipun Fanny Punk Princess bukan skin kolaborasi dengan DC tapi saat pertama kali melihatnya, Fanny malah tampak seperti tokoh DC Harley Quinn.

Dari tongkat baseball, make up, hingga sorot matanya memperkuat kemiripan Fanny dengan tokoh DC Harley Quinn.

Sebelumnya Fanny selalu tampil feminim, meskipun gaya bertarungnya tetap garang. Akan tetapi karakter Fanny di Mobile Legends selalu identik dengan karakter anime Mikasa Ackerman yang lemah lembut.

Kalau kamu melewatkan kesempatan untuk mendapatkan skin ini beberapa tahun yang lalu. Sekarang kamu bisa menggunakan 250 fragment premium untuk mendapatkan skin Fanny Punk Princess.  

Minotaur Orbiter (Season 4)

Skin Orbiter Minotaur
Minotaur. (Source: Moonton/YouTube)

Minotaur adalah hero ML dengan tipe hybrid yang pernah mendapatkan skin gratis di season 4. Pada season 32, hero ini sering menjadi pilihan para pemain untuk menjadi roamer.

Untuk para pengguna hero Minotaur yang ketinggalan kesempatan untuk mendapatkan skin Orbiter. Di season 32 ini kamu bisa membeli skin Minotaur dengan fragment premium sebanyak 250 buah.

Penampilannya lumayan bagus jika dibandingkan dengan dua skin epic dan skin basic-nya. Minotaur tampil dengan armour dan palu berwarna emas dalam skin ini.

Hilda Flower of the Wastes (Season 5)

Hilda Flower of the Wastes
Hilda. Source: VCGamers

Hilda dalam setiap skin yang dirilis Moonton selalu tampil gagah. Pada season 5 dulu MLBB membagikan skin gratis untuk hero Hilda.

Saat menggunakan skin ini Hilda tampak menggendong sebuah mesin dan menggunakan senjata kapak yang bergerigi.

Skin season Hilda Flower of the Wastes sekarang masih bisa kamu dapatkan di MLBB Shop. Kamu hanya perlu menukarkan premium fragment untuk mendapatkan skin season ini. 

Baca juga: Build Item, Emblem dan Spell Jawhead Roam 

Alpha Sea Gladiator (Season 6)

Alpha Sea of Gladiator adala skin season 6
Alpha Sea of Gladiator. Sumber: VCGamers

Skin Sea Gladiator milik hero Alpha termasuk item seasonal yang sekarang masih kamu dapatkan di MLBB Shop. Untuk mendapatkannya kamu hanya perlu menyiapkan premium fragment sebanyak 250 buah. 

Segera beli skin ini kalau kamu adalah penggemar hero Alpha. Karena terkadang Moonton merubah produk premium skin yang mereka jual. Di season 32 ini skin Alpha Gladiator masih tersedia.

Moskov Yasha (Season 7)

Skin Moskov Yasha
Skin Moskov Yasha. SUmber: VCGamers

Saat Moskov mengenakan skin Yasha, penampilannya tampak seperti karakter anime yang mencapai level kekuatan baru. Jika skin basic menampilkan Moskov dengan tampilan seperti zombie penuh sayatan. 

Ketika menggunakan skin Yasha, Moskov tampak seperti seorang prajurit yang jauh lebih berwibawa. Apalagi dalam skin Yasha, tombak Moskov memancarkan aura yang menyala. 

Kalau kamu belum sempat mendapatkan skin ini pada event season 7, sekarang di season 32 kamu bisa membelinya dengan 250 fragmen premium. 

Nah di season 32 ini Moontoon juga baru merilis skin All Star dengan tampilan yang jauh lebih menarik.

Baca juga: Kesalahan yang Dilakukan Menggunakan Karakter Sniper di TF2 

Estes White Crane (Season 8) 

Estes White Crane Skin Season 8
Sumber: VCGamers

Penampilan Estes saat menggunakan skin White Crane ini tampak lebih realistis. Dibandingkan dengan skin epic dan spesial yang mengusung tema tampilan menyerupai Dewa dan Mutan. 

Penampilan Estes White Crane malah justru lebih menarik. Beruntunya skin ini masih bisa kamu dapatkan di MLBB Shop di season 32. 

Kamu hanya perlu menukarkan 250 premium fragment untuk mendapatkan skin sebagau ini. 

Franco Locomotive (Season 9)

Franco Locomotive Skin Season 9
Franco. Source: Mobile Legends

Skin season hero ML selanjutnya adalah Locomotive milik Franco. Meskipun harganya murah skin ini termasuk skin terbaik dari hero Franco. Kamu bisa mendapatkan skin ini di MLBB Shop dengan menukarkan 250 fragment premium.

Penampilan Franco dalam skin ini sebenarnya agak mirip seperti robot. Pakaiannya serba besi dan berwujud menyerupai tungku perapian di lokomotif kertea api kuno. 

Tigreal Wyrmslayer (Season 10)

Tigreal Wyrmslayer (Season 10)
Tigreal Wyrmslayer (Season 10). Source: Mobile Legends

Skin season ML berikutnya ada Wyrmslayer hero Tigreal yang mengusung tema ethnic warrior.  Dia tampak mengenakan ikat kepala dan jubah bulu bison yang menjuntai ke belakang. 

Saat menggunakan skin ini tubuh Tigreal tidak tertutup sepenuhnya. Sehingga otot dan tato yang ada di dadanya membuat tampilan Tigreal semakin keren. 

Di season 32 ini kamu masih bisa mendapatkan skin Wyrmslayer ini dengan 250 premium fragment. 

Baca juga: Top 5 Game PC Terlaris di Steam

Bane Warlord (Season 11)

Bane Warlord (Season 11)
Sumber: MLBB

Season 11 menjadi momen Moonton untuk menghibahkan skin Warlord secara gratis ke para penggunannya.

Dari segi penampilan Bane tampak sangat berwibawa. Dia mengenakan pakaian merah yang dilengkapi dengan medali dan sabuk senjata yang melingkari pinggang.

Pakaian yang dikenakan Bane saat menggunakan skin ini malah justru menghilangkan kesan bajak laut dirinya.

Bane malah justru tampak seperti seorang Kapten Angkatan Laut. Skin ini tersedia di MLBB Shop dengan harga 250 premium fragment.

Vexana Cursed Shackle (Season 12)

Vexana Cursed Shackle
Vexana Cursed Shackle. Sumber: Official Site

Hero yang lumayan OP beberapa season kebelakang ini pernah mendapat jatah skin gratis dari Moonton sebelum di-revamp total.

Skin ini tersedia di MLBB Shop sampai season 32 ini. Tukarkan 250 premium fragment untuk mendapatkan 250 skin Cursed Shackle sekarang juga.

Baca juga: Rekomendasi 9 Anime yang Bagus untuk Ditonton

Hylos Jungle Watcher (Season 13) 

Hylos Jungle Watcher Season 13 
Hylos Jungler Watcher. Sumber: MLBB

Penampilan Hylos dalam skin Jungle Watcher sangat cocok sebagai sosok pelindung hutan. Dengan penampilan serba coklat ditambah rambut berwarna hijau memperkuat auranya sebagai sosok peri hutan. 

Kalau kamu melewatkan kesempatan untuk mendapatkan skin hero satu ini kamu bisa membelinya dengan 250 fragment premium di MLBB Shop.

Pharsa Enchanting Witch (Season 14)

Pharsa Enchanting Witch
Sumber: MLBB

Kalau dulu kamu melewatkan kesempatan untuk mendapatkan skin gratis Pharsa Enchanting Witch. Sekarang kamu masih bisa mendapatkannya di MLBB Shop dengan harga 250 premium fragment. 

Saat menggunakan skin ini Verri akan berwujud burung hantu. Tentu hal itu untuk memperkentalkan aura seorang penyihir yang kerap bersahabat dengan burung hantu. 

Penampilan Pharsa dalam skin ini terlihat sangat elegan. Dia mengenakan gaun khas penyihir berwarna ungu, topi penyihir yang lebar, dan rambut berwarna putih.

Kalau kamu penegguna Pharsa jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan skin hero satu ini. 

Clint Witch Hunter (Season 15)

Skin Clint Witch Hunter
Sumber: Mobile Legends

Skin Clint Witch Hunter mungkin adalah skin terbanyak yang digunakan oleh para pemain Clint.

Rasanya hampir setiap pertandingan saat bertemu Clint pasti menggunakan banyak player yang menggunakan skin berwarna ungu ini.

Ketika menggunakan skin Witch Hunter, Clint terlihat mengenakan topi khas pesulap. Hingga season 32 kamu masih bisa mendapatkan skin hero Clint di MLBB Shop dengan menukarkan 250 premium fragment.

Baca juga: Rekomendasi Build Hero Chip untuk Damage Tersakit

Eudora Countess Scarlett (Season 16)

Skin Countes Scarlet Eudora
Skin Countes Scarlet Eudora. Sumber: Official Site

Skin ini termasuk skin gratis yang bisa kamu dapatkan pada season 16. Eudora Countess Scarlet mempunyai warna dominan hitam dengan motif berwarna emas. 

Penampilan Eudora dalam skin ini sangat menawan, dis terkesan seperti seorang bangsawan.

Untuk sekelas skin gratis, Countess Scarlet termasuk skin yang lumayan bagus. Sayangnya kamu belum bisa mendapatkan skin ini karena belum tersedia di MLBB Shop.

Cyclops Zombie Bambino (Season 17)

Cyclops Zombie Bambino
Cyclops Zombie Bambino. Sumber: YouTube ac gaming id

Skin Zombie Bambino adalah item untuk hero Cyclops yang bisa kamu dapatkan secara gratis jika mengikuti misi di season 17. Tampilan Cyclops tampak seperti vampire yang telah disegel menggunakan kertas dengan tulisan China.

Kombinasi warna biru, merah, dan hijau pada skin Zombie Bambino sangat bagus. Cyclops lebih terkesan imut daripada mengerikan seperti zombie saat menggunakan skin ini.

Rafaela Star Chaser (Season 18)

Rafaela Star Chaser
Rafaela Star Chaser. Sumber: Youtube Ac Gaming Id

Skin season hero ML Rafaela adalah salah satu item yang bisa didapatkan secara gratis dengan menyelesaikan misi pada season 18.

Saat menggunakan skin ini Rafaela tampak memegang tongkat dengan ujung berbentuk bulan sabit. Pada bagian tengah bulan sabit tersebut terdapat kristal berwarna biru yang memancarkan cahaya. 

Sayangnya dari segi penampilan, skin Star Chaesar belum bisa menggeser skin Rafaela Biomedic dan Seraphic Selfie. Tapi skin gratis ini cukup bagus daripada skin berbahaya Fertility Goddes dan Flower Fairy.

Baca juga: 8 Rekomendasi Roblox Face yang Bisa Dipakai Gratis

Akai Street Enforcer (Season 19)

Akai Street Enforcer
Akai Street Enforcer. Sumber: Youtube

Pada tanggal 20 Maret 2021 giliran hero Tank Akai yang mendapatkan jatah skin gratis dari Moonton. Penampilan akai ketika menggunakan skin ini benar-benar stylish.

Dia tampak seperti preman jalanan yang membawa pemukul baseball. Skin dengan setting serupa juga bisa kalian temui pada hero Ling dan Fanny.

Kaja Crow Magician (Season 20)

Kaja Crow Magician
Kaja Crow Magician. Sumber: Youtube AC Gaming Id

Kalau kamu menyelesaikan misi yang berlangsung pada season 20 pasti sekarang skin Kaja Crown Magician telah menjadi milikmu.

Skin ini sebenarnya tidak terlalu keren tapi lumayan daripada pakai basic skin saat bertanding. 

Dahulu untuk mendapat skin ini pemain hanya perlu bermain mode ranked hingga rank master, sangat mudah bukan?

Penampilan Kaja saat menggunakan skin ini terlihat seperti pesulap. Dia mengenakan topi pesulap yang memberikan kesan horor. 

Gord  New Baron (Season 21)

Gord  New Baron
Gord  New Baron. Sumber: DevianArt

Siapa di antara kamu yang suka menggunakan hero dengan skill ultimate mirip Kamehameha ini? Pada season 21 dulu, Gord mendapat giliran dari Moonton untuk mendapatkan skin gratisnya.

Tentu kalian para penggemar hero Gord tidak ketinggalan dengan event season 21 dahulu.

Ketika kamu menggunakan skin ini, Gord akan mengenakan setelan jas yang elegan. Dari sekian banyak skin Gord, skin season 21 adalah yang menampilkan Gord dalam wujud manusia normal. 

Skin New Baron milik Gord bisa dibilang satu tipe dengan skin spesial Tigreal. Penampilan skill Gord juga semakin keren saat menggunakan skin ini.

Seharusnya ini masuk kedalam kategori skin spesial tapi Moonton berbaik hati memberikan skin New Baron secara cuma-cuma.

Baca juga: Vexana Tank, Pengguna Roam atau Mage Wajib Tahu!

Terizla Rustwreck (Season 22)

Terizla Rustwreck
Terizla Rustwreck. Sumber: Pinterest

Masih dengan penampilannya yang menakutkan, pada season 22 Terizla mendapat jatah skin season gratis dengan warna serba merah.

Terizla tampak mengenakan armour berkarat dan itu memberikan kesan dirinya adalah seoarang hero fighter yang kuat. 

Ketika kamu menggunakan skin ini dan bertarung menggunakan skin ini, efek skill yang digunakan akan tampak berwarna merah darah. 

Masha Spirited Gauntlet (Season 23)

Masha Spirited Gauntlet
Sumber: YouTube Kazuki Official Gaming

Berbeda dengan penampilan bawaannya yang bersifat ethnic. Pada season 23 hero fighter ini mendapatkan skin dengan tampilan modern dimana tangan Masha berbalut sarung tangan besi mirip punya Iron Man.

Di samping itu penampilan Masha dalam skin ini juga sedikit sporty lengkap dengan aksesoris lari yang melingkari pinggangnya.

Kita patut mengapresiasi hadiah dari Moonton yang satu ini. Karena penampilan Masha dalam skin ini tidak terlalu basic.

Sarung tangan robot berwarna orange yang Masha gunakan tampak cocok dipadukan dengan pakaian dan rambut yang berwarna hijau dan hitam. 

Bisa dibilang skin ML season 23 adalah yang terbaik diantara beberapa skin lainnya. 

Grock Ancient Totem (Season 24)

Grock Ancient Totem
Sumber: Youtube Team Oxygen Official

Grock adalah salah satu hero tank ML yang mendapatkan jatah skin dari Moonton di season 24. 

Penampilan Grock dalam skin ini tampak seperti bentuk aslinya lengkap dengan aksesoris topeng kayu dengan bermotif suku pedalaman. 

Baca juga: Karakter Bintang 5 Genshin Impact Terbaik Versi 3.3

Uranus Earthen Relic (Skin Season 25)

Uranus Earthen Relic
Sumber: Devian Art

Pada season 25 hero Uranus mendapat giliran untuk mendapatkan skin season gratis dari Moonton. Skin Uranus season 25 bernama Earthen Relic. 

Dalam wujud skin ini Uranus tampak mengeluarkan aura api berwarna biru. Tubuh uranus terlihat berwarna coklat seperti paving yang ada di game Temple Run lengkap dengan motif hijau lumut sebagai variasinya. 

Moonton selalu membuat skin yang sesuai dengan namanya. Sperti skin Uranus yang ini, penampilannya sangat Earthy sesuai  namanya.

Barats Tribal Chief (Season 26)

Barats Tribal Chief
Sumber: GGWP

Pada season selanjutnya giliran Barats yang mendapatkan skin season gratis yang bernama “Tribal Chief”.

Penampilan Barats saat menggunakan skin ini akan tampak sangat keren. Bahkan efek skill yang digunakan terlihat berbeda dengan skin biasa.

Saat menggunakan skin ini Barats akan mengenakan topeng yang mirip dengan Uka-uka dari game Crash Bandicoot. Sedangkan dinosaurus yang biasa ditunggangi berubah warna menjadi ungu.

Skin ini dibagikan oleh Moonton pada season 26 tepatnya pada tanggal 30 Desember 2022.

Argus Winged Nightmare (Season 27)

Argus Winged Nightmare
Argus Winged Nightmare Sumber: YouTube LUNA ID 

Sama seperti nama skinnya, penampilan Argus dalam skin ini mahluk mitologi yang menyeramkan.

Dalam skin ini Argus tampak mengenakan tudung mirip shinigami, hanya saja pedang yang ia pegang tidak mirip.

Pedang yang Argus bawa di tangan kiri tampak berwarna hijau seperti warna dominan skin ini. Pedang tersebut terlihat berduri dan memancarkan aura hijau.

Meskipun skin gratisan, Winged Nightmare tidak kalah bagus dengan skin berbayar pada umumnya.

Baca juga: Simak! Ini Penjelasan Sepatu Mobile Legends dan Fungsinya

Lapu-Lapu Son of the Wild (Season 28)

skin lapu lapu son of the forest
Source: ICoCow/YouTube

Seperti nama skinnya “Son of the Wild, Lapu-Lapu” dalam balutan skin season 28 tampak seperti seorang pemburu dari zaman purba.

Dalam wujud skin ini Lapu-Lapu mengenakan mahkota berbentuk tanduk binatang. Dipundak kirinya terdapat kerangka sekaligus tengkorak hewan bertanduk.

Sedangkan di pundak kanannya terdapat selempang hewan berbulu yang menyelimuti.

Pedang Lapu-Lapu dalam wujud skin ini tampak berwarna biru dan bergerigi. Dalam tampilan ini lapu-lapu jadi mirip dengan hero fighter Hilda.

Alice Jade Empress (Season 29)

Alice Skin Jade of Emperess
Alice Skin Jade of Emperess. Sumber: VCGamers

Pada season 29 Mobile Legends, Moonton membagikan skin season gratis untuk hero Alice. Dalam skin Jade Empress layaknya seorang kaisar perempuan dengan gaun dan mahkota khas kerajaan.

Alice dalam balutan skin season 29 ini memiliki tampilan dominan berwarna hijau. Bahkan hingga bulu-bulu di sayapnya ikut berwarna hijau.

Baxia Black Tortoise (Season 30)

Baxia Black Tortoise
Baxia Black Tortoise. YouTube GAMERS HEAVEN

Skin season Black Tortoise masih menjadi salah satu skin gratisan dari Moonton yang terbaik.

Meskipun masuk jajaran skin gratis terbaik akan tetapi penampilan Baxia dalam item ini sedikit berubah. Baxia malah jadi mirip Balmond dalam wujud skin ini.

Hanya saja Baxia tidak mengenakan kapak, dia tetap menggunakan dua tameng seperti di skin-skin lainnya. 

Meskipun bernama Black Tortoise akan tetapi tameng Baxia berwarna mirip dengan lambang tier epic. 

Alih-alih menampilkan rupa seekor kura-kura seperti nama skinnya, dalam wujud ini tameng Baxia malah mempunyai bentuk menyerupai burung pemakan daging.

Tapi tetap saja kita harus berterimakasih kepada Moonton karena telah memberikan skin gratis setiap seasonnya. 

Baca juga: 5 Game Endless Runner Terbaik

Yi Sun-shin Surging Torrent (Season 31)

Yi Sun-shin Surging Torrent
Skin Yi Sun-shin Surging Torrent. Sumber: Youtube Elexus

Season 31 kemarin Moonton mengawalinya dengan bagi-bagi skin hero Yi Sun-shin Surging Torrent. Dalam skin ini, Yi Sun-shin mengenakan pakain layaknya seorang pemburu dengan warna dominan biru dan ikat kepala berwarna biru.

Skin ini memberikan efek baru yang lumayan bagus walaupun tidak sebagus skin epic atau skin starlight.

Meskipun merupakan skin gratisan, tapi dari segi tampilan skin ini cukup menarik. Moonton benar-benar berkomitmen untuk menciptakan skin bagus untuk para pemain setianya.

Diggie Underwood Steward (Season 32 )

Skin Diggie Season 32
Sumber: YouTube Perimlbb

Jangan sampai ketinggalan mendapat skin gratis ini! Untuk kamu yang season ini belum sempat login harap segera login dan menyelesaikan 20 kali pertandingan rank.

Setelah menyelesaikan 20 kali pertandingan rank nati, kamu akan berkesempatan untuk mendapat satu buah skin hero ML season 32 Diggie Underwood Steward.

Pokoknya jangan sampai ketinggalan kesempatan mendapat skin gratis Diggie. Segera login dan dapatkan banyak skin murah di bulan April ini.

Sekarang Mobile Legends juga sedang mengadakan banyak event, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan skin dengan hanya modal satu diamond.

Nah, buat kamu yang mau top up diamond murah dan cepat, langsung saja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!