Siap-siap, PS5 Pro Rilis 2024!

PS5 Pro Rilis 2024

Setelah PS5 versi Slim di rilis pada quartal akhir 2023 kemarin, publik-pun menunggu-nunggu kapan PS5 Pro akan dirilis.

Kehadirannya tentu akan membuat seluruh player konsol gembira. Terutama, mereka yang telah menantikannya.

Nah buat Vicigers yang juga penasaran dengan update-nya, yuk simak liputannya berikut ini!

Baca juga: PS 5 Slim: Rumor Tanggal Rilis, Fitur Hingga Harga

Konsol Sony

Konsol PS5 Besutan Sony
Konsol PS5 Besutan Sony. Sumber: VCGamers (Unsplash)

Setiap konsol yang dilahirkan oleh Sony pasti akan memiliki beberapa versi. Ini sudah menjadi kebiasaan sang developer untuk mengeluarkan beberapa variannya secara berkala.

Tradisi tersebut bahkan sudah dimulai dari era konsol pertama mereka. Muncul pertama kali dengan nama PSX di tahun 1994, konsol ini hadir dengan bentuk yang bulky.

Dan baru pada tahun 2000-an lah versi ‘slim’-nya muncul dan diberi nama PS One. Sejak saat itu, Sony membakukan kebiasaan ini menjadi signature marketing mereka.

Upaya ini dilakukan untuk “memanjangkan umur” masing-masing seri PlayStation. Dengan begitu, Sony bisa memiliki waktu untuk mengembangkan konsol selanjutnya.

Baca juga: Fakta GTA 5 PS5 di 2024, Lebih Cepat dan Realistis!

Versi Slim dan Versi Pro

PS5 Slim dan Pro
PS5 Slim dan Pro. Sumber: VCGamers (Unsplash)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kebiasaan mengeluarkan versi slim pasca perilisan perdana konsol-konsolnya menjadi salah satu ciri khas Sony. Ini juga masih dapat terlihat pada konsol generasi keenam mereka (PS2).

Kebiasaan tersebut bahkan diamplifikasi ketika Sony memasuki era konsol next-gen (PS3). Sang developer mengeluarkan dua versi ramping: PS3 Slim (yang rilis pada 2009) dan Super Slim (2012).

Dengan mengeluarkan dua varian lanjutan, umur PS3-pun dapat bertahan selama 6 tahun! Meskipun nyatanya kedua versi slim PS3 tersebut terlihat sama dan lebih tampak seperti gimmick semata, nyatanya ini merupakan cara jitu Sony untuk menguji strategi lanjutan mereka (yang baru akan terlihat di era generasi selanjutnya).

Dan ketika PS4 akhirnya rilis, Sony-pun menyempurnakan strategi tersebut. Selain mengeluarkan versi Slim, kali ini mereka juga memunculkan varian lain yang diberi embel-embel ‘Pro’.

Tidak hanya keduanya muncul dengan desain yang lebih ramping, namun khusus untuk yang versi Pro, dapur pacu yang dimilikinya-pun dibuat menjadi lebih gahar. Ini dimaksudkan agar konsol tersebut mampu melahap berbagai game triple-AAA yang membutuhkan spesifikasi “gahar”.

Maka tidak heran bila PS4 menjadi salah satu konsol dengan umur terpanjang yang dimiliki Sony (dari tahun 2013 hingga sekarang). Yap, bahkan hingga sekarang, masih banyak game baru yang ikut dirilis pada platform tersebut.

Baca juga: Kode GTA 5 Terlengkap untuk PS3, PS4, PS5, PC, dan Xbox

PS5 Pro Akan Segera Rilis?

Kapan PS5 Pro Akan Rilis?
Kapan PS5 Pro Akan Rilis? Sumber: VCGamers (Unsplash)

Dengan mempertimbangkan kebiasaan Sony tersebut, tidaklah mengherankan bilang para gamers di seluruh belahan dunia meyakini bahwa PS5-pun akan kebagian versi Pro-nya. Indikasi ini diperkuat seiring dirilisnya versi Slim tahun lalu.

Tak hanya itu, game yang rencananya akan mengiringi perilisan PS 6 nantinya-pun (GTA 6) baru akan dirilis akhir tahun 2025 mendatang. Karena itu, Sony masih memiliki jeda waktu untuk “memanjangkan umur” PS5 dengan cara merilis versi Pro-nya.

Melihat urgensi dan limitasi yang ada, maka wajar bila tahun 2024 inilah momen yang paling tepat bagi sang developer untuk merilis varian tersebut. Prediksi ini juga seperti diaminkan oleh pihak Sony sendiri.

Dilansir dari laman IGN.com, pihak official Sony mengakui bahwa penjualan PS5 mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan pada quartal pertama 2024 ini.

Dengan begitu, sudah sewajarnya bila Sony mengeluarkan “jurus” terakhir mereka dalam bentuk perilisan PS5 versi Pro.

Lebih lanjut, pihak IGN juga menyatakan bahwa diperkirakan perilisan PS5 Pro besar kemungkinan akan hadir pada quartal akhir tahun ini. Tentu anggapan tersebut disesuaikan dengan perilisan PS5 Slim yang juga rilis di quartal akhir tahun kemarin.

Ya terlepas apakah benar PS5 Pro akan rilis tahun ini atau bahkan tidak sama sekali, mari kita tunggu saja kabar resmi selanjutnya. Namun untuk amannya, silahkan menabung dari sekarang ya Vicigers!

Baca juga: Apakah Palworld akan Hadir di PS5? Simak Selengkapnya!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai PS5 Pro. Buat kamu yang mau top up produk digital dan game murah serta cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!