PS 5 Slim: Rumor Tanggal Rilis, Fitur Hingga Harga

PS 5 Slim Konsep

Sudah begitu gaung kabar mengenai dirilisnya PS 5 Slim! Tentu kabar ini bukan hanya sekadar kabar burung semata, melihat Sony selaku pihak pengembang selalu memunculkan kategori “Slim” mereka pada berbagai lineup PlayStation sebelumnya.

Kabar ini pun semakin menguat belakangan ini, khususnya mempertimbangkan para pesaing Sony di industri konsol yang juga siap meluncurkan gebrakan di tahun 2024 nanti.

Lantas bagaimana sih perkembangannya? Apakah benar akan segera rilis? Nah buat yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini! Jangan sampai ketinggalan kabar terbarunya ya! Langsung deh cekidot aja!

Baca juga: 7 Hal yang harus kamu ketahui sebelum membeli Playstation 5!!

PS 5 Versi Slim

P5 5 Original
P5 5 Original. Sumber: Official Site

Sebenarnya, kabar mengenai PS5 Slim sudah beredar bahkan sejak perilisan perdananya beberapa tahun silam (2020).

Tentu ini melihat kebiasaan Sony yang selalu menghadirkan konsol versi ramping pada berbagai konsol previous gen, mulai dari PS1 hingga PS4.

Yap, jika diperhatikan dengan baik, sudah menjadi kebiasaan Sony untuk menghadirkan lineup original mereka dengan bentuk awal tampil garang dan lebih gendut. Tentu ini semua dimaksudkan untuk menarik perhatian komunitas gaming di seluruh penjuru dunia.

Ini juga membuka ruang untuk kelangsungan perkembangan produk kedepannya: merilis varian yang lebih ringkas dan tentunya ekonomis sehingga produk-produk mereka mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Strategi ini dianggap relevan, guna menyegarkan pangsa mereka. Yap, ini dapat memperpanjang umur konsol-konsol next gen agar dapat bertahan mendapat support hingga 6-7 tahun lamanya.

Dan setelah hampir tiga tahun lamanya para penikmat PS 5 berjibaku dengan konsol generasi kesembilan mereka, rumor mengenai kedatangan produk Slim-pun bermunculan.

Momen ini dianggap pas, melihat pada instalasi sebelumnya, lineup PS 4 Slim juga keluar pasca 3 tahun peluncuran varian original-nya.

Baca juga: Update PS5 dan Firm Ware, Apa Saja yang Baru?

Rumor PS 5 Slim

Postingan di Twitter isu PS 5 Slim
Postingan di Twitter isu PS 5 Slim. Sumber: Twitter/BWE_dev

Rumor ini semakin menguat lantaran baru-baru ini ada sebuah akun X (dulunya Twitter) dengan nama @BWE_dev yang merilis sebuah postingan mengenai PS 5 Slim.

Postingan ini mendapatkan begitu banyak eksposure lantaran diyakini menguak prototipe produk terbaru PlayStation yang akan datang.

Dilansir dari Forbes, pada postingan tersebut diperlihatkan sebuah unit dari konsol yang diyakini merupakan lineup PS 5 Slim.

Postingan ini dianggap memiliki unsur validitas yang cukup tinggi (meski belum setingkat official releases) karena bersinergis dengan berbagai leaks yang sudah dipaparkan oleh Sony sebelumnya.

Meski banyak pihak yang menyatakan bahwa yang berada pada postingan tersebut hanyalah casing semata (terlihat begitu enteng dan kopong).

Namun dari penampakan bentuknya saja sudah dapat menjadi indikasi yang baik. Ini dapat digunakan untuk menerka fitur-fitur baru yang akan dimunculkan kedepannya.

Baca juga: 5 Game PS5 Terbaik 2023 dengan Grafik Realistis, Rill Banget!

Fitur dan Tema PS 5 Slim

PS 5 Slim Konsep Dengan Detachable Disc Drive
PS 5 Slim Konsep Dengan Detachable Disc Drive. Sumber: WyattCoeDesign (wyattcoe.com)

Ada begitu banyak analis akhirnya dapat memperkirakan fitur-fitur terbaru yang akan diusung PS5 Slim pada peluncurannya kelak. Yap, ini hanya dengan bermodalkan postingan tampilan bentuk di atas saja lho!

Fitur

Jika disikapi dari casing-nya tersebut, terlihat keberadaan dua port USB Type-C tambahan di bagian depan. Port ini tentu belum ada pada unit PS 5 sekarang, baik versi disc-drive maupun digital only.

Namun perubahan yang paling kontras adalah terlihat adanya sebuah garis horizontal yang melintang di tengah-tengah konsol.

Garis ini seakan-akan dihadirkan bukan hanya sekedar untuk ‘aksen’ tampilan semata, namun juga tampak membelah unit konsolnya menjadi dua bagian.

Menurut ulasan Tom Handerson, ia menyatakan bahwa ini adalah sebuah ‘konfirmasi’ dari keberadaan fitur “detachable disc drive”.

Fitur tersebut adalah kemampuan yang diberikan Sony agar versi Slim kelak dapat memiliki pembaca cakram (kaset) yang dapat dilepas pasang.

Terlepas apakah nantinya unit disc drive-nya dijual terpisah sebagai aksesoris tambahan atau tidak, namun yang pasti langkah ini dapat meringkas ukuran dari unit PS 5 ramping kedepannya.

Tema Slim

Meski banyak yang berkilah bahwa apabila unit tersebut tetap dipasang, konsol varian Slim-nya tidak akan terlihat berbeda dengan versi originalnya, namun ini tetap sejalan dengan tema dari PS 5 Slim.

Menurut laman insider-gaming.com, Sony mengemukakan bahwa tema Slim untuk instalasi PS 5 nantinya memang bukan dimaksudkan untuk merampingkan ukuran dari konsol tersebut seperti yang sudah-sudah.

Tema Slim yang diusung PS 5 nantinya akan dimaksudkan untuk merampingkan biaya produksi dan distribusi ke seluruh belahan dunia.

Dan itulah mengapa fitur disc drive yang dapat dilepas diaggap Sony menjadi jawaban yang paling relevan terhadap tema tersebut.

Dengan begitu, Sony tidak perlu kembali merilis varian PS 5 digital only dengan ukuran segendut versi originalnya itu. Ini bisa digantikan dengan varian Slim yang dapat dilepas pasang unit disc-drive-nya.

Dapur pacu dan performa

Hingga saat ini, PS 5 masih menjadi salah satu konsol generasi terbaru (ke-9) dengan performa yang paling mumpuni. Dibekali dengan System on Chip (SOC) Custom 8 inti (core) dari AMD yang bertajuk Zen 2,
chipset ini bisa menghasilkan daya gedor hingga 3.5 GHz.

Walhasil, baik versi disc maupun digital only-nya dapat menghasilkan performa hingga 10.3 teraflops (tflops). Memang jika dibandingkan dengan pesaing terberatnya, yakni Xbox Series X, angka ini masih terbilang minim (performa Series X hingga menyentuh angka 12.16 tflops).

Padahal keduanya menggunakan ‘jeroan’ yang masih terbilang sama. Tentu ini menjadi suatu catatan tersendiri bagi Sony untuk mempertimbangkan aspek performa dari varian Slim dari PS 5 nantinya.

Melihat pertimbangan tersebut, varian Slim-nya nanti besar kemungkinan masih akan menggunakan format dapur pacu yang sama. Hanya saja dengan performa yang sedikit dikurangi, yakni berkisar pada angka 5-6 tflops saja.

Ini dipadankan dengan versi ‘ringan’ dari konsol next gen. Xbox (Series S) dan juga PS 4 Pro, yang memiliki performa sebatas 4 tflops saja.

Baca juga: Cara Menghubungkan Discord ke PS5

Estimasi tanggal Rilis dan Harga PS 5 Slim

Nah, sekarang kita akan membicarakan aspek terpenting yang pastinya paling ditunggu Vicigers deh, iya kan? Yap, pembahasan utama adalah mengenai estimasi tanggap perilisan dan harga dari PS 5 varian Slim.

Yang perlu diperhatikan adalah pangsa pasar yang dituju oleh varian Slim ini nantinya. Sesuai dengan paparan di atas, tentu varian Slim ini dimaksudkan untuk menyaingi lineup Series S dari Xbox, serta next gen. console milik Nintendo nantinya.

Melihat perkembangan industri saat ini, harga dari PS 5 Slim tidak akan terpaut jauh dari Xbox Series S. Yap, ini dilakukan agar Xbox tidak memonopoli pasar ‘home konsol’ murah. Walhasil, banyak pihak yang memperkirakan bahwa varian Slim akan berkisar antara 299-349 USD, atau sekitar IDR 4.5-5.5 juta.

Dan untuk tanggal rilisnya, besar kemungkinan varian Slim ini akan dilepas ke publik pada pertengahan 2024. Ini dilakukan untuk meng-counter saturasi industri yang juga menanti kehadiran Nintendo Switch next gen. yang diperkirakan akan hadir pada momen yang sama.

Baca juga: 4 Game Baru yang Bisa Dimainkan pada PlayStation 5 di Awal Perilisan

Nah itu dia tadi pembahasan detail mengenai PS 5 Slim. Nantikan artikel-artikel update mengenai perilisan varian Slim dari PlayStation 5 ini, hanya di platform gaming terbaik se-Indonesia: VCGamers News ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!