Cara Menggunakan BlockAway dan Rekomendasi Situs Proxy Alternatif

BlockAway memungkinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir. Terdapat situs alternatif seperti: 1. CroxyProxy 2. VPNBook 3. WebOProxy
blockaway free proxy server en
Blockaway. Source: VCGamers

Terdapat beberapa situs web yang diblokir di sejumlah tempat seperti sekolah, kampus, tempat kerja, atau bahkan di cafe tempat kamu hangout. Namun, saat ini sudah tersedia solusi mudah untuk mengatasi masalah pemblokiran situs di internet, yaitu menggunakan BlockAway.

Banyak warganet yang mencari BlockAway akhir-akhir ini karena dapat digunakan dengan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Situs web ini memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman yang diblokir oleh Internet Service Provider atau sekolah, kantor maupun tempat umum lainnya.

Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Browser Anti Blokir Terbaru

Apa Itu BlockAway?

blockaway logo
Logo BlockAway. Source: BlockAway

BlockAway adalah situs web proxy server gratis yang memungkinkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir dengan mudah.

Situs web ini bekerja sebagai proxy, yang berarti BlockAway akan meneruskan permintaan kamu ke server lain dan kemudian menampilkan hasil website yang kamu inginkan.

Layanan semacam ini tersedia secara grati tetapi juga ada yang berbayar. Kamu bisa membeli layanan premium seharga $3,5 atau sekitar Rp57.000.

Ketika menggunakan versi premium kamu dapat mengakses serever lebih cepat, bebas iklan, bebas akses ukuran file, video, dan layanan lainnya.

Mengutip dari beberapa sumber, kabarnya layanan ini sudah tersedia dalam bentuk aplikasi untuk Android dan iOS. Akan tetapi, saat kami mengonfirmasi di situs resminya, tidak ada informasi atau link untuk mengunduh aplikasi BlockAway.

Sehingga kami akan menjelaskan cara menggunakan BlockAway dengan menggunakan browser di komputer maupun laptop.

Baca juga: 5 Rekomendasi VPN Gratis untuk PC Terbaik 2023!

Fitur Blockaway

Fitur Blockaway
Fitur Blockaway. Source: Telset.id

Situs ini memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai situs yang diblokir di negaramu. Sebenarnya fitur utama platform ini hanya itu.

Namun, kamu juga bisa mengakses beberapa situs menggunakan beberapa pilihan server.

Fitur ini akan sangat membantumu ketika gagal mengakses situs yang diblokir di server negara tertentu. Platform ini sangat mudah digunakan.

Fitur-fiturnya mempermudah kamu untuk mengakses berbagai informasi dari seluruh dunia.

Selain itu kamu juga bisa menafaatkan fitur share link. Dengan cara ini temanmu bisa mengakses situs menarik yang kamu temui melalui tautan yang kamu kirim.

Namun, perlu kamu tahu jika tautan yang kamu kirim ke temanmu hanya bertahan beberapa menit saja.

Cara Menggunakan BlockAway di PC atau Laptop

Cara Menggunakan BlockAway di PC atau Laptop
Cara Menggunakan BlockAway di PC atau Laptop. Source: Freepik

Sebelum melanjutkan perlu kamu ingat kalau memilih proxy server pastikan kamu memperhatikan beberapa poin seperti:

  • Kecepatan proses transfer data;
  • Anonimitas dan kemampuan untuk menjelajahi situs web yang diblokir;
  • Kemampuan mengakses situs tanpa merusak konten didalamnya.

BlockAway juga memberikan kamu beberapa keuntungan yang tidak semuanya dimiliki oleh layanan proxy server gratis lainnya.

Layanan BlockAway mencakup akses video tanpa batas di YouTube, situs video lainnya atau jejaring sosial; pilihan server proxy Eropa dan AS; tidak perlu konfigurasi browser atau sistem operasi yang ribet; memiliki fitur berbagi tautan proxy dengan teman.

Sudah tidak sabar mengetahui bagaimana cara menggunakan layanan proxy server gratis ini? Berikut adalah beberapa langkah mudah menggunakan BlockAway untuk membuka situs web yang terblokir:

Langkah 1: Matikan Antivirus

Jika kamu tidak menggunakan antivirus tambahan di perangkat kamu, sebenarnya situs web ini tetap dapat terbuka dengan baik.

Namun jika kamu menggunakan antivirus tambahan apalagi yang langsung terintegrasi dengan browser, sebaiknya matikan dahulu fungsi antivirus tersebut, karena beberapa diantaranya membaca situs web BlockAway sebagai halaman berbahaya.

Tapi, berbahaya atau tidaknya, tergantung bagaimana kamu bijak dalam membuka situs web yang terblokir di layanan ini.

Langkah 2: Buka Situs

Selanjutnya, buka situs web BlockAway dengan mengklik tautan ini. Situs web ini setidaknya menyediakan 16 bahasa yang dapat kamu pilih, namun default bahasa yang digunakan tetaplah bahasa Inggris.

Jika kamu ingin menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa lainnya, kamu tinggal klik toggle bahasa lainnya di bagian tengah atas.

Langkah 3: Masukkan URL Situs Web yang Ingin Kamu Akses

Pada halaman utama, terdapat kolom teks di mana kamu dapat memasukkan alamat situs web yang ingin kamu akses. Masukan URL secara lengkap seperti contoh berikut “http://” atau “https://”.

Apabila memasukan URL tidak lengkap seperti contoh “reddit.com” hal tersebut dapat menyebabkan proses mengalami “timed out”.

Langkah 4: Pilih Server (Layanan Premium)

Apabila kamu berlangganan premium maka pilih server yang paling cepat dan stabil. Akan tetapi, jika menggunakan BlockAway versi gratis maka sistem yang akan menentukan server terbaik untuk mengakses situs.

Langkah 5: Akses Situs Web

Setelah beberapa step di atas, kamu akan diarahkan ke situs web yang ingin kamu akses. Kamu dapat menjelajahi situs web tersebut dengan bebas tanpa khawatir terblokir.

Kamu dapat menggunakan bookmark pada browser untuk mengakses situs web yang diblokir dengan lebih mudah.

Selain itu kamu juga bisa membagikan permalink ke orang lain. Cara ini memungkinkan  orang lain dapat mengakses situs terblokir hanya menggunakan tutan dari BlockAway yang kamu bagikan.

Tautan dari BlockAway hanya berlaku selama tiga jam saja, setelah melewati waktu kamu perlu membuat ulang tautan menggunakan URL.

Baca juga: Cara Download VPN untuk PC dengan Mudah dan Cepat

Keuntungan dan Manfaat BlockAway

Situs Proxy Alternatif
Ilustrasi Proxy. Source: YouTube.

Jika kamu menggunakannya dengan bijak, beberapa keuntungan bisa kamu rasakan saat menggunakan BlockAway, seperti:

Anonimitas

Kamu bisa menjaga privasi dan anonimitas kamu saat menggunakan layanan ini, karena BlockAway pada dasarnya menyembunyikan alamat IP kamu.

Kecepatan

Apabila kamu menggunakan secara gratis layanan ini, dan kebetulan kamu sedang mendapatkan pilihan server yang baik, maka kamu akan mendapatkan pengalaman berselancar di internet dengan kecepatan yang stabil saat membuka website yang terblokir.

Hampir tidak terasa kalau kamu sedang membuka halaman website dengan proxy server gratisan!

Keamanan

BlockAway Proxy menggunakan enkripsi untuk melindungi data saat kamu berada di jaringan mereka. Namun, jangan terlena dengan semua hal itu, karena keamanan tersebut akan percuma jika kamu tidak pintar-pintar memilih website yang ingin kamu buka.

Server Eropa dan AS

Setidaknya, sangat jarang proxy server gratisan yang menyediakan server Eropa dan AS. Namun, BlockAway memanjakan kamu dengan menyediakan pilihan server tersebut untuk kamu dapat terhubung ke internet.

Baca juga: VPN Mobile Legends Anti Banned, Aman dan Stabil

Risiko Menggunakan BlockAway

Risiko Penggunaan
Situs terlarang. Source: YouTube.

Meskipun situs ini menawarkan solusi untuk mengakses situs web yang diblokir, terdapat beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya.

Keamanan dan Privasi

Saat kamu membaca di bagian keuntungan menggunakan layanan ini, kamu tidak salah saat membaca bahwa berselancar di internet menggunakan BlockAway membuat kamu lebih aman karena jaringan yang kamu gunakan tersebut telah terinkripsi.

BlockAway menggunakan proxy server untuk mengalihkan traffic internet kamu. Hal ini memungkinkan pihak ketiga untuk melihat dan memanipulasi data kamu, termasuk informasi pribadi dan sensitif. Jadi bijak dan berhati-hatilah saat menggunakannya.

Malware dan Virus

Situs web yang diblokir sering kali mengandung malware dan virus yang dapat membahayakan perangkat kamu.

BlockAway tidak dapat mendeteksi dan mencegah hal tersebut, sehingga perangkat kamu berisiko terinfeksi.

Sebaiknya, kamu tetap memperhatikan keamanan selama berselancar di internet menggunakan layanan ini, karena hari sial tidak ada yang tau kapan akan terjadi.

Namun untuk antisipasinya, kamu dapat menggunakan profile browser baru atau profil incognito agar data-data kamu setidaknya lebih aman. Hindari web yang menanyakan izin akses mencurigakan, seperti akses ke file, lokasi, audio, dan lainnya.

Legalitas

Penggunaan BlockAway untuk mengakses situs web yang diblokir dapat melanggar kebijakan internet di beberapa negara.

Hal ini dapat mengakibatkan sanksi hukum, seperti denda atau pemblokiran internet. Pastikan kamu menggunakan layanan ini hanya untuk hal-hal yang bermanfaat, seperti mencari informasi leak tentang berbagai game di forum luar seperti Reddit atau sebagainya.

Ketergantungan

Penggunaan BlockAway secara terus-menerus dapat membuat kamu terbiasa mengakses situs web yang diblokir, yang dapat berdampak negatif pada produktivitas dan kesehatan mental.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara menggunakan BlockAway atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang layanan ini, kamu dapat mengunjungi situs web BlockAway atau menghubungi tim dukungan mereka.

Situs Alternatif yang Serupa BlockAway </h2>

Situs Proxy Alternatif
Ilustrasi Proxy. Source: YouTube.

Terdapat situs alternatif yang dapat berfungsi seperti situs BlockAway, berikut penjelasan lengkapny:

CroxyProxy

CroxyProxy adalah situs pertama yang bisa menjadi alternatif. Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengakses video, mesin pencari, jejaring sosial, layanan email, dan masih banyak lainnya.

Pengguna dapat menggunakan CroxyProxy secara gratis untuk mengakses konten YouTube, Google, dan Facebok yang terblokir.

VPNBook

Situs selanjutnya yang bisa menjadi altertantif adalah VPNBook. Kamu bisa berselancar dengan aman dari peretasan saat menggunakan VPNBook.

Pasalnya VPNBook dirancang dengan teknologi terkini dan teknik kriptografi cangih sehingga sangata aman.

WebOProxy

WebOProxy adalah layanan proxy web gratis yang punya fitur canggih dan didukung oleh jaringan Tor.

Jaringan Tor merupakan jaringan anonim yang memungkinkan pengguna menjelajahi situs dengan aman dan tersembunyi.

Saat menggunakan layanan pengguna dapat menembus filter sehingga dapat menembus situs yang diblokir secara anonim.

Zalmos Web Proxy 

Zalmos Web Proxy merupakan situs proxy berbasis web yang dapat diakses secara gratis tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Zalmos akan memudahkan kamu untuk mengakses situs web yang diblokir oleh sekolah atau negara.

Baca juga: Cara Download VPN untuk PC dengan Mudah dan Cepat

Disclaimer: kami tidak menganjurkan kamu untuk mengakses situs yang diblokir. Artikel ini hanya sekedar menginformasikan jika kamu memang membutuhkannya. Tetap menggunakan internet dengan bijak.

Buat kamu yang ingin membeli produk digital dan top up game murah dan cepat, yuk langsung saja ke VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!