Kapan PS4 Dirilis: Original, Sim dan Pro

Buat yang belum paham mengenai sejarah kapan PS4 dulu dirilis, bisa banget cek berbagai detail dan seluk beluknya di sini!
Kapan PS4 dulu dirilis?
Kapan PS4 dulu dirilis?. Sumber: VCGamers

Mungkin ada beberapa yang bertanya-tanya kapan PS4 dirilis. Nah, kali ini kita akan mengulas tentang sejarah dan detail konsol yang satu ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Buat yang penasaran, yuk simak ulasannya hingga habis! Dengan begitu, buat kalian yang mungkin masih penasaran dan masih ingin mencoba memainkan konsol ini, bisa dapat lebih banyak informasi dan rekomendasi tambahan. Yuk cekidot!

Baca juga: Kapan Jadwal Rilis PS6? Simak Bocorannya di Sini!

Sejarah Industri Gaming

Sejarah PlayStation
Sejarah PlayStation. Sumber: VCGamers

Kata siapa belajar sejarah itu enggak seru, ngebosenin, dan bikin ngantuk? Bisa jadi itu kalau Vicigers belajar sejarah yang ada di kelas. Sedangkan kalau di sini yang kita pelajari pastinya sejarah gaming dong!

Dan kalau belajar sejarah gaming, yakin deh Vicigers enggak akan sampai bosen apalagi ketiduran. Yap, perkembangan industri ini dari masa ke masa akan selalu menarik untuk diperbincangkan.

Jika melihat sepak terjang Sony Interactive Entertainment, para gamers pasti sudah tidak akan meragukan kemampuan dan portofolio mereka dalam menetapkan standar tertinggi di industri ini.

Kejayaan mereka seakan sangat sulit untuk dilunturkan. Para pesaing besar yang sudah melakukan riset bertahun-tahun sekalipun tidak dapat menggoyang dominasi yang dimiliki sang legenda.

Yap, lineup PlayStation miliknya memang masih menguasai pangsa pasar home console dunia hingga saat ini. Salah satunya adalah Game PlayStation 5 yang akan Rilis di Tahun 2021 yang datang sebagai next gen. konsol generasi ke-9.

Meski begitu, bukan berarti Sony lantas melupakan keberadaan konsol previous gen.-nya yakni PlayStation 4. Hingga sekarang, konsol besutannya itu masih mendapatkan full support serta berbagai game terbaru yang rilis di pasaran.

Baca juga: Games PS4 Terbaik yang Masih Layak Dimainkan 2023!

Kapan PS4 dulu dirilis dan harga jualnya?

Stick PS 4
Stick PS 4. Sumber: VCGamers

Masih mendapatkan support? Memangnya kapan sih PS4 dirilis? Yap, pertanyaan seperti itu memang sering kali diajukan oleh para penggiat gaming di industri ini.

PlayStation 4 Original

PlayStation 4 pertama kali dikeluarkan pada quartal akhir tahun 2013, tepatnya pada 15 November. Ini berlaku untuk region Benua Amerika bagian Utara (North America – NA). Sedangkan untuk lingkup global (PAL), rilis pada tanggal 29 di bulan yang sama.

Uniknya, untuk region Jepang sebagai negara asal PlayStation malah dirilis paling belakangan yakni pada 22 Februari 2014. Maka jika dihitung-hitung, konsol milik Sony yang satu ini sudah hampir berumur 1 dekade.

Harga PS 4 original kala itu dibanderol USD 400, atau sekitar IDR 6 jutaan. Tentu harga tersebut akan membengkak ketika masuk ke tanah air, melihat pada saat itu PlayStation belum memberikan support official di Indonesia.

PlayStation 4 Slim

Setelah kesuksesan itu, seperti biasa, Sony lebih lanjut merilis versi Slim-nya. Ini dilakukan pasca tiga tahun setelah perilisan model perdananya, yakni pada 7 September 2016. Ini bukan sesuatu yang baru, melihat strategi yang sama juga acap kali diterapkan pada berbagai lineup PS sebelumnya.

Sedangkan untuk PS 4 versi Slim, dengan dimensi serta dapur pacu yang tentu lebih minim dari versi originalnya, dihargai sebesar USD 300 atau sekitar IDR 4,5 jutaan (belum termasuk tambahan-tambahan).

PlayStation 4 Pro

Dan untuk pertama kalinya Sony-pun mengadopsi strategi model ‘Pro’ (merujuk pada unit baru yang lebih powerful) pada lineup PlayStation 4-nya.

PS 4 Pro ini hadir dua bulan setelah versi Slim rilis, atau bertepatan pada 10 November di tahun yang sama. Dan untuk harga PS 4 Pro, banderolnya masih sama dengan edisi originalnya yaitu sebesar USD 400.

Baca juga: Cheat Grand Theft Auto 5 untuk PS4, Ada Gravitasi Bulan!

Relevansi PS4

Sampai kapan PS 4 bisa support?
Sampai kapan PS 4 bisa support?. Sumber: VCGamers

Meski terbilang tua, namun kemajuan teknologi Sony di masa itu tetap mampu menghasilkan rekayasa engineering mumpuni. Ini terlihat dari prosesing power serta performance milik PS 4 yang mencapai 1.84 teraflops (tflops).

Sedangkan untuk yang varian PS 4 Pro, dapur pacu miliknya bahkan hingga bisa menghasilkan daya gedor 4,2 tflops! Angka tersebut tampil lebih garang bila dibandingkan dengan home konsol ‘ekonomis’ terbaru generasi ke-9 milik Xbox, yakni Series S: di atas kertas hanya berkisar di angka 4 tflops.

Sedangkan Switch, selaku lineup terbaru besutan Nintendo, masih tetap dapat survive di ketatnya persaingan industri konsol modern. Padahal konsol hibrida yang satu ini hanya memiliki ambang performa sebanyak 1 teraflops saja.

Gambaran di atas tentu memperlihatkan bahwa PS 4 masih cukup mampu untuk ‘melahap’ berbagai game kekinian hingga saat ini.

Baca juga: Cheat GTA 5 PS3 Helikopter, Mobil, Motor, dan Sepeda

Nah itulah pembahasan mengenai kapan PS4 dirilis. Jangan lupa, Top Up Game Murah, Cepat dan Aman di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!