Kapan Jadwal Rilis PS6? Simak Bocorannya di Sini!

Jadwal Rilis PS6

PS5 baru saja dirilis pada November 2020 lalu oleh Sony. Namun kabar tentang perilisan PS6 sudah mulai muncul.

Banyak pihak yang mulai berspekulasi tentang kehadiran PS6 di kalangan penggemar PlayStasion.

Kali ini kita akan mengulas tentang hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari simak artikelnya!

Baca juga: State of Play Hadirkan Game Terbaru PlayStation

Prediksi Jadwal Rilis PS6

Jadwal Rilis PS6
PS6 Dikabarkan Rilis 2028. Source: PlayStation/Youtube

Pada sebuah artikel dari PlayStation Universe yang memuat tentang proses pembuatan PS5 Pro, seorang insider game bernama Tom Henderson menjelaskan bahwa generasi PlayStation selanjutnya yaitu PS6 kemungkinan akan dirilis pada tahun 2028.

Kabar ini juga selaras dengan bocornya tanggal perilisan PS6 dari sebuah dokumen resmi milik Sony. Dokumen tersebut berisi informasi bahwa PS6 kemungkinan akan dirilis setelah tahun 2027.

Dokumen yang dulunya rahasia ini sekarang tersedia untuk dibaca oleh publik. Hal ini sebagai bagian dari penyelidikan lanjutan oleh Competition and Markets Authority (CMA) Inggris tentang kesepakatan Microsoft Activision yang tertunda.

Dokumen tersebut berbunyi “Saat SIE meluncurkan generasi selanjutnya dari konsol video game PlayStation (yang kemungkinan akan dirilis sekitar [dihapus]), itu akan kehilangan aksesnya pada Call of Duty dan game lain dari Activision.”

Meskipun tahun perilisan dalam dokumen yang memiliki 22 halaman tersebut telah dihapus, kesimpulan kecil dari informasi dalam dokumen itu disebut juga mengarah pada jadwal rilis PS6 setelah tahun 2027.

Sejak PlayStation original pertama diluncurkan pada tahun 1994, konsol game ini biasanya memiliki siklus antara 11 hingga 13 tahun.

Sementara itu, konsol video game sebelumnya yaitu PS5 baru saja diluncurkan pada bulan November 2020 yang lalu. Berdasarkan jadwal rilis PS6 dalam dokumen tersebut, PS5 akan mengalami siklus pergantian yang singkat.

PS5
PS5. Source: PlayStation/Youtube

PS5 akan memiliki life-cycle hanya 7 tahun saja dibandingkan dengan konsol game PlayStation yang lainnya. Namun sebelum pergantian tersebut dilakukan, PS5 Pro dikabarkan akan dirilis dalam waktu dekat ini.

Sebuah sumber mengklaim bahwa generasi baru dari PS5 ini akan mempunyai disk drive yang bisa dilepas. Disk drive ini akan terhubung dengan konsol game menggunakan USB-C di belakang.

Baca juga: PS5 Pro Segera Dirilis, Simak Spesifikasinhya di Sini!

Harga PS6

Prediksi Harga dan Jadwal Rilis PS6
Prediksi Harga PS6. Source: PlayStation/Youtube

Untuk harga resmi nantinya akan diungkapkan setelah Sony mengumumkan secara langsung kapan PS6 akan diluncurkan. Namun, rumor yang beredar mengatakan bahwa PS6 kemungkinan akan dibanderol dengan harga $400 – $500.

PS6 juga kemungkinan akan memiliki harga yang lebih mahal karena belum adanya pengumuman resmi tentang software, hardware, maupun upgrade yang akan muncul saat perilisannya nanti.

Fitur PS6

Jadwal Rilis PS6
Fitur Yang Mungkin Ada Pada PS6. Source: PlayStation/Youtube

Sama seperti harganya, upgrade dan fitur-fitur yang akan digunakan dalam PS6 masih belum dapat dipastikan. Berikut adalah beberapa fitur yang mungkin akan muncul di PS6.

  • Built-in wireless, seperti adanya fitur wireless charging yang termasuk adapter wireless untuk headset pada konsol game.
  • Penyimpanan tambahan sehingga jika internal hard drive tidak memiliki kapasitas yang sesuai dengan keinginan, pengguna bisa menambahkannya dengan mudah seperti menggunakan model plug-and-go.
  • Integrasi Virtual Reality (VR), saat ini untuk mendapatkan benefit dari game virtual reality, pemain harus membeli perangkat lain secara terpisah. PS6 diharapkan bisa menyertakan motion controllers dan headset dalam satu box.
  • Desain yang lebih minimalis, beberapa orang berkeinginan agar PS6 dibuat lebih minimalis dari PS5 yang tinggi. Sehingga memudahkan mereka untuk menaruh barang-barang lain disekitarnya dengan lebih nyaman.
  • Peningkatan UI, peningkatan pada user interface nantinya mungkin memiliki akses yang lebih mudah dalam web browser bawaan seperti di konsol PS lainnya.
  • Peningkatan modular, yang memungkinkan pemilik PS6 untuk meningkatkan hardware dan komponen lain tanpa harus membeli konsol game baru secara keseluruhan seperti merakit PC. Mungkinkah PS6 akan memiliki fitur ini?
Baca juga: Cheat GTA 5 PS3 Banjir, Mobil, Uang, Kiamat, Kebal, dan Lainnya

    Itulah sedikit bocoran dari jadwal rilis PS6. Bagaimana menurutmu? Apa kamu akan memilih untuk bertahan dengan PS4 atau mengubahnya menjadi PS5 Pro yang akan dirilis dalam waktu dekat ini?

    Jangan lupa, Top Up Game Murah, Cepat dan Aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


    Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

    Yuk isi email kamu di bawah!