PS5 Pro Segera Dirilis, Simak Spesifikasinhya Disini!

PS5 Pro

Saat ini tengah beredar rumor mengenai Sony yang akan merilis konsol terbaru mereka, yaitu PS5 Pro. Bahkan dari kabar yang bertebaran di internet banyak yang memberitahu jika PlayStation 5 Pro ini akan dirilis pada tahun 2023 ini.

Pada versi pro ini tentu akan membawa banyak peningkatan dibandingkan versi regulernya, baik dari segi desain hingga spesifikasi.

Sejauh ini ada beberapa bocoran mengenai PS5 Pro di internet mengenai desain dan spesifikasi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, yuk simak pembahasan berikut ini!

Spesifikasi PS5 Pro

PS5 Pro
Spesifikasi PS5 Pro. Source: digination.id

Berdasarkan informasi yang dibagikan oleh Tez2, nantinya PlayStation 5 Pro akan membawa spesifikasi dengan peningkatan yang signifikan dari terdahulunya. 

Namun, karena ini masih rumor jadinya hingga saat ini belum jelas peningkatan seperti apa yang akan dibawa PlayStation 5 Pro nantinya.

Hingga saat ini belum ada game PlayStation Studios yang bisa support resolusi 8K, meskipun PS5 regular diklaim telah support 8K. 

Dengan akan diluncurkannya PlayStation 5 Pro, diharapkan Sony benar-benar bisa membawa resolusi 8K, bisa menjalankan 60 fps secara konsisten, serta mampu untuk menjalankan game 4K dan ray tracing.

Sedangkan dari segi prosesornya, Sony dikabarkan akan menggunakan prosesor besutan AMD, yaitu AMD Zen 4, serta GPU RDNA-3.

Jika rumor mengenai penggunaan prosesor dan GPU ini benar, maka ini akan jadi salah satu peningkatan di PlayStation 5 Pro. Sebab di versi regulernya menggunakan prosesor AMD Zen 2 dan GPU RDNA-2.

Untuk penyimpanannya sendiri dikabarkan akan mengalami kenaikan dari versi sebelumnya, dari 825 GB menjadi 1 TB. 

Serta untuk pendingin suhunya, PlayStation 5 Pro akan menggunakan water cooling yang biasa digunakan pada PC.

Alasan kenapa menggunakan water cooling seperti ini adalah karena peningkatan spesifikasi pada PlayStation 5 Pro yang akan membuat konsol ini jadi cepat panas jika menggunakan pendingin biasa.

Oleh karena itu, penggunaan water cooling ini dirasa pilihan yang tepat untuk menstabilkan suhu konsol.

Baca juga: Cara Mudah untuk Menghubungkan Controller PS5 ke PC

Desain PS5 Pro

PS5 Pro
Desain PS5 Pro. Source: insider-gaming.com

Menurut kabar yang beredar, nantinya PlayStation 5 Pro akan memiliki tampilan bodi yang berbeda dari pendahulunya.

Hal ini berdasarkan sejarah panjang dari Sony yang sering meluncurkan konsol yang memiliki desain yang berbeda-beda.

Rumor lain mengatakan jika bodi PlayStation 5 Pro akan jadi lebih ramping dari biasanya. Hal itu karena konsol terbaru Sony ini akan menggunakan disk drive yang bisa dilepaskan. 

Dimana dengan fitur ini, nantinya disk drivenya bisa di koneksi menggunakan port USB Type C ke PlayStation 5 Pronya.

Baca juga: Harga PS5 Drop? Cek Harga Terbarunya di Sini

Tanggal Perilisan dan Harga

PS5 Pro
Tanggal Rilis PS5 Pro. Source: Tom Guide.

Berdasarkan riwayat peluncuran konsol PS sebelumnya, diprediksi jika PS5 Pro akan dirilis pada bulan September 2023 ini.

Sedangkan untuk harganya, PlayStation 5 Pro akan dijual dengan harga yang lebih mahal dari versi regulernya, hal itu karena spesifikasi yang dibawa banyak mengalami peningkatan.

Jadi tidak akan mengejutkan jika nanti setelah rilis resmi Sony membandrol PlayStation 5 Pro harga 599 Dollar hingga 699 Dollar atau jika di Rupiahkan sekitar 9,2 juta Rupiah hingga 10,8 juta Rupiah. 

Namun, karena sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Sony, maka bisa saja akan ada banyak perubahan lagi kedepannya baik mengenai spesifikasi ataupun harganya.

Baca juga: Rekomendasi Game PS5 RPG Terbaik 2023, Grafik Keren!

Nah, itulah pembahasan kita mengenai rumor PS5 Pro. Jika nantinya sudah dirilis, apakah kamu akan ikut membeli konsol teranyar ini?

Jangan lupa untuk terus update informasi terkini mengenai Games, Teknologi, dan Gadget hanya di VCGamers News!

Jika kamu mencari tempat untuk top up voucher berbagai jenis game yang aman, cepat, dan mudah kamu bisa menemukan itu semua di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!