Harga PS5 Drop? Cek Harga Terbarunya di Sini

PlayStation 5 Full Package

Kabar tentang harga PS5 drop tentu mengejutkan banyak pihak. Bagaimana tidak? selaku konsol “frontier” generasi kesembilan yang mengusung teknologi terdepan, PS5 begitu diidamkan orang-orang.

Namun kendala terbesar saat ini bagi para gamers adalah harga PS5 yang cenderung enggan membumi. Ini terjadi bukan hanya karena PS5 belum memiliki saingan seimbang secara head-to-head semata, tapi juga karena perbandingan supply-demand yang terlampau jomplang.

Tentu sudah menjadi hukum dalam ekonomi apabila terjadi ‘excess demand’ (jumlah permintaan lebih tinggi dari supply yang ada di pasar), harga suatu komoditas akan membumbung tinggi. Itulah yang terjadi pada PS5 selama ini.

Lantas apakah yang terjadi hingga akhirnya harga PS5 drop? Berikut penjelasannya versi vcgamers.com!

Baca juga: Kelebihan GTA 5 PS5 Dibandingkan Versi PS4, Lebih Cepat!

PS5 Sebagai Konsol Besutan Sony

Playstation5 dan Aksesoris Besutan Sony
Playstation5 dan Aksesoris Besutan Sony. Sumber: VCGamers

PS5 atau PlayStation 5 adalah konsol game generasi kesembilan besutan Sony yang diluncurkan secara global (world wide) pada November 2020. Konsol ini menawarkan performa dan grafis yang lebih baik daripada para pendahulunya.

Lagi-lagi Sony meluncurkan dua varian, yakni versi standar (Disc Version) yang dilengkapi dengan drive 4K Blu-ray untuk memasukkan kepingan kaset game, dan versi digital (Digital Version) yang hanya bisa memainkan game yang diunduh dari internet.

Terdapat penambahan fitur-fitur unik yang di alami oleh PS5 dan tidak dimiliki oleh PS4. Beberapa di antaranya merupakan teknologi terdepan yang dapat ditemukan dipasaran saat ini dan hanya khusus dirancang (custom) untuk konsol terbaru Sony tersebut:

  • DualSense Controller yang memberikan sensasi getaran dan suara yang lebih realistis;
  • Spesifikasi jeroan hardware SoC (GPU & CPU) custom yang dilakukan melalui kerjasama bersama AMD;
  • Penggunaan SSD yang mempercepat waktu loading game hingga 100x lipat;
  • Mounting drive fisik yang mendukung optik Ultra HD Blu-ray;
  • Fitur backward compatibility ke berbagai dukungan PS4;
  • Software baru;
  • dll.

Melalui berbagai pembaharuan tersebut, wajar apabila PS5 sendiri sudah memiliki harga yang selangit dari sananya. Namun tentu itu bukanlah menjadi penyebab satu-satunya yang menyebabkan harga konsol ini menjadi lebih tidak dapat dibendung.

Baca juga: Cara Download PES 2022 di PC, PS5 dan Xbox

Harga yang Selangit

Harga PS5 Drop? Padahal Dulu Selangit
Harga PS5 Drop? Padahal Dulu Selangit. Sumber: VCGamers

Sebenarnya, sudah ada upaya-upaya yang dilakukan dari pihak Sony agar harga konsol terbarunya tidak terlampau begitu ekstrim dan harga PS5 drop.

Namun ini semua tampak seakan sia-sia dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi pasar kala itu.

Sebagai informasi (dilansir dari laman resmi Playstation), harga awal yang dibuka adalah USD 499 untuk versi disc atau sekitar IDR 7 jutaan.

Sedangkan untuk versi digital only-nya dibuka dengan harga USD 399 atau sekitar 5,6 juta.

Pada saat itu jagat gaming (khususnya yang di tanah air) menaruh harapan yang sangat tinggi seiring dengan beredarnya kabar bahwa akan dirilisnya PS5 secara resmi di Indonesia.

Ini merujuk pada kasus yang sudah-sudah, dimana perilisan resmi dapat menjaga fondasi pasar sehingga gap harga tidak terlampau lebar dengan versi negara aslinya sana.

Namun harapan tersebut kandas ketika harga pada perilisan resmi Indonesia (Januari 2022) malah terlampau begitu membengkak.

Harga resmi yang dibuka Sony malah menyentuh IDR 8,7 juta untuk versi disc, dan IDR 7,3 juta untuk versi digital only.

Yang membuatnya semakin tak masuk akal, alih-alih harga tersebut lama kelamaan melemah dan semakin turun, kenyataannya mahan semakin membumbung tinggi.

Pada toko-toko ritel resmi banyak ditemukan harga unit yang dapat menyentuh hingga 9-10 jutaan (untuk masing-masing versi) dan bahkan ada yang lebih!

Baca juga: Rekomendasi Game PS5 RPG Terbaik 2023, Grafik Keren!

Harga PS5 Drop

Harga PS5 Drop Di Luar Negeri
Harga PS5 Drop Di Luar Negeri . Sumber: VCGamers

Sebenarnya pada beberapa minggu terakhir ini, kondisi pasar sudah menjadi lebih stabil. Stok jumlah PS5 di pasaran-pun sudah membludak, sedangkan permintaan sudah jauh menurun.

Ini juga tidak terlepas dari keberlimpahan unit second hand/pre-loved yang beredar di pasaran dalam kondisi yang masih cukup prima.

Sebagian besar unit-unit ini merupakan pemakaian para reviewer/ influencer gaming yang sudah rampung meninjau sang konsol dan ingin agar modal mereka kembali.

Berbagai kondisi di atas membuat harga PS5 drop pada beberapa belahan dunia mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Meski begitu kondisi harga unit PS5 di pasar tanah air bisa dikatakan masih cukup stabil dan belum mengalami adanya penurunan.

Yah, mungkin saja perlu waktu agar kondisi di pasar global itu dapat berimbas ke Indonesia. Kita tunggu saja sama-sama!

Baca juga: Rekomendasi Game MMO PS5 Terbaik 2023, Seru!

Penuhi kebutuhan game kamu hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!