Bisakah Memainkan Game PS4 di PS5? Ini Jawabannya!

Bisakah memainkan game PS4 di PS5? Berdasarkan penuturan dari pihak SONY bahwa kedua konsol ini masih bisa dimainkan secara switch.
bisakah memainkan game PS4 di PS5
Bisakah memainkan game PS4 di PS5. Sumber: Youtube.

Bisakah memainkan game PS4 di PS5? Tentu saja ini menjadi pertanyaan bagi kamu yang ingin tahu kebenarannya. Jika iya, kamu harus membaca artikel ini sampai habis.

Dengan Microsoft mengumumkan detail mengenai Xbox Series X dan Xbox Series S, para gamer sangat menantikan Sony melakukan hal yang sama untuk PlayStation 5. 

Pertanyaan kritis bisakah memainkan game PS4 di PS5? Untungnya, pertanyaan itu sudah dijawab oleh Sony.

Detail lebih lanjut pasti akan datang, tetapi Sony telah mengkonfirmasi bahwa PS5 akan mendukung game PS4. Dalam streaming langsung yang berfokus pada PlayStation, arsitek sistem utama Sony, Mark Cerny.

Bisakah memainkan game PS4 di PS5?

PS4 di PS5
PS4 di PS5. Sumber. GamesRadar.

Belum ada konfirmasi mengenai bisakah memainkan game PS4 di PS5. Sepertinya, berdasarkan penjelasan Mark Cerny, hal tersebut tidak mungkin terjadi. 

Tentu saja, mereka dapat menambahkan game dari generasi konsol sebelumnya ke toko digital. Untuk saat ini, sepertinya hanya game PS4 tertentu saja yang bisa dimainkan di PS5. 

Jangan lupa bahwa game PS4 fisik apapun hanya akan berfungsi di edisi PS5 biasa, karena versi Digital PS5 tidak akan memiliki drive disk.

Menurut Jim Ryan, CEO Sony Interactive Entertainment, sekitar 99 persen game PS4 saat ini didukung di PS5. Awalnya, kami tahu bahwa 100 game PS4 teratas berdasarkan penjualan dan angka lainnya didukung di PS5.

Namun kini terungkap bahwa hampir semua game PS4 bisa dimainkan di PS5. Ini adalah langkah besar bagi Sony, karena komunitas selalu menyukai kompatibilitas mundur. Selain itu, Jim Ryan juga telah mengkonfirmasi bahwa Sony akan mendukung PS4 setidaknya selama 4 tahun ke depan.

Sony telah mengkonfirmasi bahwa kamu tidak dapat memainkan game PS1-PS3 di PS5. Satu-satunya game dari konsol lama ini yang dapat Anda mainkan di PS5 adalah yang menerima port PS4.

Baca juga: Best Game PS5 dan Xbox Series yang Didukung 120fps, Apa Aja tuh?!

Perbandingan Grafik GTA 5 di PS4 Vs PS5

PS4 di PS5
Grafik PS4 dan PS5. Sumber: Tom Guide.

Membandingkan PS4 dengan PS5 pada elemen visual adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan. Versi yang lebih baru menawarkan resolusi 4K, Ray Tracing, peningkatan jarak gambar, dan lainnya.

Framerate yang ditingkatkan pada versi yang lebih baru akan mencapai 60 FPS. Ini tidak dapat diuji sampai game keluar, karena Rockstar belum membagikan trailer gameplay.

Rockstar mengungkapkan detail karies tentang versi yang akan datang melalui dua posting Newswire selama sebulan terakhir. Posting awal berbicara tentang fitur dan peningkatan.

Video Seri GTA juga membandingkan tangkapan layar sebagai veteran Grand Theft Auto dan anggota komunitas yang berharga. Perbedaan pertama di PS5 yang berteriak pada penonton, adalah perubahan yang dilakukan pada pencahayaan.

Dimasukkannya Ray Tracing membuat kehadirannya terasa cukup kuat. Bayangan yang ditimbulkan oleh tanda Vinewood dan elemen lainnya terlihat sangat alami.

Di PS4, lampunya terlalu terang atau terlalu redup, dan keseimbangannya hilang. Demikian pula, bayangannya cukup umum dan tidak meniru kenyataan. 

Bidikan tanda Vinewood menampilkan kota di cakrawala. Gamer bisa melihat beberapa bangunan terjauh dengan mudah. Mereka telah ditampilkan dengan cukup baik juga. Namun, tes dan perbandingan yang realistis akan menjadi panduan yang lebih baik.

Baca juga: Fitur DualSense Edge PS5, Canggih Banget!

Jadi, bisakah memainkan game PS4 di PS5? Tentu saja bisa seperti apa yang telah dikatakan oleh pengembangnya sendiri.

Top Up PlayStation Network Card aman, murah dan cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!