Apa itu eSIM, Ini Kelebihan dan Kekuranganya

esim

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan kartu SIM fisik bersiap-siaplah untuk kedatangan teknologi baru yang bernama eSIM (embedded SIM Card).

Pasalnya SIM non fisik ini sudah mulai dilaunching oleh perusahaan provider di Indonesia, dan iPhone juga sudah mulai beralih menggunakan SIM Card tipe ini.

Baca juga: Rekomendasi HP yang Ada Fitur eSIM Indonesia, Langsung Beli!

Apa itu eSIM?

esim
modem. Sumber: Pinterest

Lalu, apa itu eSIM itu? Dan apa kelebihannya sehingga banyak produsen meluncurkannya akhir-akhir ini? Untuk menjawab itu semua, yuk simak penjelasannya berikut ini!

eSIM adalah sebuah chip yang sudah tertanam dalam smartphone yang memungkinkan smartphone tersebut terhubung dengan jaringan telekomunikasi tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

Dengan menggunakan SIM tipe ini memungkinkan pengguna smartphone untuk berganti ke SIM operator lain tanpa melakukan pergantian kartu terlebih dahulu, sehingga akan memudahkan pengguna.

Secara teori, dengan eSIM membuat kamu bisa menyimpan beberapa profil operator di dalam smartphone dan bisa bertukar operator dengan cepat.

Untuk saat ini, beberapa perangkat smartphone yang sudah kompatibel dengan eSIM antara lain lini iPhone 11 series, 12 series, 13 series, dan 14 series. Selain itu beberapa smartphone android juga sudah bisa seperti Samsung S22 dan S23 series, serta Huawei P40 series.

Baca juga: Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone Lengkap dan Mudah

Sejarah eSIM

esim iPhone
iPhone. Sumber: Pinterest

Awal mulanya dimulai ketika GSM Association pada tahun 2003 mengeluarkan standar untuk SIM embedded yang bisa diprogram dari jarak jauh.

Namun, eSIM baru tersedia di pasaran pada tahun 2016, ketika Apple mengumumkan bahwa iPhone 7 series tidak akan menggunakan SIM card fisik lagi untuk beberapa negara.

Sejak saat itu penggunaannya semakin meningkat karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan.

Hingga saat ini sudah banyak operator telekomunikasi di seluruh dunia yang meluncurkan produk eSIM, sehingga membuat pertumbuhannya semakin meningkat dan berkembang, sehingga mulai memasuki pasar Indonesia.

Baca juga: Rumor Terbaru Huawei Mate 50 Pro Dibekali Baterai Jumbo

Kelebihan Menggunakan eSIM

esim
esim. Sumber: Pinterest

Setelah sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai kelebihannya yaitu fleksibilitas yang ditawarkan, namun kelebihannya tidak hanya itu lho! Berikut adalah beberapa kelebihannya :

Baca juga: Kartu eSIM di Indonesia yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2023

Fleksibilitas

Embedded SIM memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk berganti operator telekomunikasi tanpa harus memasukkan SIM Cardnya terlebih dahulu.

Portabilitas

eSIM membuat smartphone semakin portabel dan juga memudahkan penggunanya untuk tetap terhubung ke dalam jaringan dimanapun mereka berada tanpa harus membawa SIM Card fisik.

Manajemen Jarak Jauh

eSIM memberikan kemudahan kepada operator telekomunikasi untuk memberikan pelayanan secara remote atau jarak jauh, sehingga hal ini mempermudah proses aktivasi dan pengaturan pada smartphone.

Hemat Biaya

Dengan adanya SIM non fisik maka akan membuat operator telekomunikasi bisa mengurangi atau menghemat biaya untuk proses produksi dan distribusi kartu SIM fisik.

Kemudahan dalam Aktivasi

eSIM memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk proses aktivasi kartu, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan aktivasi menjadi lebih singkat.

Baca juga: Mengenal tentang eSIM Smartfren, Pertama di Indonesia!

Kekurangan

sim card
Sim Card. Sumber: Freepik.com

Tidak ada teknologi yang sempurna, begitu juga dengan teknologi yang satu ini.

Dia juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk beralih ke SIM tipe ini.

Supaya nantinya kamu tidak kaget mengetahui kekurangannya. Oleh karena itu, alangkah baiknya kamu terlebih dahulu mengetahuinya. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

Baca juga: Rekomendasi HP yang Ada Fitur eSIM Indonesia, Langsung Beli!

Tidak Kompatibel dengan Smartphone Lama

SIM tipe ini hanya bisa digunakan pada smartphone yang sudah mendukung teknologi ini, sehingga membuat smartphone yang sudah rilis lama tidak bisa menggunakannya. Dan jalan untuk bisa menggunakannya adalah kamu terlebih dahulu mengganti ke smartphone yang baru.

Keamanan dan Privasi

Ketika kamu menggunakan SIM yang satu ini, ada kekhawatiran tentang keamanan dan privasi data pribadi karena adanya akses dari jarak jauh.

Kurangnya Ketersediaan

Untuk saat ini eSIM masih menjadi barang langka, hal itu karena saat ini belum banyaknya operator telekomunikasi di Indonesia yang menggunakan teknologi ini.

Demikianlah pembahasan mengenai eSIM, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi ini merupakan teknologi yang sangat menjanjikan, walaupun ada beberapa kekurangannya. Tentunya teknologi ini akan semakin berkembang kedepannya, sehingga bisa menjangkau banyak pengguna di masa depan.

Baca juga: Cara Memilih Prosesor Laptop Gaming, Catat Ini!

Ikuti informasi Tech and Gadget lainnya di VC News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!