Cara Memilih Prosesor Laptop Gaming, Catat Ini!

Cara Menghubungkan Oculus ke PC

Cara memilih prosesor laptop sepertinya sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, terutama untuk gaming. Berkat varietas yang terus berkembang, semua orang dapat dengan mudah membeli sesuai dengan anggaran mereka. Namun, kamu harus berhati-hati saat memilihnya agar tidak tersesat saat menggunakannya.

Jadi, apa cara memilih prosesor laptop untuk gaming? Selain merek, perhatikan detail yang diberikan oleh penjual. Prosesor adalah satu dari sekian banyak komponen yang sebaiknya mulai diperhatikan. Pasalnya, komponen tersebut bekerja layaknya ‘otak atau inti’ dalam laptop. 

Prosesor berkualitas pastinya bakal melancarkan berbagai kegiatan, dari browsing di dunia maya hingga merancang video profesional. Nah, untuk memudahkan kamu menemukan prosesor terbaik untuk laptop, simak cara memilih prosesor laptop untuk gaming di bawah ini!

Cara Memilih Prosesor Laptop Gaming

Makin tinggi kecepatan GHz atau banyaknya jumlah core prosesor nggak selalu mutlak membuat suatu prosesor akan lebih baik performanya ketimbang prosesor yang punya angka lebih rendah. 

Bandingkan Benchmark

cara memilih prosesor laptop
melakukan perbandingan benchmark 2022

Pertanyaannya, bagaimanakah cara kita mengetahui mana prosesor yang paling mumpuni? Jika kamu dihadapkan dengan banyak opsi, cara paling bijak untuk membandingkannya adalah lewat komparasi benchmark.

Sederhananya, benchmark merupakan penilaian berdasarkan performa secara keseluruhan. Artinya, kamu bakal tahu seberapa baik performa dari suatu prosesor secara real, bukan dari ulasan atau rating konsumen/kritikus. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, “angka” yang tertera pada brosur bukan menjadi acuan di benchmark. Nantinya, aplikasi benchmark akan menghitung seberapa mumpuni performa prosesor yang kamu pilih. 

Jumlah Core Prosesor Juga Harus Diperhatikan

cara memilih prosesor laptop
cara memilih prosesor laptop gaming

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa jumlah core (core atau thread) dalam sebuah prosesor tidak sepenuhnya mempengaruhi kinerja secara keseluruhan. Pernyataan ini benar. Namun, ini tidak berarti bahwa kamu harus benar-benar melupakannya, sehingga aspek ini tidak diperhatikan.

Hal yang perlu kamu ketahui tentang inti prosesor adalah jumlahnya. Saat ini, jumlah inti prosesor yang tersedia di pasar adalah dua, empat, enam, dan delapan utas. Pada dasarnya, semakin banyak core, semakin baik kinerja multitasking prosesor.

Mulai sekarang, kamu juga harus memperhatikan kompatibilitas game dengan inti prosesor. Misalnya, untuk memainkan GTA V, kamu perlu membeli prosesor dengan empat inti atau lebih. Karena game ini sudah tidak bisa lagi dimainkan di prosesor dual core.

Pertimbangkan Generasi Prosesor

cara memilih prosesor laptop
cara memilih prosesor laptop

Jika ingin mengikuti perkembangan teknologi, kamu mungkin tahu bahwa prosesor memiliki generasi yang berbeda, bahkan jika mereka dari jenis yang sama. Misalnya, prosesor Intel saat ini berada di generasi ke-10 dan sedang mempersiapkan generasi ke-11.

Perbedaan generasi ini menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memilih prosesor. Pasalnya, prosesor yang generasinya lebih matang tentunya memiliki performa yang lebih baik dan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan pendahulunya yang sejenis.

Dari situ, kamu juga perlu mempertimbangkan prospek prosesor yang kamu pilih untuk beberapa tahun ke depan. Secara umum, prosesor saat ini akan tersedia dalam 4-5 tahun ke depan.

Untuk itu, memilih prosesor generasi terbaru merupakan langkah bijak daripada memaksakan prosesor yang performanya lebih baik namun sudah ketinggalan zaman.

Baca juga: 5 Tips PC Gaming Untuk Meningkatkan Performanya

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

cara memilih prosesor laptop
cara memilih prosesor laptop

Tentunya sebagai seorang gamer hardcore, performa gaming PC/laptop menjadi prioritas utama saat memilih komponen seperti prosesor. Bisa dimaklumi jika kamu menginginkan prosesor mahal yang performanya di atas rata-rata.

Misalnya, kamu lebih fokus meningkatkan kinerja dengan membeli PC/laptop gaming dengan prosesor kelas atas. Bahkan, kamu juga harus memperhatikan komponen lain seperti kartu grafis (VGA), layar, teknologi pendingin untuk efisiensi kinerja. 

Alangkah bijaksana jika kamu memilih prosesor yang setidaknya di atas rata-rata. Soalnya, kamu masih bisa melakukan overclock alias, yang akan meningkatkan kinerja CPU jika memiliki “K” atau “X” di belakangnya.

Itulah sederet cara memilih prosesor laptop untuk gaming. Kesimpulannya, bagus atau tidaknya kinerja prosesor berbanding lurus dengan harganya.

Baca juga: 5 Tips PC Gaming Untuk Meningkatkan Performanya

Semakin mahal harganya, semakin yakin prosesor tersebut akan memberikan performa tertinggi. Jika kau berhati-hati dalam memilih, kamu juga bisa mengurangi budget untuk membeli PC/laptop gaming dengan harga yang lebih murah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Komentar

  1. Rating

    I want to buy a budget but good gaming laptop. Thanks for the tips. Now I know what I need!