Kartu eSIM di Indonesia yang Bisa Kamu Coba di Tahun 2023

Kartu eSIM di Indonesia

Kartu eSIM di Indonesia sudah bisa kamu coba. Beberapa provider sudah menyediakan layanan ini untuk beradaptasi pada perkembangan teknologi.

ESIM sendiri adalah singkatan dari Embedded SIM atau sebuah kartu SIM yang tertanam. Kamu tidak perlu membeli kartu SIM fisik konvensional untuk bisa menikmati internet.

Dengan kata lain, kehadiran eSIM akan menggantikan peran kartu SIM konvensional untuk meningkatkan efisiensi para pengguna smartphone.

Baca juga: Mengenal tentang eSIM Smartfren, Pertama di Indonesia!

Apa itu eSIM?

Kartu eSIM
Ilustrasi kartu eSIM.

Lantas, apa sebenarnya eSIM itu menurut pengertian secara umum? Mudahnya, eSIM ialah versi digital dari adanya kartu SIM (Subscriber Identity Module).

Ketika kamu memiliki eSIM, kamu tak perlu repot-repot bongkar pasang kartu SIM ke dalam HP yang kamu gunakan. Sebab eSIM sendiri akan tertanam di dalam motherboard HP kamu.

Jadi, nantinya kamu akan bisa mengaktifkan dan mengubah layanan jaringan seluler kamu tanpa perlu pasang copot kartu SIM fisik yang selama ini kamu gunakan.

Kecanggihan ini dipastikan akan membuat eSIM sebagai pilihan terbaik di masa depan mengingat eSIM dinilai sangat, praktis, efisien dan efektif. Apakah kamu tertarik?

Daftar Kartu eSIM di Indonesia yang Sudah Bisa Kamu Coba

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa provider yang menyediakan layanan eSIM. Beberapa di antaranya adalah Smartfren, Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

Layana eSIM ini juga bisa kamu coba di perangkat iPhone ataupun Pixel. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah kompatibel agar bisa optimal.

Kartu eSIM di Indonesia – Indosat Ooredoo

Teknologi eSIM Indonesia
Teknologi eSIM Indonesia oleh Indosat

Kamu merupakan penggemar berat provider Indosat Ooredoo? Jika benar, ada kabar baik buat kamu. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk mencoba eSIM Indosat Ooredoo.

  • Cek terlebih dahulu apakah HP kamu sudah kompatibel dengan eSIM Indosat Ooredoo atau belum.
  • Jika sudah, silakan unduh aplikasi MyIM3 di PlayStore atau AppStore.
  • Masuk ke dalam aplikasi dan lakukan pendaftaran akun.
  • Beli beberapa pilihan paket eSIM yang telah disediakan sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya, aktifkan layanan eSIM sesuai petunjuk.
  • Reset jaringan internet HP kamu.
  • Terakhir, aktifkan kembali data seluler kamu dan nikmati pengalaman eSIM pertama kamu.

Kartu eSIM di Indonesia – Smartfren

Kartu eSIM Smartfren
Kartu eSIM Smartfren.

Cara mengaktifkan eSIM untuk provider Smartfren tak jauh berbeda dengan Indosat. Pertama-tama, tentukan dulu apakah perangkat kamu sudah kompatibel atau tidak. Caranya, yaitu masuk ke pengaturan dan masuk ke menu “Koneksi”.

Setelah itu, pilih opsi “Add Cellular” atau “Tambahkan Seluler”. Jika sudah, perangkat kamu akan otomatis mencari jaringan yang sesuai. Nanti, akan ada instruksi “Tambahkan QR Code” dan pilihlah itu dan pindai QR Code.

Terakhir, pilih opsi “Add Cellular Plan” dan lihat apakah profil eSIM sudah ada di dalam paket seluler atau belum.

Untuk membeli paket eSIM, kamu cuma harus mengunduh aplikasi MySmartfren. Kamu akan menemui banyak pilihan paket dengan banyak promo yang tersedia.

XL Axiata

Perbedaan eSIM
Perbedaan eSIM dan Nano SIM. Sumber: Choosers Club

Sayangnya, provider XL Axiata masih dalam tahap pengembangan eSIM. Untuk sekarang, kamu belum bisa menikmati layanan eSIM untuk provider XL Axiata.

Namun, secara jaringan, pihak XL Axiata sudah siap untuk melakukan implementasi terhadap layanan eSIM mereka. Patut ditunggu terkait kabar selanjutnya dari eSIM XL Axiata.

Selain, XL Axiata, provider lainnya yang juga sedang dalam tahap uji coba adalah Tri dan Telkomsel. Meskipun dua provider itu dinilai terlambat dalam melakukan eksekusi adaptasi, mereka tetap sedang mengupayakan agar tetap memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumennya.

Itulah kartu ESIM di Indonesia yang sudah bisa kamu coba di tahun 2023. Kartu eSIM sendiri memang sedang menjadi titik perhatian utama dari semua perusahaan provider di tanah air. Jadi, ikuti terus VCGamers News untuk mendapatkan kabar terbaru terkait perkembangan eSIM di Indonesia!

Penuhi kebutuhan game favorit kamu dengan cara membeli diamond dan lain sebagainya hanya di VCGamers Marketplace. Terdapat banyak promo menarik yang akan menambah keseruan pengalaman bermain game favorit kamu. Semoga bermanfaat!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!