Update PS5 dan Firm Ware, Apa Saja yang Baru?

Update PS5 dan PS4

Pengguna PlayStation kemarin sempat diramaikan dengan munculnya firmware update PS5 dan PS4 yang mulai diberikan sejak pertengahan Juli 2023 kemarin.

Bisa dikatakan update kali ini merupakan aspek minor yang bisa didapatkan oleh semua pengguna PlayStation pada unit mereka.

Nah buat yang penasaran apa saja yang didapatkan pada update kali ini, yuk bisa simak liputannya berikut ini. Jangan sampai kalian ketinggalan rincian update firmware-nya ya! Langsung deh cekidot!

Baca juga: Rilis 2027? Inilah yang Perlu Kamu Tahu Tentang PlayStation 6!

Support PlayStation dari Sony

Suppport Update PS5 dan PS4
Suppport Update PS5 dan PS4. Sumber: Official Site

Salah satu keunggulan dari home konsol PlayStation besutan Sony adalah dukungan (support) yang diberlakukan pada berbagai produk rilisan mereka.

Ini tidak hanya hadir dalam bentuk garansi kerusakan dan troubleshooting resmi saja (khusus mereka yang membeli unit PS di gerai-gerai retailer resmi), namun juga dalam bentuk software update yang diberlakukan secara berkala.

Kehadiran bentuk-bentuk support seperti ini tentu menjadi salah satu bagian dari keseluruhan pengalaman pengguna PlayStation.

Tidak heran bila akhirnya banyak orang berani merogoh kocek dalam untuk dapat menikmati home konsol generasi ke-9 tersebut.

Hingga saat ini, Sony masih memberikan full support kepada lineup dua konsol terbarunya, PS4 dan juga PS5. Meski begitu, bukan berarti keduanya mendapatkan fitur-fitur yang sama di setiap update.

Beberapa update hadir dalam bentuk major: menghadirkan beberapa aspek krusial yang sebelumnya tidak didapatkan saat pertama kali membeli unit.

Namun ada juga berbagai pembaruan yang hadir dalam bentuk minor, seperti peningkatan performa, bug fixing, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Daftar Trial Gratis 7 Hari PlayStation Plus Premium Plan

Firmware Update PS 5 dan PS 4 Juli 2023

Firmwate PS5 23.01-07.60.00.
Firmwate PS5 23.01-07.60.00. Sumber: Official Site

Nah, untuk firmware kali ini, Sony merilis versi 23.01-07.60.00 untuk update PS5 dan 10.70 untuk PS4.

Selayaknya pembaruan yang sudah-sudah, sang developer juga menyertakan patch note sehingga para penggunanya tahu apa yang baru dan yang mungkin diganti.

Uniknya, patch note untuk update kali ini terbilang singkat dan tanpa signifikansi: di sana hanya berbunyi adanya peningkatan performa sistem semata. Tidak ada aspek lainnya baik yang diperbaharui, ditambahkan, ataupun diganti.

Sontak ini menjadi semecam lelucon bagi para pengguna PS5 dan PS4, melihat update major terakhir memiliki signifikansi yang begitu masif: mendatangkan fitur Discord, support perangkat VR hingga 1440p, dan fitur-fitur tambahan lainnya.

Baca juga: Daftar Game yang Diskon di Playstation Store Summer Sale 2023

Cara Update PS 5 dan PS 4

Cara Update PS5 dan PS4
Cara Update PS5 dan PS4. Sumber: Official Site

Meski tidak terlalu signifikan, banyak Vicigers di sini yang bertanya-tanya: memang bagaimana sih caranya meng-update unit PlayStation-nya?

Untuk meng-updater PS5 dan PS4 kalian sebenarnya tidaklah sulit. Kali pertama ketika menghidupkan unit kalian, apabila sudah tersambung ke internet, pemberitahuan mengenai update terbaru akan langsung muncul bilah unduh (download).

Vicigers hanya perlu menunggu sampai unduhan update tersebut selesai dan nantinya akan muncul pop-up untuk mengonfirmasi dilakukannya instalasi update. Tak lama, sistem akan melakukan restart untuk menerapkan pembaharuan tersebut.

Apabila ini tidak terjadi secara otomatis, Vicigers bisa mencoba membuka opsi pilihan pengaturan (Settings), lalu cari menu System Software pada bagian System. Setelah itu buka System Software Update and Settings, dan pilih Update System Software.

Setelahnya unit PlayStation kalian akan mencari update sistem terbaru, dan jika ada, update tersebut akan muncul di bilah download.

Baca juga: Rilis 2027? Inilah yang Perlu Kamu Tahu Tentang PlayStation 6!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai update PS5 dan PS4 untuk patch bulan Juli 2023 kemarin. Jangan sampai ketinggalan kabar-kabar terbaru mengenai PlayStation dan juga Sony, selalu di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!