Heboh Rumor Nintendo Switch Next Gen Akan Rilis 2024

Nintendo Switch Next Gen 2024

Nintendo Switch Next Gen akan dirilis 2024?! Serius? Iya dong, tentu saja kedigdayaan Switch sebagai konsol unggulan milik Nintendo tidak akan berlangsung selamanya.

Sebagai konsol unggulan, Switch telah mendapatkan support penuh selama tidak kurang 6 tahun lamanya.

Tentu suatu saat, ia akan digantikan dengan konsol berteknologi yang lebih canggih. Nah, berembus kabar dengan tingkat validasi yang cukup mantap, bahwa penerusnya ini akan rilis di tahun 2024 loh!

Nah buat para pemainnya yang penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini! Jangan sampai ketinggalan kabar terbaru perilisan nanti ya!

Baca juga: Subreddit Emulator dan Pembajakan Nintendo Switch Ditutup

Legacy dari Nintendo Switch

JoyCon Nintendo Switch
JoyCon Nintendo Switch. Sumber: VCGamers

Nintendo Switch telah mengukuhkan dirinya sebagai salah satu konsol game paling revolusioner dalam industri game modern.

Dirilis pada Maret 2017 oleh Nintendo, konsol game hibrida ini telah mengubah cara kita bermain dan berinteraksi dengan permainan video. Tentu nilai jual utama dari Nintendo Switch adalah konsep hibridanya.

Konsol ini dapat digunakan sebagai konsol game rumah yang terhubung ke monitor display, atau dengan mudah diubah menjadi perangkat portabel mobile dengan melepaskan konsol dari docking-nya.

Konsep ini merupakan sesuatu yang baru: memberikan fleksibilitas luar biasa kepada pemain, memungkinkan mereka bermain di rumah atau saat bepergian tanpa gangguan.

Dengan kontroler yang dapat dilepas dan disatukan kembali dalam berbagai konfigurasi, Nintendo Switch juga memungkinkan banyak opsi gaya bermain.

Pemain dapat menggunakan kontroler Joy-Con dalam mode tangan satu atau dua pemain, atau bahkan menghubungkannya menjadi stick konsol konvensional.

Baca juga: Kumpulan Permainan Nintendo Switch Terbaik Juli 2023

Nintendo Switch dan Limitasinya

Nintendo Switch OLED Model
Nintendo Switch OLED Model. Sumber: VCGamers

Meski begitu, bentuk yang terlampau slim dan compact layaknya pisau bermata dua bagi sang konsol.

Sebagai lineup generasi teranyar milik Nintendo, performa yang diberikan oleh Switch bahkan tidak mampu menyaingi berbagai konsol previous gen. milik para pesaing industrinya.

Dengan hanya bermodalkan Nvidia Tegra X1 (Switch V1 dan V2) dan X1 (Lite dan OLED) pada aspek dapur pacunya, konsol ini cuma mampu memberikan “daya gedor” sebesar 0.4 teraflops (tflops) saja.

Angka tersebut bahkan jauh lebih kecil dari konsol generasi kedelapan milik Xbox (One) yang memiliki performa hingga 1.3 tflops atau PlayStation (4) sebesar 1.8 tflops.

Di luar para penggemar setia waralaba eksklusif Nintendo, wajar bila akhirnya banyak pengguna Switch yang merasa bahwa sudah saatnya konsol ini pensiun dan harus dilakukan dengan segera.

Belum lagi banyak pesaing lain yang mulai “menyerang” lini mobile dengan merilis konsol hibrida versi mereka. Sebagai contoh, Steam dengan lineup Deck miliknya, atau Asus melalui ROG Ally.

Bila dilakukan dengan tepat dan sigap, bukan tidak mungkin konsol terbaru Nintendo nantinya bisa mengugguli para kompetitor-nya ini.

Baca juga: Daftar Game Nintendo Switch Terbaik Tahun 2023!

Nintendo Switch Next Gen 2024

Nintendo Switch ketika di docking
Nintendo Switch ketika di docking. Sumber: VCGamers

Nah, ternyata para stakeholder Nintendo tidak hanya tinggal diam melihat “serangan” yang secara gencar dilayangkan pada pangsa konsol mobile/hibrida tersebut.

Walhasil, kabar burung yang cukup tervalidasi mengatakan bahwa konsol terbaru Nintendo Switch sudah masuk ke tahap pengerjaan yang cukup signifikan. So, komunitas gaming saat ini tinggal menunggu official announcement-nya saja.

Pengumuman official ini diharapkan dapat direalisasikan pada paruh akhir 2023 ini, dan perilisan konsolnya sendiri akan dapat dilaksanakan pada pertengahan 2024 mendatang.

Nintendo Switch Next Gen ini disebut-sebut akan melanjutkan kesuksesan Switch. Selayaknya DS yang ditingkatkan menjadi 3DS, konsol terbaru milik Nintendo ini besar kemungkinan masih akan mengusung titel Switch di dalam nama produk barunya kelak.

Info selanjutnya adalah mengenai hardware di versi original-nya nanti. Alih-alih langsung menggunakan OLED seperti varian Switch tercanggih saat ini, Nintendo Switch Next Gen akan menggunakan layar LCD.

Tentu ini dimaksudkan untuk menekan harga lineup perilisan awal sekaligus memberikan ruang bagi produk ini untuk berkembang sampai 6-7 tahun ke depan.

Baca juga: GoldenEye Nintendo Switch: Game 007 Seru yang Kembali Hadir

Spesifikasi Nintendo Switch Next Gen

Namun pasti concern utama Vicigers adalah urusan performa-nya bukan? Jangan khawatir, VCGamers News juga pasti enggak akan kelewatan meliput aspek tersebut!

Untuk urusan “jeroan”, Nintendo Switch Next Gen diinformasikan masih menggunakan chipset besutan Nvidia.

Namun tentu saja dengan daya yang lebih gahar, yakni Tegra T239. System on Chip (SoC) ini khusus dibuat secara kustom untuk perangkat ini saja.

Maka tidak heran bila banyak analis yang menyatakan bahwa penggunaan chipset ini dapat membuat Nintendo Switch Next Gen memiliki performa masif.

Yap hingga 4 tflops! Angka ini bahkan menyerupai konsol Next Gen milik Xbox yakni Series S, dan hanya beda 0,2 tflops dari varian Pro dari PS 4! Benar-benar sangar!

Baca juga: Rekomendasi Game Mabar Nintendo Switch, Seru Banget!

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Nintendo Switch Next Gen 2024 mendatang. Kita tunggu saja bersama official rilis dari pihak developer dalam waktu dekat ini. Dan pastikan untuk menyimak perkembangan beritanya, hanya di VCGamers News ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!