Subreddit Emulator dan Pembajakan Nintendo Switch Ditutup

Nintendo Switch Subreddit

Pembajakan memang harus diberantas! Apalagi sekarang para developer, publisher, distributor, serta vendor lainnya sudah berupaya sekuat tenaga untuk menghadirkan secara resmi lineup mereka ke berbagai belahan dunia. Dan ini juga merambah pada platform Nintendo Switch.

Jika dilihat dari sejarah industri ini, pembajakan memang menjadi suatu isu yang amat pelik dalam menemukan penyelesaiannya.

Tidak heran jika para empunya judul-judul game tersebut berupaya mencari cara terbaik agar tren kriminal tersebut dapat dilenyapkan.

Bukan hanya melalui jalur policy dan legal (hukum) semata, berbagai teknologi yang diterapkan-pun dibuat sedemikian rupa agar sulit untuk diretas serta diotak-atik. Harapannya, dengan begitu praktik pembajakan dapat berkurang, syukur-syukur menghilang.

Isu ini pun banyak diperbincangkan di berbagai forum internet dewasa ini, salah satunya di Reddit selaku platform diskusi dan sosial terbesar di dunia.

Nah buat yang belum paham mengenai perkembangan terbaru di sana, kali ini VCGamers bakal mengajak untuk membahasnya lebih lanjut.

Tentu ini supaya kalian enggak ketinggalan kabar terbarunya ya! Karena sudah pasti website tersebut tidak dapat diakses dikarenakan terblokir oleh portal internet positif. So, simak terus artikel ini dan jangan ke mana-mana.

Baca juga: Call of Duty Akan Segera Hadir di Nintendo Switch

Fenomena Pembajakan

Pembajakan Nintendo Subreddit
Pembajakan Nintendo Subreddit. Sumber: VCGamers

Upaya pembajakan dapat begitu merugikan. Bukan hanya para pencipta game tersebut yang merasakan dampak negatifnya, namun juga dari para gamers yang jadi “penikmatnya”.

Secara sekilas, game hasil bajakan tampak condong ke pihak para gamers – membuat mereka bisa memainkan game idaman dengan lebih mudah. Namun faktanya, pengalaman yang didapatkan tidak akan maksimal.

Game yang dibajak akan sangat berbeda dengan game yang dibeli secara resmi, baik dari segi performa, fitur, serta berbagai kelengkapan lainnya.

Maka dari itu kami sarankan kamu jangan tergiur oleh game-game bajakan! Toh ada lebih banyak game lain yang dengan mudah dapat kalian mainkan secara gratis dan tidak kalah serunya. Ini juga berlaku pada platform Nintendo Switch.

Meski begitu, memang lineup premium mereka (seperti Legend of Zelda, Pokémon, Mario, dll.) dibanderol dengan harga yang selangit. Inilah yang akhirnya dimanfaatkan oleh para kriminal untuk diambil keuntungannya.

Mereka berupaya menghadirkan platform beserta game-game-nya dalam bentuk emulasi. Ini berarti Nintendo Switch dapat dimainkan dengan berbasis program/aplikasi pada perangkat yang berbeda, seperti PC ataupun smartphone. Di situlah isu tersebut menjadi sesuatu yang akhirnya mengganjal.

Baca juga: Cara Buat Akun Nintendo Switch, Cocok Bagi Pemula

Subreddit Emulasi dan Pembajakan Nintendo Switch

Pembajakan Switch
Pembajakan Switch. Sumber: VCGamers

Nah, sekarang pembahasan beralih ke topik yang saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh komunitas gamers dunia, yakni hilangnya subreddit mengenai topik emulasi dan pembajakan platform Nintendo Switch.

Sebagai disclaimer, penulisini tidak pernah mengakses secara langsung laman Reddit maupun Subreddit mengenai topik tersebut, dikarenakan sulitnya akses pemblokiran yang diberlakukan oleh pemerintah.

Dilansir dari laman IGN.com, laman Subreddit yang kerap membahas mengenai pembajakan Nintendo Switch resmi ditutup oleh pihak pengelola website dikarenakan melonjaknya pengguna yang mengakses laman tersebut.

Pernyataan resmi pihak Reddit menyebutkan bahwa jumlah awal pengguna yang berpartisipasi pada laman tersebut hadir menyentuh angka 37K, tiba-tiba melonjak hampir dua kali lipatnya ke angka 70K.

Disinyalir bahwa ini merupakan respons rilisnya lineup Zelda: Tears of the Kingdom yang begitu banyak digandrungi komunitas gamers.

Maka pihak Reddit melakukan antisipasi dengan melakukan penutupan pada laman milik mereka tersebut sebagai bentuk support kepada pihak Nintendo.

Belum ada kabar pasti apakah ini merupakan permintaan dari pihak Nintendo ataupun inisiatif dari Reddit.

Namun yang pasti, subreddit yang sudah berlangsung aktif selama kurang lebih tiga tahun tersebut tidak dapat diakses lagi sekarang.

Kami yakin bahwa ini memang suatu hal yang patut untuk dilakukan. Dengan begitu, jalan-jalan “gelap” yang biasa digunakan para pihak tak bertanggung jawab dapat berkurang dan terbatasi pergerakannya.

Switch Melambung Gara-Gara Zelda
Switch Melambung Gara-Gara Zelda. Sumber: VCGamers
Baca juga: Trading Pokemon dengan Emulator Nintendo Switch Online

Mari kita dukung upaya pemberantasan pembajakan, demi masa depan industri gaming yang lebih baik!

Jangan lupa, Top Up Game Murah dan Cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!