5 Daftar Games PS4 Simulasi Kehidupan Terbaik

Terdapat sejumlah ames PS4 terbaik yang bisa kamu mainkan karena akan membuat kamu bertemu dengan aksi yang seru.
Game Simulasi Kehidupan – The Sims (Source: Yangcanggih. com)

Banyak sekali pemain PlayStation yang memaninkan banyak genre game. Namun ada genre games PS4 yang sangat menarik dan seru untuk dimainkan yaitu simulasi kehidupan!

Game Simulasi Kehidupan merupakan sebuah game yang menduplikasi aspek-aspek kehidupan sehari-hari atau aktivitas manusia pada dunia games (virtual).

Di sini para pemain dapat mengontrol karakter atau situasi yang sangat mirip dengan kehidupan sehari-hari.

Terkadang, pada game simulasi kehidupan ini kita bisa sebebasnya membuat opsi serta mengelola berbagai aspek kehidupan sehari-hari pada game.

Pada game simulasi kehidupan ini, dimana para pemain dapat membentuk kehidupan sendiri mulai dari menciptakan karakter, membangun hubungan, mengatur keuangan, merencanakan ataupun mengelola lingkungan baru seperti kota, desa, pertanian dan masih banyak lagi.

Game simulasi kehidupan ini sangat fleksibel dan pemain bisa menentukan arah permainan sesuai dengan keinginan mereka.

Terkadang, game simulasi kehiduoan menawarkan pengalaman yang mendalam, interaktif dan menantang karena game ini sangat mencerminkan aspek kehidupan manusia.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai 5 daftar games PS4 yang bergenre simulasi kehidupan terbaik dan seru banget untuk kamu mainkan di waktu luang. Apa saja daftarnya?

Baca juga: Bisakah Memainkan Game PS4 di PS5? Ini Jawabannya!

The Sims 4

game ps4 (4)
The Sims 4 (Source: Steam)

Salah satu game PS4 bergenre simulasi kehidupan yang sangat populer adalah The Sims 4. Mungkin kamu juga pernah mendengarnya atau bahkan memainkannya.

The Sims 4 merupakan game simulasi kehidupan yang dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh penerbit populer yaitu Electronic Arts (EA).

Game The Sims 4 ini dirilis pada 2 September 2014 untuk platform PC, lalu diterbitkan kembali pada 17 November 2017 untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Seperti yang disinggung sebelumnya, bahwa The Sims 4 ini termasuk salah satu game simulasi kehidupan yang mengajak para pemain untuk membangun, membuat, mengotrol serta mengelola karakter pada aspek kehidupan sehari-hari didalam game.

Gameplay The Sims 4 sendiri, membebaskan para pemain untuk mengontrol karakter yang disebut dengan Sims dan mengelola kehidupan sehari-hari disana.

Tentu saja, pemain juga dapat merancang dan membangun rumah, memenuhi kebubutuhan hidup karakter, menjalankan kehidupan sosial, membangun karir, mengeksplor kehidupan hingga meraih tujuan pada game.

Ada fitur khusus seperti “Create-a-sim”, dimana para pemain menyesuaikan karakter secara detail dan dengan mode membangun rumah, dimana para pemain bisa mengontrol dan mengatur tempat tinggal Sims tersebut.

Stardew Valley

game ps4 (3)
Stardew Valley (Source: Nintendo)

Selanjutnya untuk games PS4 bergenre simulasi kehidupan terbaik selanjutnya adalah Stardew Valley.

Stardew Valley adalah game simulasi pertanian yang berunsur RPG (Role-Playing Game).

Game simulasi pertanian satu ini dikembangkan dan diterbitkan oleh ConcernedApe yang dirilis pada 13 Desember 2016 untuk PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Windows, MacOS, PlayStation Vita, iOS dan Android.

Pada gameplay Stardew Valley ini akan mengajak para pemain untuk mengurusi sebuah kebun warisan yang perlu diurus dan dirawat.

Di sini para pemain harus bertanggung jawab untuk merawat dan mengembangkan kebun dengan bercocok tanam, merawat hewa ternak, menambang, memancing dan melakukan kegiatan tani lainnya.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan uang serta mengembangkan kebun mereka.

Selain berkebun, para pemain juga bisa berinteraksi dengan penduduk desa lainnya serta mengeksplor untuk mencari barang berharga dan terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang ada di sana.

Baca juga: Game PS4 yang Kalo Bisa Ga Dimainin Depan Orang Tua Lo!

Cities: Skylines

game ps4 (1)
Cities: Skylines (Source: PlayStation Store)

Untuk game PS4 simulasi kehidupan terbaik yang selanjutnya adalah Cities: Skylines. Game ini cukup underrated, namun Cities: Skylines ini game terbaik.

Cities: Skylines adalah game yang bergenre simulasi manajemen kota atau simulasi pembangunan kota yang diterbitkan oleh Paradox Interactive pada 15 Agustus 2017

Game ini dirilis untuk platform PlayStation 4, Xbox One, Windows, Nintendo Switch, MacOS, Xbox X/S, Linux, Xbox Cloud Gaming, Google Stadia dan PlayStation 5.

Pada gameplaynya, para pemain bertugas untuk merancang, membangun, serta mengelola kota dari awal.

Di sini pemain juga dapat menentukan infrastruktur, mengatur layout kota, mengatur keuangan, menangani kebutuhan penduduk kota serta memperluas kota.

Selain itu, para pemain harus memperhatikan aspek seperti jalan, saluran air, listrik, fasilitas bangunan publik dan faktor lainnya sebagai penunjang kehidupan penduduk kota.

Tujuannya adalah untuk membangun kota supaya dapat berfungsi dengan baik dan seluruh kebutuhan penduduk kota dapat terpenuhi, ditambah lagi para penduduk harus menjaga perekonomian kota supaya tetap stabil.

Game ini mirip-mirip Sims City, dimana gameplaynya mengajak pemain untuk membangun kota dan menjaga kota tersebut.

My Time at Portia

My Time at Portia
My Time at Portia (Source: Steam)

Selanjutnya adalah games PS4 yang bergenre simulasi kehidupan adalah My Time at Portia.

My Time at Portia ini termasuk kedalam game simulasi kehidupan dengan petualangan yang berunsur crafting (pembuatan barang).

Game ini dikembangkan oleh Pathea dan diterbitkan oleh Team17 untuk platform PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch dan Windows.

Pada gameplaynya sendiri, pemain memulai petualangan di kota Fiksi yang bernama Portia.

Pemain diwariskan atelier (workshop) dari Ayah mereka, hak ini bertujuan untuk membangun atelier, menyelesaikan orderan, memperbaiki kota, menjalankan bisnis, berpartisipasi pada kegiatan serta berpetualang di lingkungan sekitar.

Tentu saja, para pemain juga akan melakukan aktivitas lainnya seperti menambang, meramu, bercocok tanam, bertani hingga berinteraksi dengan karakter lainnya disana.

Two Point Hospital

Two Point Hospital
Two Point Hospital (Source: Nintendo)

Rekomendasi terakhir sebagai games PS4 bergenre simulasi kehidupan terbaik adalah Two Point Hospital.

Seperti namanya, Two Points Hospital ini bergenre simulasi kehidupan di Rumah Sakit.

Game ini dikembangkan oleh Two Point Studios dan diterbitkan oleh penerbit ternama yaitu SEGA pada 25 Februari 2020 untuk PlayStation 4.

Selain diterbutkan untuk PlayStation 4, ternyata game ini diterbitkan untuk beberapa platform seperti Linux, macOS, Windows, Nintendo Switch dan Xbox One.

Gameplaynya sendiri cukup seru, karena para pemain harus mengelola dan mengoperasikan Rumah Sakit sendiri.

Tentunya juga para pemain harus merancang, membangun dan mengelola Rumah Sakit untuk menyembuhkan pasiennya dari berbagai penyakit.

Game tak akan seru jika tak ada tantangan, disini para pemain harus memastikan seluruh fasilitas kesehatan bisa digunakan dengan baik, merekrut staff yang berkualitas yang bisa menangani permasalahan kesehatan pasien.

Ada hal unik pada game ini dimana Two Point Hospital ini memberikan unsur humor dan kreatif sehingga tak akan membuat para pemain merasa bosan.

Baca juga: Games PS4 Terbaik yang Masih Layak Dimainkan 2023!

Itu lah 5 games PS4 yang bergenre simulasi kehidupan terbaik. Jadi, kamu ingin bermain games PS4 yang mana nih? Atau mungkin kamu pernah mencoba salah satu dari semuanya?

Buat kamu yang mau membeli produk digital dan top up game murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!