5 Game Simulasi Kehidupan Paling Seru 2023!

game simulasi kehidupan (6)

Game simulasi kehidupan saat ini sudah banyak sekali tersedia. Sehingga kamu memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan untuk mengunduhnya.

Kamu bisa memilih game mana yang akan kamu mainkan untuk menemanimu. Game tersebut sangat mudah dimainkan dan memiliki keunikannya masing-masing yang bisa kamu mainkan nanti.

Jenis game simulasi ini disetting sangat mirip sekali dengan aktivitas kehidupan sehari-hari di dunia nyata. Dengan memainkan game ini kamu akan mendapatkan pengalaman yang serupa seperti di kehidupan nyata dan pada game ini juga secara tidak langsung akan mengajarkan sesuatu hal yang perlu kamu lakukan di dunia nyata.

Maka dari itu, bagi kamu yang gabut dan kamu bisa memainkan game ini ketika sedang bosan sehingga kamu tidak akan bosan lagi melewati hari-harimu apalagi kalo dimainkan bersama-sama untuk menambah keseruan kamu.

Baca juga: 5 Game Simulasi Offline Terbaik untuk Anak Perempuan

Rekomendasi Game Simulasi Kehidupan

Seperti yang kita tahu bahwa jenis game yang bergenre simulasi benar-benar di-setting semirip mungkin dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga segala aktivitas yang semua orang lakukan di dunia nyata.

Sebagai contoh, kamu bisa belajar memasak, berdandan, bekerja, mengurus rumah tangga dan masih banyak kehidupan lainnya yang bisa kamu pelajari didalam game.

Pasti juga kamu tak jarang dalam menemukan game simulasi yang bisa kamu mainkan dikala gabut atau sedang bosan seperti misalnya game berkebun, restoran, barber, tata rias, tata busana hingga model. Inilah kelima game simulasi tersebut, apa saja?

Harvest Moon: Light of Hope

game simulasi kehidupan (1)
Harvest Moon: Light of Hope (Source: Medcom.Id)

Harvest Moon: Light of Hope merupakan salah satu game simulasi kehidupan juga, lho! Game yang dikembangkan oleh Tabot, Inc ini lumayan cukup populer hingga saat ini. Mungkin bagi kamu pernah atau melihat temanmu yang sedang bermain game ini.

Sebenarnya, game ini pertama kali dirilis hanya untuk Windows pada 14 November 2017, untuk Playstation serta Nintendo Switch pada 29 Mei 2018, untuk platform selanjutnya yaitu Android dan iOS pada 26 September 2018 hingga platform yang terakhir yaitu Windows 10 dan Xbox One pada 18 September 2020.

Harvest Moon: Light of Hope ini bergenre Farm Simulation Role-Playing Game (RPG) atau disebut dengan game simulasi pertanian RPG dengan mode single-player. Bagi kamu yang senang bermain multiplayer, sepertinya belum bisa dilakukan pada game satu Harvest Moon: Light of Hope.

Bagi kamu yang penasaran dengan gameplay-nya, untuk setting lokasinya berada di Harbor Town yang bertujuan untuk membuat Mercusuar kembali hidup seperti sedia kala. Namun, sebelumnya bagi kamu yang pernah bermain Harvest Moon series lainnya pasti saja tak jauh dari menanam hingga berkebun yang bisa kamu lakukan disana.

Tentu saja, didalam Harvest Moon: Light of Hope ini tak hanya bercocok tanam dan berkebun, lho! namun juga kamu bisa merasakan simulasi kehidupan lainnya seperti menikah, berkeluarga, membeli hewan peliharaan, saling membantu warga dengan berbagai pertolongan yang bisa kamu berikan.

Internet Cafe Simulator

game simulasi kehidupan (2)
Internet Cafe Simulator (Source: Steam)

Pada game simulasi kehidupan satu ini kamu diharuskan untuk mengelola bisnis kafe internet-mu sendiri. Di sini kamu bisa mulai membangunnya dengan mendesain interior semenarik dan seminimalis mungkin sesuai dengan selera kamu.

Selain itu juga kamu harus mendekor ruangan supaya tidak monoton serta menambah banyak furnitur sebagai pelengkap kafe internet kamu.

Tentu saja, sebagai seorang pembisnis kamu bisa memperoleh banyak uang dari hasil penjualan bisnis kafe internet yang kamu miliki, lho! Dari uang tersebut, kamu juga bisa upgrade semua kebutuhan bisnis kafe internet-mu supaya semakin lebih baik.

Sebagai owner kafe intenet, sepertinya kamu bisa multitasking dimana kamu sudah pasti diharuskan melayani pelanggan, selain itu juga bisa menambahkan pelangganmu ke jaringan kamu, membayar tagihan hingga melakukan pembayaran.

House Flipper: Home Design

game simulasi kehidupan (3)
House Flipper: Home Design (Source: Mobile Mode Gaming)

Bagi kamu yang suka mendesain apalagi yang cita-citanya sebagai designer interior atau arsitektur, kamu bisa memainkan salah satu game simulasi kehidupan satu ini, lho!

Nah teruntuk kamu yang belum tahu, House Flipper: Home Design ini ialah sebuah game simulasi yang dikembangkan oleh developer game yang bernama PlayWay SA.

Kamu bisa memainkan game ini di PC atau Laptop kamu supaya memberikan pengalaman bermain yang lebih seru dan menyenangkan! Kamu juga akan menjadi sangat nyaman apabila merenovasi rumah-mu tersebut!

Di sini juga selain mendesain interior rumah sendiri dan kamu juga bisa menjualnya kembali untuk memperoleh banyak uang.

Kamu juga bisa belajar menjadi seorang desainer interior atau arsitektur dengan mendekorasi interior rumahmu, mendesain layout ruangan hingga kamu bisa memanfaatkan furniture untuk ditata dalam rumahmu.

SAKURA School Simulator

SAKURA School Simulator
SAKURA School Simulator (Source: Uptodown)

Salah satu game simulasi kehidupan yang cukup seru ialah SAKURA School Simulator yang dirilis pada tahun 2018 oleh Garusoft Development Inc. Mereka mendesain game ini persis dalam kehidupan remaja di masa-masa sekolah yang bisa membuatmu nostalgia kembali.

Sebagai pemain utama, kamu diharuskan untuk mengontrol karakter yang bernama Rina Tamaki. Namun, kamu juga bisa memilih karakter lain yaitu Taiga Yuki, Mio Aida, Cat Butler Robot dan Yuta Aida.

Tentu saja, sama seperti kehidupan real life, kamu bisa memainkan karakter tersebut untuk berinteraksi dengan lingkungan sebayanya, hangout, jalan-jalan bahkan juga bisa menikah. Emang seru banget game simulasi kehidupan satu ini.

Lebih seru lagi, pada game ini mengajak kamu untuk berpetualang dimana ketika perjalanan kamu akan menemukan koin yang bisa kamu kumpulkan dan selain itu juga kamu bisa membangun rumah sendiri lho!

Harry Potter: Hogwarts Mystery

Harry Potter: Hogwarts Mystery
Harry Potter: Hogwarts Mystery (Source: Harry Potter Hogwarts Mystery)

Game simulasi kehidupan yang terakhir ialah Harry Potter: Hogwarts Mystery yang dikembangkan oleh Jam City pada 25 April 2018 silam. Mereka merancang game untuk iOS dan Android serta bergenre Role-Playing Game (RPG) dan single-player lho!

Bagi kamu seorang Potterheads, pasti sudah tak asing lagi dengan setting yang berlokasi Wizarding World atau Hogwarts yang sejak Novel pertamanya setting lokasi ini menjadi yang utama.

Pada Harry Potter: Mystery Hogwarts ini sesuai dengan karakter yang telah menjadi seorang murid Hogwarts dimana kamu akan mengikuti kelas sihir, mempelajari mantra, berhubungan dengan karakter lain hingga menjalankan misi dalam game tersebut.

Pada game ini, kamu akan mendapatkan sebuah energi untuk membantumu dalam melakukan misi game. Kamu juga bisa memindahkan karakter tersebut ke tempat lainnya diiringi dengan upgrade skill, empati, pengetahuan yang bisa kamu peroleh.

Baca juga: Kumpulan ‘Game Sesat’ 2023, Bocil Dilarang Main!

Nah, itulah 5 rekomendasi game simulasi kehidupan yang bisa kamu mainkan ketika waktu luangmu. Mana yang akan kamu mainkan?

Jangan lupa untuk terus top up kebutuhan games-mu hanya di VCGamers Marketplace, dijamin murah, cepat dan aman banget lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!