5 Game Buatan Tencent yang Paling Populer

Tencent Perusahaan Tech Mendunia

Dengan semakin berjayanya publisher sekaligus developer yang satu ini, rilisan serta game buatan Tencent Games menjadi semakin membludak.

Bahkan di tahun 2022 kemarin, Tencent Games selaku sub-divisi dari raksasa teknologi Tencent, berhasil melampaui pendapatan para “titan” yang sudah lebih dahulu bercokol di industri ini.

Nama-nama seperti Sony, Microsoft, hingga Nintendo adalah beberapa di antaranya.

Keberhasilan ini bukan tanpa sebab. Beberapa game besutan mereka memang terbukti mampu menjadi ladang cuan. Tidak heran bila mereka akhirnya mampu “menggendong” sang induk melesat pesat.

Lantas mungkin pertanyaan yang mungkin terlintas: “Memang apa saja sih lineup game mereka?” Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, akan kami bahas beberapa game buatan Tencent.

Yakin deh, beberapa pasti pernah kalian dengar namanya. So, silakan disimak ya!

Baca juga: Chess Rush Sudah Satu Tahun Ditutup Tencent, Ternyata Ini Alasannya!

Tencent Game

Tencent Games
Tencent Games. Sumber: Tencent Games Official Site

Tencent Games adalah salah satu perusahaan game terbesar di dunia. Perusahaan ini berasal dari Tiongkok dan didirikan pada tahun 2003 sebagai bagian dari Tencent Holdings Limited.

Sejak didirikan, perusahaan ini telah tumbuh pesat dan memperoleh posisi penting di industri game global. Awalnya, perusahaan ini hanya fokus pada pengembangan game online di Tiongkok.

Namun, seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri di sana, Tencent Games juga mulai mengembangkan sayapnya sebagai distributor domestik para pengembang game internasional yang ingin merilis produknya di Tiongkok.

Saat ini, selain menjadi investor utama dalam beberapa perusahaan game besar, Tencent Games juga memiliki platform game online terbesar di Tiongkok bernama WeGame. Ini mereka dirikan sebagai upaya dalam menyaingi dominasi para pesaing besar, seperti Steam dari Valve Corporation maupun Epic Games.

Baca juga: Tencent Cabut Hak Aerowolf LIMAX Ikut Liga PUBG Mobile Hingga Akhir 2022

6 Game Buatan Tencent Paling Populer

Lineup game Tencent Games
Lineup game Tencent Games. Sumber: Tencent Games Official Site

Sekarang kita langsung saja beranjak pada permainannya. Siapa tahu setelah ini jadi tertarik mencoba kan? Berikut di antaranya:

Honor of Kings (Arena of Valor)

Hero AOV
Hero AOV. Source: Deconstructor of Fun.

Honor of Kings atau Arena of Valor adalah game mobile MOBA yang sangat populer di Tiongkok dan Asia. Game ini dirilis pada tahun 2015 dan menjadi salah satu game dengan pendapatan tertinggi di tahun 2020.

Honor of Kings memiliki lebih dari 100 juta pemain aktif setiap harinya dan telah menghasilkan banyak turnamen e-sports besar.

Baca juga: 11 Tips Jago Main PUBG Mobile, Tak Terkalahkan!

PUBG Mobile

tips chicken dinner pubgm
Ilustrasi Bermain Squad di PUBGM.

Siapa yang tidak kenal PUBG Mobile? Game bergenre mobile battle royale yang dikembangkan oleh PUBG Corporation (anak perusahaan dari Krafton Game Union) ini dirilis pada tahun 2018 dan menjadi sangat populer di seluruh dunia, termasuk Tiongkok.

Tencent Games sendiri memiliki lisensi untuk mempublikasikan dan mengoperasikan game ini secara domestik.

Hingga saat ini PUBG Mobile banyak dipertandingkan di turnamen e-sports besar dan telah mencapai 1 miliar unduhan di seluruh dunia.

Baca juga: 11 Tips Jago Main PUBG Mobile, Tak Terkalahkan!

League of Legends

Blitzcrank , Game Buatan Tencent
Blitzcrank adalah hero support terbaik

League of Legends atau disingkat sebagai LoL, adalah game PC MOBA yang dikembangkan oleh Riot Games, anak perusahaan Tencent Games. Game ini dirilis pada tahun 2009 dan menjadi salah satu game PC paling populer di seluruh dunia.

LoL memiliki lebih dari 100 juta pemain aktif setiap harinya. Dan seiring popularitas tersebut, game ini akhirnya juga sudah di adaptasi menjadi serial Netflix yang sukses.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Naafiri, Champion Baru LOL

CrossFire

game buatan tencent cross fire
CrossFire

CrossFire adalah game PC first-person shooter yang dikembangkan oleh Smilegate, dengan lisensi dari Tencent Games untuk mempublikasikan dan mengoperasikan game ini di Tiongkok.

Nah, game ini dirilis pada tahun 2007 dan menjadi salah satu game platform PC terpopuler di sana.

Baca juga: Tips Jago Main Crossfire Indonesia, Auto Pro!

Fortnite

fortnite
Map Fortnite. Source: Euro Gamer.

Siapa sangka Fortnite juga merupakan besutan Tencent lho! Meski game battle royale ini dikembangkan oleh Epic Games, sebuah perusahaan game asal Amerika Serikat, Tencent memiliki 40% sahamnya Vicigers!

Namun Epic Games masih menjadi pemegang mayoritas saham dan memiliki kendali penuh atas pengembangan dan pengoperasian game Fortnite.

Game ini dirilis pada tahun 2017 dan memiliki lebih dari 350 juta pemain terdaftar dari berbagai platform dan konsol game global.

Baca juga: Cara Membuat Map Fortnite Sendiri di PC, Simak!

Clash of Clans

Clash of Clans
Clash of Clans. Sumber: Supercell Official Site

Pasti belum banyak yang paham bahwa game selevel Clash of Clans juga dipegang Tencent kan? Memang game mobile strategy ini dikembangkan oleh Supercell, sebuah perusahaan game asal Finlandia.

Namun pada tahun 2016 Tencent membeli 84% saham di Supercell. Terlepas dari itu semua, Supercell masih memegang kendali penuh atas pengembangan dan pengoperasian game Clash of Clans.

Dirilis pada tahun 2012, Clash of Clans memiliki lebih dari 500 juta unduhan di seluruh dunia dan terus memperbarui fitur serta kontennya hingga sekarang.

Baca juga: Main PUBG di PC Ringan Dengan Tencent Gaming Buddy AKA Gameloop

Bagaimana, apakah sudah penasaran dengan game-gamenya? Atau malah di antara Vicigers sudah ada yang menjadi salah satu gamers “kakap”-nya?

Jangan lupa, Top Up Games dan Kebutuhan Digital kamu hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!