Chess Rush Sudah Satu Tahun Ditutup Tencent, Ternyata Ini Alasannya!

Chess Rush

Chess Rush adalah salah satu game yang dibuat oleh Tencent (pengembang game PUBG). Pada tahun 2022 lalu game ini akhirnya tidak dapat diakses karena sudah tutup server.

Chess Rush merupakan game Auto Battler dari publisher Tencent telah menutup server game tersebut dengan pengumuman pada tahun lalu. 

Sejak penutupan game ini banyak mengejutkan banyak pemain. Hal itu terlihat dari banyak pemain menyayangkan pengumuman ini karena terkesan mendadak.

Pemain tidak lagi dapat mengunduh, mendaftar, dan top up sejak 5 Januari 2022. Untuk pemain yang ingin memainkan game ini di tahun 2023 jelas sudah tidak bisa lagi.

Lantas, apa yang menjadi penyebab dan alasan Tencent melakukan hal tersebut? Untuk mendapat jawabannya, silahkan  simak pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Game Horror PC Terseram Asli Indonesia, Ada Tuyul Hingga Kuntilanak!

Tencent Sudah Satu Tahun Tutup Server Chess Rush

Chess Rush
Chess Rush. Source: IGN Sea.

Sudah selama satu tahun Tencent menutup server game Chess Rush dan sudah tidak bisa dimainkan. Mereka menutup ini pada 7 April 2022. 

Pihak studio pun langsung menyampaikan terima kasih kepada para pemain Indonesia yang telah mencoba permainannya. Pengumuman ini tiba-tiba menjadi kejutan yang mengecewakan bagi para gamer mobile. 

Pasalnya seperti yang kita ketahui, game ini sangat populer terutama untuk wilayah Indonesia. Anehnya, Tencent dan Level Infinite tidak menjelaskan secara rinci mengapa mereka mematikan server ini. Padahal, game ini masih bagus di kala servernya ditutup.

Alasan Penutupan Game Chess Rush

Chess Rush
Game MOBA. Source: GamingIDN.

Dikatakan bahwa pemain tidak akan diizinkan mengunduh aplikasi ini sampai sekarang. Selain itu, sejak saat itu, mereka akan menghentikan segala jenis bisnis pengisian daya dan semua aktivitas yang sedang berlangsung.  

Sebenarnya, kamu masih bisa menikmati game seperti Auto Chess, Dota Underlords, dan LoL: Teamfight Tactics bisa menjadi pilihan terbaik saat ini.  

Game yang sudah berjalan sejak 4 Juli 2019 ini memang berada di puncak popularitasnya untuk mode Auto Battler yang mereka promosikan di Indonesia. Chess Rush merupakan game yang paling populer saat itu mengalahkan genre yang sama dengan Auto Chess. 

Sayangnya popularitas ini perlahan menurun dan dunia game diambil alih oleh MOBA dan Battle Royale. Komunitas game juga ditutup dan semakin parah dengan lewatnya tim pengembang untuk memberikan pembaruan baru. 

Alasannya adalah Chess Rush mengumumkan penutupan dan pensiunnya pada April 2022 karena memang sudah mulai sepi peminat dan kurangnya gameplay pada setiap update. 

Walaupun demikian, Chess Rush berterima kasih kepada para pemain atas cinta dan dukungan mereka, dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Baca juga: 5 Game MOBA Offline yang Mirip ML, Nggak Kalah Seru!

Tentang Game Chess Rush

Chess Rush
Game Battle Royale. Source: Youtube/Kurohike.

Seperti game pertarungan mobil lainnya yang dirilis sebelumnya, Chess Rush juga memiliki nuansa yang sama dimana pemain akan beradu strategi di papan catur berukuran 8×8.

Tujuan dari permainan ini didasarkan pada kemampuan setiap pemain untuk bertahan melawan serangan musuh (baik monster atau pemain lain) hingga permainan hanya menyisakan satu pemain atau pekerja. 

Menghadapi serangan musuh, kamu harus membuat kombinasi berbeda berdasarkan ras dan kelas. Membuat kombinasi ini juga memiliki tantangan tersendiri, termasuk bertaruh pada peluang stat hero langka yang bisa didapatkan. 

Setiap hero dapat diberdayakan dengan berbagai cara, dengan menaikkan level, memberikan efek sinergi, memberikan sesuatu. Level hero dapat ditingkatkan dengan mengumpulkan 3 hero yang sama. Level pahlawan maksimum adalah 3.

Pentingnya permainan ini tergantung dari kontrol hero yang digunakan, maklum setiap pemain hanya bisa menggunakan 10 hero. Dengan keterbatasan tersebut, kamu ditantang untuk menciptakan relasi terbaik di sepuluh ruang tersebut.

Berbeda dengan judul car battle lainnya, Chess Rush memiliki fitur dimana pemain dapat menempatkan 2 hero di awal permainan sehingga pemain dapat dengan cepat memulai strateginya.

Baca juga: 5 Game MOBA Keren Dan Gratis Terbaik 2022

Apakah kamu salah satu player yang pernah memainkannya?

Top Up Game termurah hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!