Urutan God of War Terlengkap Berdasarkan Jalan Ceritanya

urutan god of war

Dengan begitu banyaknya instalasi, urutan God of War (GOW) terkadang belum banyak diketahui. Memang pada awalnya, berbagai lineup yang dirilis menggunakan urutan penomoran sebagai penanda.

Namun semakin ke sini, itu semua lantas berubah dan akhirnya menggunakan penamaan yang terbilang rumit. Tidak jarang orang salah mengira urutan, baik terbolak-balik, atau tidak mengira bahwa ada sekuel yang terlewatkan.

Perlu diingat, bahwa setiap instalasi sendiri berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Jika sampai terselip urutannya, jalan cerita sang “Dewa Perang” dapat menjadi kacau dan immersivitas-pun berantakan.

Karena itulah kita ingin bahas urutan God of War sesuai jalan ceritanya nih! Harapannya biar Vicigers bisa merunut semuanya tanpa ada yang terlengkah.

PERINGATAN: Sebelum membaca lebih jauh, hati-hati bakal ada spoiler pada artikel ini!

Namun, jika kamu tidak keberatan yuk disimak ulasannya!

Baca juga: Lokasi Perisai di God of War Ragnarok, Catat!

Urutan Game God of War

Urutan God of War
Sumber: Gof of War

Sebagai game eksklusif PlayStation, God of War sendiri tidak melulu hanya dirilis pada konsol mainstream (PS2-PS5) Sony semata. Beberapa varian untuk platform handheld dan mobile-nya pun pernah ikut dirilis.

Berikut adalah rinciannya:

God of War: Ascension (2013)

Meski game ini merupakan instalasi ke-7 sekaligus game terakhir yang dirilis untuk konsol PS3. Namun menurut urutan cerita, ini menjadi yang paling awal.

Game ini mengambil setting sebelum God of War (2005) pertama dan menampilkan Kratos yang berusaha untuk membebaskan diri dari kutukan dewa walhasil dari pengingkaran sumpahnya.

God of War: Chains of Olympus (2008)

Dirilis pada tahun 2008 untuk konsol PlayStation Portable (PSP), Chains of Olympus menjadi instalasi ke-4. Setting ceritanya berada di antara Ascencion (2013) dan God of War (2005).

Game ini menampilkan petualangan Kratos yang telah bebas dan perjuangannya sebagai pelayan dewa-dewi Yunani guna memuluskan upayanya dalam membalas dendam kematian keluarganya.

God of War (2005)

Merupakan game God of War ke-1 yang diterbitkan untuk konsol PS2. Game ini menampilkan perjalanan Kratos yang sudah lelah menjadi pelayan Olympus dan menuntut pembalasan dendamnya sebagai imbalan dari pengabdiannya tersebut.

Di sini juga ia berhasil membalaskan dendamnya kepada Ares, dan menjadi God of War yang baru.

God of War: Ghost of Sparta (2010)

Sebagai game konsol PSP, game ini menjadi instalasi yang ke-6. Plot yang diusung pada game ini menceritakan kehidupan Kratos setelah menggantikan Ares.

Di sini ia berusaha mencari tahu masa lalunya semasa ia masih menjadi manusia fana. Seiring dengan peristiwa yang terjadi, Kratos-pun kembali mendendam dengan para dewa-dewi Olympus.

Baca juga: Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Bermain Game God of War Ragnarok

God of War: Betrayal (2007)

Instalasi ini merupakan God of War pertama yang dirilis untuk platform ponsel berbasis Java serta menjadi instalasi ke-3. Meskipun ukurannya yang kecil, game ini terbilang mendapat resepsi yang cukup baik dan menawarkan plot cerita yang tak dapat dipisahkan.

Dinarasikan bahwa dengan terjadinya permusuhan antara Kratos dan Olympus, petualangannya di game ini menjadi konsekuensi yang harus ditanggung oleh sang protagonist dalam memantik kemarahan para dewa-dewi.

God of War II (2007)

Game legendaris ini menjadi instalasi ke-2 untuk konsol PS2. Melanjutkan setting dari cerita sebelumnya, Kratos yang masih suka membuat onar demi meraih murka dewa-dewi Olympus akhirnya mendapatkan perang terbuka yang ia idamkan.

Zeus sendirilah yang akhirnya turun tangan dengan mengakali sang God of War. Seiring berjalannya game ini, Kratos yang dibantu para Titan bersumpah untuk mengakhiri kejayaan Olympus dan Zeus untuk selamanya.

God of War III (2010)

GOW III merupakan yang pertama dirilis untuk konsol PS3, dan menjadi instalasi ke-5. Ketika melanjutkan upayanya demi menghancurkan dominasi Olympus, Kratos malah mendapat pengkhianatan dari para Titan.

Namun dengan bantuan Pandora, ia akhirnya berhasil mengalahkan Zeus, yang ternyata merupakan ayahnya sendiri. Instalasi ini menjadi ending dari cerita sang Dewa Perang pada mitologi Yunani.

God of War (2018)

Sekuel ini adalah yang pertama rilis untuk konsol PS4 sebagai instalasi ke-8. Sesuai namanya yang tanpa diiringi “embel-embel” apapun, sang developer seakan ingin memperkuat konsep “reset” bagi sang protagonis.

Setting pada game ini terpisah kurang lebih 150 tahun setelah peristiwa sebelumnya, dan menampilkan Kratos bersama seorang anak bernama Atreus pada meta mitologi Nordic.

God of War: Ragnarok (2022)

God of War: Ragnarok
God of War: Ragnarok. Sumber: PlayStation Official Site

Menjadi instalasi ke-9 bagi God of War dan rilisan lintas platform pertama untuk konsol PS4 dan PS5.

Berselang 3 tahun dari petualangan sebelumnya, Kratos dan Atreus bersama Freya memerangi Thor serta Odin selaku tokoh utama di mitologi ini.

Baca juga: Jadwal Rilis God of War Ragnarok Resmi Diumumkan!

Nah itulah urutannya. Silahkan dirunut yah mainnya!  Nantikan artikel God of War lainnya hanya di VCGamers News!

Jangan lupa, Top Up Games Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!