Genshin Impact Switch Akan Segera Hadir? Simak Faktanya!

Genshin Impact di Switch

Kabar Genshin Impact Switch sudah santer dari 2020 lalu. Semuanya seakan tidak sabar menantikan sang game benchmark yang bisa dimainkan, tak hanya di ekosistem smartphone (iOS/Android) saja, namun dapat diakses secara cross platform.

Namun, kehadiran Genshin Impact pada platform Nintendo Switch sendiri terkesan sangat memaksakan dan sulit untuk bersaing. Pasalnya, game ini dirancang untuk menyaingi Legend of Zelda: Breath of the Wild (BOTW).

Mungkin atas dasar itu jugalah, meski setelah tiga tahun lamanya mereka mengumumkan kehadiran pada platform Switch, belum ada kabar terbaru kapan game ini akan menembus pasar Nintendo.

Akankah Genshin Impact mampu menyaingi dominasi BOTW selaku game yang menjadi inspirasi kelahirannya? Adakah posisi unggul yang mungkin dimiliki oleh sang game “ripped-off”?

Biar lebih paham, simak nih artikel VCGamers yang satu ini!

Baca juga: Celestia Genshin Impact, Tempat Tinggal Para Tuhan Teyvat

Genshing Impact: BOTW Versi Mobile?

Gameplay Genshin Impact
Gameplay Genshin Impact. Sumber: Google Play Store/Genshin Impact

Dikembangkan oleh developer sekaligus publisher dari Tiongkok bernama miHoYo, game ini dirilis pertama kali pada tahun 2020.

Meski Genshin Impact lebih meledak pada pangsa mobile, namun game ini juga dapat ditemui pada Windows dan PlayStation 4.

Selama ini, Genshin Impact memanfaatkan celah ‘eksklusifitas’ dari lineup Zelda dengan menghadirkan gameplay serupa di pasar platform yang lebih luas.

Namun ketika ia masuk ke Switch, itu tandanya mereka harus bermain di “kandang” lawan.

Selain itu nilai jual Genshin Impact juga berada pada playable karakter yang beragam. Masing-masing karakter memiliki skill dan speciality yang unik yang dapat di padukan untuk menciptakan estetika bermain.

Mereka juga giat melakukan update, mengembangkan permainan mereka tersebut secara berkala. Ini dilakukan khususnya pada platform mobile, agar mereka dapat bersaing pada model industri di sana yang cenderung sangat dinamis.

Dan nilai tambah terakhir dari game ini adalah aksesibilitas free to play yang mereka miliki. Players tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk memainkannya. miHoYo lebih memilih menggunakan skema micro-transaction dalam mencari keuntungan.

Baca juga: Panduan Event Fungus Mechanicus Genshin Impact 3.5

Bisakah BOTW Dilawan?

LOZ: BOTW di Switch
LOZ: BOTW di Switch. Sumber: Zelda Official

BOTW sendiri merupakan game yang mempionirkan nuansa subtle dari genre open-world. Keberhasilan mereka lantas dijadikan suatu standar baru bagi industri game dunia.

Ini terlihat dengan dibakukannya game tersebut sebagai Game of the Year 2017 oleh banyak pihak. Dengan banyaknya gelar prestisius yang sudah ia kantongi, tentu menyaingi BOTW di Nintendo Switch bukan pilihan yang bijak.

Tak hanya berhenti disitu, nama besar BOTW bahkan hingga mampu berkontribusi signifikan dalam mendongkrak penjualan sang konsol.

Banyak orang hingga rela merogoh kocek dan membeli Switch hanya karena ingin memuaskan rasa penasaran akan sensasi petualangan Link si tokoh utama.

Dan tidak hanya berhenti di sana. Meski sudah memiliki konsolnya sekalipun, players tidak semerta-merta bisa langsung mengunduh dan memainkannya begitu saja selayaknya Genshin Impact.

Players perlu membeli game tersebut dengan kisaran harga yang berada di angka setengah jutaan. Belum lagi untuk DLC (update)-nya, dimana untuk setiap downloadable content, players lagi-lagi harus mengeluarkan biaya.

Namun dengan segala pengorbanan tersebut, BOTW masih mampu menarik minat banyak orang dan menjadi salah satu game yang paling dinikmati sekarang ini. Wajar jika akhirnya miHoYo kerap berpikir dua kali untuk menelurkan Genshin Impact di Switch.

Baca juga: Inazuma Genshin Impact: Lokasi dan Cara Mendapatkannya

Genshin Impact Gagal Hadir di Switch?

Genshin Impact di Switch
Genshin Impact di Switch. Sumber: VCGamers

Hingga saat ini belum ada official announcement dari pihak miHoYo mengenai nasib serta kelanjutan dari instalasi ini. Banyak kabar burung berseliweran, namun tidak ada yang dapat dijadikan pegangan utuh.

Salah satu sumber yang banyak dijadikan acuan adalah keberadaan berita mengenai pihak Nintendo yang menanyakan keseriusan miHoYo mengenai perilisan mahakarya mereka tersebut. Lalu jawaban yang dilayangkan sang pengembang game cukup menenangkan.

Mereka menyatakan bahwa perangkat lunak Genshin Impact untuk konsol kesayangan Nintendo tersebut masih dalam tahap pengembangan, dan nantinya akan tetap dirilis meski belum dapat menentukan tanggal pasti.

Sekali lagi, sumber ini sendiri belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun yang pasti, trailer Genshin Impact untuk Switch sendiri masih dapat di akses di laman YouTube official sang developer.

Ini menandakan adanya itikad dan komitmen baik dari pihak miHiYo, agar nantinya para penggemar Nintendo tidak pupus harapan dan merasa kecewa.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Tomo Genshin Impact

Lantas bagaimana dengan kalian? Ingin coba main Genshin Impact di Switch atau sudah nyaman di smartphone?

Jagan lupa, Top Up Games Murah dan Cepat hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!