Fakta Menarik Hagoromo Otsutsuki di Naruto

Hagoromo Otsutsuki

Hagoromo Otsutsuki atau yang juga disebut Rikudo Sennin merupakan sosok legendaris yang mengajarkan Ninshū dan menciptakan dunia shinobi

Karakter yang satu ini mempunyai banyak fakta dan misteri yang menarik untuk dibicarakan. Dia adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam dunia Naruto, para ninja juga memuja dan menghormatinya.

Baca juga: 12 Karakter Terpopuler di Serial Naruto

Fakta Menarik Hagoromo Otsutsuki di Naruto

Pada artikel kali ini kami telah merangkum sepuluh hal menarik tentang Hagoromo Otsutsuki untuk Vicigers para penggemar Naruto berikut ini.

Mempunyai Saudara Kembar

Hagoromo and Hamura
Hagoromo and Hamura. Sumber: Daily Anime Art

Rikudo Sennin mempunyai saudara kembar yang bernama Hamura Ōtsutsuki yang sama-sama lahir dari Kaguya Ōtsutsuki. 

Karena saat itu Kaguya telah memakan buah terlarang dari Pohon Suci untuk untuk mendapatkan kekuatan dewa.

Akibatnya pada saat melahirkan Hamura dan Hagoromo keduanya mempunyai kekuatan manipulasi chakra yang seperti ibunya. Kedua kakak beradik akhirnya punya kekuatan luara biasa. 

Baca juga: Cara Menghubungkan Oculus Quest 2 ke PC

Punya Tiga Kekuatan Mata

Mata Byakugan Rikudo
Mata Byakugan Rikudo. Sumber: Quora

Hagoromo adalah leluhur dari para shinobi pengguna Dojutsu seperti Hyuga dan Uchiha. Sejak kecil Hagoromo sudah mewarisi byakugan seperti mata Kaguya. 

Namun saat dirinya tertekan dan melihat Haori, wanita yang dicintai meninggal karena menjadi tumbal Pohon Chakra Kaguya, dia membangkitkan kekuatan Sharingan

Rikudo Sennin adalah pengguna mata Sharingan pertama di anime Naruto. Baru setelah kematiannya, klan Uchiha tercipta dari keturunan yang bernama Indra Ōtsutsuki.

Kemudian Rikudo Sennin juga mempunyai mata Rinnegan yang dia dapatkan saat harus membunuh Hamura.

Jinchuriki 9 Biju 

Rikudo Sennin dengan sembilan biju
Rikudo Sennin dengan sembilan biju. Sumber: Naruto Wiki Fandom

Rikudo Sennin adalah seorang Jinchuriki yang unik. Karena dia mempunyai kesembilan Biju di tubuhnya. 

Kekuatan 9 biju dia dapatkan setelah berhasil mengalahkan si Ekor Sepuluh. Saat itu Hagoromo membagi 9 chakra Bijuu yang terkumpul dalam satu monster kemudian ia menyegel dalam tubuhnya sendiri. 

Dengan kekuatan dari kesembilan Bijuu, Hagoromo dapat menggunakan berbagai jenis jurus luar biasa, termasuk membangkitkan Rinnegan. 

Baca juga: Rekomendasi Game Gratis Terbaik di Oculus Quest 2 2024

Menciptakan Sistem Chakra 

Ninshu
Sistem Chakra Ciptaan Hagoromo. Sumber: Narutopedia

Setelah menyelamatkan warga desa yang terjebak dalam Pohon Chakra Kaguya, Rikudo Sennin kemudian mengembara ke seluruh dunia.

Dia memberikan chakra kepada orang di seluruh dunia dengan syarat tetap mematuhi ajaran dan prinsip ninshu.

Ajaran ninshu pada awalnya dibagikan agar manusia bisa memelihara perdamaian dunia. Hingga pada era Naruto, ajaran tersebut dikenal dengan sebutan ninjutsu.

Menurut mitosnya, chakra Hagoromo masih hidup hingga era Boruto. Dengan begitu dirinya bisa memantau dunia ninja yang dia buat dan membantu generasi berikutnya jika Kaguya bangkit lagi. 

Baca juga: 10 Game Oculus Gratis Terbaik 2024

Leluhur Klan Senju dan Uchiha

Silsilah Keturunan Hagoromo
Silsilah Keturunan Hagoromo. Sumber: Sportskeeda

Dalam kisahnya Rikudo Sennin mempunyai dua orang putra yang bernama Indra dan Ashura. Kedua putranya tersebut mewarisi kekuatan Rikudo yang berbeda. Jika Asura mewarisi bakat dan kekuatan Hagoromo maka Asura mewarisi tekad dan kekuatan mata. 

Dalam kisahnya Rikudo Sennin mempunyai dua orang putra yang bernama Indra dan Ashura. Kedua putranya tersebut mewarisi kekuatan Rikudo yang berbeda. Jika Asura mewarisi bakat dan kekuatan Hagoromo maka Indra mewarisi tekad dan kekuatan mata. 

Indra adalah pemilik kekuatan mata Rinengan dan Sharingan. Namun hanya kekuatan Sharingan saja yang bisa diturunkan secara genetik anak cucunya yang terafiliasi dalam klan Uchiha.

Sedangkan Ashura mempunyai keturunan yang mewarisi kekuatan chakra yang luar biasa. Keturunan Ashura terafiliasi dalam klan Uzumaki dan klan Senju.

Meskipun berasal dari keturunan yang sama, klan Senju dan klan Uchiha mempunyai perbedaan ideologi akibatnya keduanya selalu berkonflik.

Baca juga: 10 Quirk Karakter MHA dengan Efek Buruk Terhadap Penggunanya

Mati Setelah Menciptakan 9 Biju 

Asura dan Hagoromo
Kematian Hagoromo Ōtsutsuki. Sumber: Narutopedia

Hagoromo terinspirasi oleh sifat anaknya Asura yang selalu ingin menciptakan keharmonisan dan perdamaian di dunia. 

Dari situ, Rikudo Sennin bertekad untuk menciptakan bijuu dengan memecahnya menjadi sembilan makhluk kemudian memberi nama bijuu itu masing-masing. 

Sayangnya setelah mengeluarkan Ekor Sepuluh dan memecahnya menjadi sembilan, tubuhnya mulai melemah. Hingga akhirnya kondisinya semakin buruk dan meninggal. 

Dia mampu hidup bertahan beberapa waktu sebelum akhirnya mati berkat suplai chakra dari cangkang Ekor Sepuluh (Gedo Mazo). 

Baca juga: Cara Membatalkan Langganan Disney Plus Hotstar dengan Mudah

Membenci Dunia Shinobi

Sharingan Hagoromo
Sharingan Hagoromo. Sumber: CBR

Anehnya dia membenci dunia shinobi yang diciptakannya sendiri. Inilah letak kompleksitas dari seorang Hagoromo Ōtsutsuki, dia menciptakan dunia shinobi tapi kemudian dia membencinya.

Hagoromo membenci dunia shinobi karena banyak yang memodifikasi ajaran ninshuu miliknya menjadi ninjutsu untuk bertarung. Hal itu sudah sangat melenceng dari prinsip yang diajarkan. 

Motif utama Rikudo Sennin memberikan chakra ke seluruh dunia supaya manusia bisa saling memelihara perdamaian. Namun, pada akhirnya ajaran ninshuu malah menjadi sumber peperangan. 

Baca juga: 3 Cara Memainkan Game Steam VR di Oculus Quest 2

Menguasai Kemampuan Senjutsu

Senjutsu Rikudo Sennin
RIkudo Belajar Senjutsu di Myoboku. Sumber: Quora

Hagoromo adalah salah satu karakter di dunia Naruto yang menguasai Senjutsu. Dia mempelajari teknik ini dari katak Gamamaru di Gunung Myoboku. 

Teknik senjutsu yang dimiliki oleh Rikudo Sennin adalah sage mode sempurna dan merupakan teknik senjutsu terkuat. 

Dengan teknik ini Rikudo Sennin bisa meningkatkan kemampuan sensoriknya. Dia bisa merasakan kekuatan chakra dari jarak jauh dan melihat melalui penghalang. Pada saat tampil di adegan perang dunia shinobi, Rikudo Sennin bisa merasakan chakra Biju di dalam tubuh Naruto dan Sasuke.

Sebagai pengguna sage mode sempurna, Rikudo Sennin bisa memanfaatkan kekuatan tersebut untuk terbang.  

Senjutsu milik Rikudo Sennin menjadi salah satu sumber kekuatan terpenting. Dengan menggunakan kekuatan ini, Hagoromo bisa mendapat kemampuan luar biasa dan menjadi karakter terkuat di dunia Naruto. 

Baca juga: Karakter Tekken 8 yang Paling Mudah Dimainkan Pemula

Mempunyai Banyak Pusaka Sakti

Pusaka Rikudo Sennin
Pusaka Rikudo Sennin. Sumber: Twitter

Selepas kepergiannya, Hagoromo juga meninggalkan benda-benda pusaka yang sangat berharga. Benda tersebut antara lain:  Bashōsen, Benihisago, Kōkinjō, Shichiseiken, dan Kohaku no Jōhei. 

Pusaka Rikudo Sennin mempunyai kekuatan unik yang luar biasa dimana beberapa di antaranya bisa untuk menangkap jiwa targetnya dan menyegel jiwa tersebut. 

Dengan menggunakan Bashōsen Rikudo bisa menyegel siapa pun dengan sangat mudah. Alat-alat tersebut memungkinkannya untuk melakukan teknik setingkat fuinjutsu tanpa harus merapal segel tangan terlebih dahulu. 

Tapi tidak sembarang orang bisa menggunakan pusaka ini karena benda peninggalan Hagoromo dapat menyerap banyak chakra. Oleh sebab itu, orang dengan jumlah chakra kecil bisa mati ketika menggunakannya. 

Baca juga: Tier List Kekuatan Karakter Avatar The Last Air Bender di Tim Aang

Mengaktifkan Jutsu tanpa Segel

Chidori Rikudo Sennin
Chidori Rikudo Sennin. Sumber: Narutopedia

Hampir setiap shinobi di dunia Naruto, mereka akan merapal segel tangan mereka ketika akan menggunakan jurus. 

Misalnya adegan Kakashi yang sedang meniru jurus milik lawan-lawannya. Bahkan Hashirama yang akan memanggil Kuchiyose Goju Rashomon dan mengeluarkan patung Shinsu Senju.

Tapi hal ini berbeda dengan sang pencetus ajaran Ninshu. Hagoromo Otsutsuki tidak perlu merapal segel saat akan menggunakan jurus elemen. 

Itu terbukti pada saat dia melawan adiknya, Hamura Otsusuki yang tidak sadarkan diri. Ketika itu Hagoromo mengaktifkan elemen petir menyerupai Chidori di tangan kanannya untuk menyerang Hamura tanpa menggunakan segel.

Kemudian pada adegan flashback Hagoromo pernah menghancurkan batu yang menghalangi air di suatu desa dengan menggunakan Chidori lagi tanpa merapal segel tangan.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!