10 Quirk Karakter MHA dengan Efek Buruk Terhadap Penggunanya

Karakter Anime MHA

Quirk yang dimiliki karakter MHA atau kemampuan khusus karakter My Hero Academia adalah sala satu daya tarik dari anime satu ini.

Tapi My Hero Academia menjadi anime yang menarik karena para tokohnya tidak selalu tampil overpower. Maksudnya mereka tidak bisa seenaknya menggunakan kekuatan yang mereka miliki. 

Setiap karakter MHA harus menggunakan kekuatannya dalam batas wajar. Karena beberapa dari mereka akan menerima efek buruk dari quirk-nya sendiri. 

Siapa saja karakter MHA yang akan mendapat konsekuensi buruk ketika menggunakan kekuatannya terlalu sering? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: 3 Kematian Karakter Anime dan Manga Paling Epik

Efek Samping Quirk Karakter My Hero Academia

Boku No Hero Academia
Boku No Hero Academia. (Source: VIU)

Beberapa karakter di dalam anime ini sebenarnya mempunyai kekuatan yang luar biasa. Sayangnya mereka tidak bisa menggunakan kekuatannya setiap saat dan sesuka hati.

Siapa saja karakter kuat tersebut, simak penjelasannya di bawah ini: 

Touka – Mirio Togata

Karakter MHA Mirio
Karakter MHA Mirio. Sumber: Youtube Truth Hero

Karakter ini mempunyai kemampuan unik yang bernama Touka. Quirk milik Mirio Togata memungkinkannya untuk menembus objek apapun. 

Bahkan saat Mirio akan terkena hantaman tangan Deku, dia bisa membuat tubuhnya menjadi dapat ditembus tembus untuk menghindari serangan.

Sebenarnya quirk ini mempunyai banyak kelemahan akan tetapi Mirio telah melatih tubuhnya untuk menutup segala kekurangan tersebut.

Meskipun begitu, dia tetap saja masih mempunyai kelemahan. Mirio tidak bisa menggunakannya dalam waktu yang terlalu lama dia bisa mati. Alasannya, saat Mirio menggunakan quirk ini cahaya, oksigen sampai cahaya bisa menembus tubuhnya. 

Konyolnya lagi ketika Mirio sedang bertarung dan menggunakan kekuatan, pakaian yang dia pakai bisa sampai terlepas dari tubuh.

Tentu efek samping dari quirk ini tak hanya membuat penggunanya mengalami kematian tapi bisa jadi dia menahan malu sampai mati. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Anime Terbaik di 2024!

Taiden – Kaminari Denki

Kaminari Denki
Kaminari Denki. Sumber: Youtube Vocal Pineapple Academia

Denki mempunyai kekuatan yang memungkinkannya untuk menghasilkan listrik dari tubuhnya. Listrik yang dihasilkan oleh Denki mirip sekali dengan kilatan petir yang keluar saat hero Mobile Legends Joy mengaktifkan kekuatannya.

Taiden mempunyai banyak sekali efek samping jika Denki menggunakannya secara berlebihan. Kaminari Denki bisa mendadak menjadi eror karena otaknya terkena setrum yang begitu besar. 

Kelemahan Kaminari Denki membuatnya tidak bisa bertarung sendirian. Bayangkan saja, ketika dia sedang menghadapi penjahat dan tiba-tiba otaknya eror gara-gara menggunakan setrum yang terlalu besar.

Tentu Kaminari bisa mati dibunuh musuh dengan mudah kalau tidak ada kawan yang membantunya. 

Cremation – Dabi

Dabi Karakter MHA
Dabi Karakter MHA. Sumber Youtube Tsumika

Kalau kamu nonton Avatar dan mengenal karakter yang bernama Azula maka quirk Cremation ini sangat mirip dengannya. Dabi bisa mengeluarkan api berwarna biru yang mempunyai temperatur lebih panas dari milik Endeavour dan Todoroki Shoto.

Meskipun api milik Dabi mempunyai keunggulan daripada api milik Pahlawan Nomor Dua, Endeavour. Akan tetapi, Dabi tidak mempunyai tubuh yang cukup kebal untuk menahan kekuatannya sendiri. 

Itu sebabnya karakter ini mempunyai penampilan wajah dengan kulit yang mengelupas. Kulit yang mengelupas itu disebabkan tubuhnya tidak bisa menahan temperatur dari api birunya sendiri. 

Baca juga: 7 Karakter Mortal Kombat Terkuat, Ada Favoritmu?

GasMustard

Mustard Quirk Gas
Mustard bisa pingsan kena gasnya. Sumber: Youtube EthanRek

Kekuatan milik Mustard ini sebenarnya sangat overpower. Alasannya gas milik Mustard dapat mengepung musuh dan membuat musuhnya tertidur. 

Selain itu, musuh yang berada dalam kepungan gas juga akan mudah terdeteksi pergerakannya. Gas milik Mustard bisa berfungsi sebagai sensor sekaligus senjata untuk melumpuhkan musuh. 

Sayangnya, si Mustard tidak mempunyai imun untuk menahan efek gas yang dia miliki. Itu sebabnya, Mustard menggunakan masker dan menggendong oksigen sendiri untuk melindungi diri dari efek samping.

Kalau maskernya sampai lepas, Mustard akan ikut tertidur dan sangat mudah untuk dilumpuhkan. 

Rewind – Eri

Eri Karakter MHA
Eri Karakter MHA. Sumber Youtube Anime Journey

Kekuatan Eri-Chan disebut Rewind atau Maki Modoshi dalam bahasa Jepang. Kekuatannya ini punya efek samping yang berbahaya bagi penggunanya dan juga orang di sekitarnya.

Sesuai dengan namanya, kekuatan ini bisa mengembalikan umur suatu objek. Simpelnya ketika kekuatan ini digunakan untuk menyembuhkan sebuah luka, maka Eri akan mengembalikan kondisi tubuh yang terlalu ke waktu di mana tubuh tersebut belum terluka.

Kekuatan ini punya efek samping yang berbahaya. Ketika Eri tidak bisa mengendalikannya, orang di sekitarnya bisa Eri rewind bahkan hingga ke masa sebelum orang itu ada. 

Baca juga: 5 School Fighting Anime, Buat Kamu yang Suka Action!

Nebiru Laser – Yuuga Aoyama

Yuuga Aoyama 
Yuuga Aoyama. Sumber: Youtube Bandai Namco Eurpe

Kekuatan Yuuga Aoyama jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘Laser Puser’. Kekuatan ini sebenarnya sangat overpower, dia bisa menghancurkan robot besar dalam sekali serang. 

Tapi efek samping dari kekuatan ini dapat melemahkan Aoyama. Ketika dia terlalu banyak menggunakan kekuatannya, Aoyama akan mengalami kram perut. 

Belum lagi kekuatan ini tidak bisa dikontrol Aoyama dengan baik, tak jarang kekuatannya ini muncrat sendiri dari pusar. Hal ini membuatnya harus selalu menggunakan sabuk di pusarnya. 

Dark Shadow – Fumikage Tokoyami 

Karakter My Hero Academia Fumikage Tokoyami
Source: Fandom

Bayangan hitam milik Tokoyami mempunyai kekuatan yang luar biasa overpower. Dark Shadow ini bisa semakin kuat ketika area Tokoyami bertarung sedang gelap-gelapnya. 

Sayangnya Dark Shadow milik Tokoyami ini bisa menjadi senjata makan tuan baginya. Ketika bayangan hitam semakin kuat, bayangan tersebut akan semakin tak terkendali dan bisa melukai orang di sekitar maupun Tokoyami sendiri. 

Ketika hal itu terjadi biasanya Tokoyami juga akan menjadi sakit-sakitan sehingga semakin tidak bisa mengontrol Dark Shadow itu sendiri. 

Nibai – Twice

Twice
Twice. Sumber: Youtube Art Simple

Twice bisa membuat klon orang lain atau dirinya sendiri dalam jumlah banyak. Pernah pada suatu episode Twice pernah mengkloning dirinya sendiri menjadi sangat banyak.

Bahayanya dari kekuatan Twice ini, klon miliknya punya kepribadian sendiri dan merasa dirinya adalah Twice yang asli. 

Karena itu, Twice jadi punya kelainan kepribadian yang bisa dibilang sedikit gila karena bingung merasa dirinya adalah bunshin

Baca juga: 5 Tontonan Anime Terbaik Isu Kesehatan Mental dan Depresi 2024!

Masshou – Shota Aizawa

Shota Aizawa
Shota Aizawa. Sumber: Youtube Luan ‘Jhony’ Dang

Aizawa sensei adalah karakter MHA yang mempunyai quirk dengan efek samping berbahaya bagi dirinya. Dia bisa menghapus kekuatan lawan yang dilihatnya selama beberapa detik. 

Kemampuan ini pernah Aizawa pakai untuk menghapus kekuatan Dabi sementara waktu untuk mencegah serangan api biru itu keluar. 

Tapi sayangnya, kekuatan milik Aizawa mempunyai efek samping yang menjadi kelemahan. Efek samping tersebut dapat membuat mata Aizawa menjadi kering dan perih, itu sebabnya Aizawa selalu membawa obat tetes mata kemanapun dia pergi. 

One for All – Midoria Izuku

Midoria Izuku
Midoria Izuku. Sumber: Youtube Anime Fight’s

Sebenarnya One for All bukanlah quirk mutlak milik karakter utama MHA ini. Kekuatan ini adalah quirk turun temurun yang diwariskan dari generasi ke generasi. 

Bisa dibilang One for All adalah kekuatan yang mirip dengan kekuatan Avatar hanya saja tidak bisa mengendalikan 4 elemen. 

One for All menjadi quirk dengan efek samping paling buruk ketika penggunanya tidak mempunyai tubuh yang cukup kuat. 

Bisa dibilang Deku adalah karakter MHA yang tidak mampu menerima kekuatan ini. Bagaimana tidak, baru berlatih sebentar dia sudah harus menerima kekuatan sebesar One for All. 

Alahasil, Deku sering melukai dirinya sendiri saat harus menggunakan kekuatan ini. Tak jarangan Deku mematahkan jarinya atau bahkan meremukan tangan dan kakinya hanya untuk mengaktifkan kekuatan ini. 

Meskipun nanti tubuh Deku akan pulih lagi tapi, jika terlalu sering mencederai tubuhnya lagi dengan One for All dia bakal menghancurkan tubuhnya. 

Baca juga: 3 Kematian Karakter Anime dan Manga Paling Epik

Lagi cari tempat isi saldo Steam yang murah aman dan cepat? Langsung aja top up saldo Steam kamu di VCGamers Matketplace sekarang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!