5 Tontonan Anime Terbaik Isu Kesehatan Mental dan Depresi 2024!

animedepresi (7)

Saat ini terdapta sjeumlah film atau serial anime yang bertemakan depresi yang menggambarkan kehidupan seorang karakter.

Sudah banyak sekali serial atau film anime yang menyajikan permasalahan dari karakternya yang mengalami depresi dan cara mereka mengatasi perasaan trauma dan mengobati depresi.

Maka dari itu, isu kesehatan mental satu ini sering menjadi topik pembicaraan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat sehingga hal ini diadaptasi untuk versi film atau serial anime.

Film atau serial anime tersebutlah yang akan memberikan pelajaran hingga solusi yang perlu dilakukan ketika mereka sedang mengalami kesehatan mentalnya yang buruk.

Tenang saja karena pada artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa daftar anime terbaik 2024 yang menyajikan isu kesehatan mental dan depresi sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

Baca juga: Genre Anime yang Paling Populer, Mana Favoritmu?

Daftar Anime Isu Kesehatan Mental & Depresi

animedepresi (6)
Hotarubi no Mori e (Source: Fantasy Topics)

Berikut ini merupakan daftar anime tentang kesehatan mental dan depresi terbaik 2024 yang bisa kamu tonton ketika gabut!

Neon Genesis Evangelion

anime depresi (3)
Neon Genesis Evangelion (Source: IMDb)

Salah satu manga yang telah diadaptasi menjadi serial anime yang bertemakan isu kesehatan mental dan depresi datang dari judul Neon Genesis Evangelion karya Hediaki Anno dan diproduksi oleh Gainax dan Tatsunoko Production.

Anime bergenre Mecha, Pasca-Apocalyptic, Psikologi, Drama dan Science-Fiction (Sci-Fi) ini tayang pada 4 Oktober 1995 – 27 Maret 1996 terdiri dari 26 episode.

Neon Genesis Evangelion ini menceritakan tentang kisah pasca-apocaliptik yang berlokasi di Tokyo 3 menghadapi serangan misterius dari makhluk raksasa bernama Angels yang menyerang bumi serta manusia di bumi.

Shinji Ikari sebagai remaja yang disuruh ayahnya untuk menjadi Pilot Evangelion untuk menyerang Angels tersebut.

Di sana ia membentuk organisasi yang bernama NERV untuk membuat mesin raksasa yang dioperasikan oleh Shinji Ikari.

Selama perjalanannya, Shinji dan pilot lain sedang mengalami permasalahan internal untuk melawan Angels tersebut serta sulit mengetahui sejarah Eva dan posisi manusianya.

Sebagai karakter utama, Shinji Ikari sempat menderita karena mengalami ketidakpastian, terjebak dan sulit berkomunikasi.

Dari kedua temannya juga aitu Rei dan Asuka juga mengalami masalah kesehatan mental dimana merasakan emosi yang tak stabil.

Secara keseluruhan, Neon Genesis Evangelion menyajikan cerita terkait dampak traumatis dari sebuah perang, kesedihan karena ditinggal orang tersyang serta adanya konflik batin yang muncul dalam diri karakter.

Colorful

anime depresi (1)
Colorful (Source: MyAnimeList)

Untuk rekomendasi anime terbaik bertemakan isu kesehatan mental termasuk depresi yaitu pada film anime Colorful.

Film ini diadaptasi dari Novel dengan judul yang sama karya Eto Mori dan diproduksi oleh Studio animasi Ascension dan Sunrise.

Genre dari film Colorful ini dari adalah Drama, Slice of Life serta Supernatural yang ditayangkan pada 21 Agustus 2010 dengan durasi 127 menit di Jepang.

Film anime Colorful ini mengisahkan tentang roh yang reinkarnasi kembali setelah meninggal dunia. Roh tersebut hidup dalam tubuh seorang remaja yang bernama Makoto Kobayashi baru melakukan bunuh diri.

Roh ini perlu mempelajari tantangan yang dihadapi oleh remaja tersebut sehingga mengetahui alasannya bunuh diri.

Dari sisi kesehatan mental dan depresinya, film ini memiliki tema yang cukup berat untuk ditonton seperti permasalahan putus asa, tekanan hidup dan isolasi sosial.

Cerita ini berlangsung pada Makoto Kobayashi yang merasakan tentang kehilangan dan terasingkan di kelurganya ketika sedang menghadapi permasalahan berat di hidupnya.

Selain itu juga, proses pemulihan mental juga dilakukan oleh Makoto Kobayashi untuk sembuh dari kesehatan mentalnya yang sangat buruk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Anime Sedih 2023, Bikin Kamu Nangis Brutal!

Welcome to the N.H.K

anime depresi (5)
Welcome to the N.H.K (Source: IMDb)

Untuk rekomendasi anime ketiga tentang isu kesehatan mental dan depresi datang dari judul Welcome to the N.H.K yang diadaptasi dari Novel dengan judul yang sama karya Tatsuhiko Takimoto.

Anime Welcome to the N.H.K ini bergenre Komedi, Drama, Psikologi, Romantis dan Slice of Life diproduksi oleh Studio Gonzo yang ditayangkan pada 9 Juli – 17 Desember 2006 yang berjumlah 24 episode.

Welcome to the N.H.K ini mengisahkan tentang Tatsuhiro Sato yaitu seorang Hikikomori (Orang Anti Sosial di Jepang) yang berusia 22 Tahun.

Ia juga seorang seorang NEET (Not in Education, Employment, or Training) yang mengurung diri daei lingkungan sosial dan ada salah satu alasan yang menyebabkan ia hidup seperti itu.

Disaat seperti itu, ia bertemu dengan seorang gadis aneh yang cukup populer bagi semua orang, sebut saja Misaki Nakahara yang berinisiatif untuk membantunya keluar dari zona nyamannya.

Disana Misaki Nakahara menyusun beberapa program penyembuhan yang harus diikuti oleh Tatsuhiro Sato untuk bisa merubahnya.

Dari sisi kesehatan mental serta depresinya, Welcome to the N.H.K ini menyajikan unsur depresi, kecemasan, isolasi sosial, ketakutan, kesulitan hidup serta kebingungan yang dialami oleh Tatsuhiro Sato.

Tentu saja, dari anime ini juga kita bisa melihat seseorang bisa bangkit dari permasalahan kesehatan mental serta pulih dari depresi di hidupnya.

March Comes in Like a Lion

anime depresi (2)
March Comes in Like a Lion (Source: Wikipedia)

Sebagai rekomendasi serial anime selanjutnya mengenai isu kesehatan mental serta depresi datang dari judul March Comes in Like a Lion.

Pada awalnya, March Comes in Like a Lion diproduksi versi manga karya Chica Umino hingga diproduksi dalam versi serialnya yang berjumlah 44 episode dengan 2 Season.

March Comes in Like a Lion ini diproduksi oleh Studio Shaft yang menayangkannya pada 8 Oktober 2016 – 31 Maret 2018 dengan genre Drama, Slice of Life dan Game.

Ceritanya berfokus pada kehidupan Rei Kiriyama yaitu seorang Shogi (Catur Jepang) Professional dengan kepribadiannya yang introvert berkeinginan untuk mengembangkan potensi dan skill Shoginya.

Walaupun Rei Kiriyama sangat berbakat di permainan Shogi, tapi ia tetap kesulitan ketika berinteraksi dengan teman-temannya karen masih ada rasa trauma setelah kehilangan keluarganya karena kecelakaan.

Ia didampingi oleh ketiga saudaranya yaitu Akari, Hinata, and Momo membantunya untuk menyembuhkan masalah psikologis serta emosionalnya.

Dari anime March Comes in Like a Lion ini, menyajikan unsur kesehatan mental dan depresi, serta menyembuhkan rasa trauma dan kesulitan memahami diri pribadi.

Rei Kiriyama dituntut untuk memulihkan rasa traumanya, memberanikan diri untuk berinteraksi dengan orang dan menyembuhkan penyakit mentalnya yang ditemani oleh teman-temannya yang sangat suportif kepadanya sehingga membuatnya semangat kembali.

Orange

anime depresi (4)
Orange (Source: IMDb)

Sebagai rekomendasi anime dengan isu kesehatan mental dan depresi terbaik datang dari serial anime ysng berjudul Orange.

Orange dirilis pada 2 Juli 2016 di Jepang oleh TMS Entertainment dengan jumlah 13 Episode yang bergenre Drama, Romantis, Sekolah, Shoujo (Remaja Perempuan) dan Science-Fiction (Sci-Fi).

Ceritanya berfokus pada seorang siswi SMA yang bernama Naho Takamiya. Ia menerima surat dari dirinya sendiri di masa depan.

Didalam surat tersebut diberikan petunjuk dan warning untuk mencegah kematian temannya yang bernama Kakeru Naruse.

Bersama teman-temannya, ia berusaha untuk merubah masa depannya atas dasar aturan di surat tersebut.

Tentunya pada anime satu ini menyajikan unsur depresi yang cukup mendalam dimana menghadirkan perasaan bersalah, rasa kehilangan dan sulit mengungkapkan perasaan.

Kakeru Naruse sendiri merasakan depresi setelah kehilangan seseorang yang ia cintai dan ia berusaha untuk bisa sembuh dari depresinya.

Dari Orange juga belajar bagaimana hubungan sosial, persahabatan serta cinta sangat berdampak pada kondisi kesehatan mental seseorang dan hal ini juga perlu dicari solusi penyembuhannya dengan hadirnya orang-orang berenergi positif di sekitar kita.

Baca juga: 5 Situs Nonton Anime Legal dan Sub Indo Terbaik!

Nah, itulah informasi tentang 5 daftar film dan serial anime terbaik dengan unsur kesehatan mental serta depresi yang bjsa kamu tonton nanti.

Segera Top Up kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!