4 Alasan Dibalik Pembuatan Film Call of Duty yang Selalu Ditunda

Film Call of Duty

Kabar terkait pembuatan film Call of Duty telah beredar sejak tahun 2015 silam. Informasi tersebut datang langsung dari pengembang game Call of Duty sendiri yaitu Activision

Adaptasi video game ke dalam sebuah film memang hal yang sangat menarik, terutama bagi para pemain game. Banyak film dari adaptasi video game yang sukses mendapat jutaan penonton. 

Beberapa film adaptasi video game yang sukses mendapat jutaan penonton antara lain Super Mario, Sonic the Hedgehog 2, Assassin’s Creed, Mortal Kombat dan masih banyak lainnya. 

Lantas mengapa sudah hampir sepuluh tahun ini, Activision tak kunjung menggarap produksi film Call of Duty? Berikut VCGamers telah merangkum beberapa informasi terkait alasan Activision yang selalu menunda proses produksi film Call of Duty. 

Baca juga: Cara Mengajukan Banding Akun Call of Duty yang Dibanned

Alasan Activision Menunda Produksi Film Call of Duty 

Film Call of Duty
Cal of Duty. Sumber: Activision

Faktanya informasi pengangatan game Call of Duty ke layar lebar telah disampaikan oleh Activision pada 2015 silam. Itu berarti rencana film ini sudah ada sejak 9 tahun yang lalu. 

Tiga tahun berselang, pada tahun 2018 Activision juga sudah menunjuk Stefano Solima sebagai sutradara. Dengan rencana, sinematik ini akan rilis pada tahun 2019. 

Mengutip dari laman Badtaste.it sang sutradara dalam sebuah sesi wawancara mengungkapkan bahwa pembuatan  Call of Duty movie tidak lagi jelas arahnya. 

Apakah adaptasi Call of Duty kedalam layar lebar hanya sebatas rumor saja? Simak penjelasan berikut ini terkait alasan pembuatan film Call of Duty yang tak terkunjung terlaksana: 

Baca juga: Urutan Game Call of Duty dari Terlama Sampai Terbaru

Activision Khawatir Film Call of Duty Gagal

ghost call of duty
Ghost Call of Duty .Sumber: @knowyourmeme.com

Alasan pertama yang paling mungkin terjadi adalah Activision khawatir film adaptasi yang mereka garap gagal memenuhi target penonton. Game Call of Duty memang mempunyai banyak penggemar.

Namun, itu tidak berarti ketika mengadaptasinya ke layar lebar filmnya akan sesukses video gamenya. Tentu Call of Duty movie akan bersaing ketat dengan film aksi lainnya yang rilis pada tahun 2019. 

Untuk menghadirkan film aksi dengan kualitas yang bagus tentu akan memerlukan banyak sekali sumber daya. Sementara itu, Activision juga harus fokus mengembangkan game-game top lainnya yang sudah pasti memerlukan anggaran yang sama besarnya. 

Sehingga pembuatan film Call of Duty dirasa tidak akan berjalan maksimal dan tidak mampu bersaing dengan film aksi yang rilis pada tahun 2019. 

Baca juga: 5 Game Harry Potter Terbaik 2024, Vibes ala di Hogwarts!

Film Call of Duty Bukan Prioritas Activision

Karakter Call of Duty
David “Section” Mason. Sumber: callofduty.fandom.com

Alasan yang kedua ini bukan rumor belaka, informasi terkait pembatalan produksi Call of Duty ke layar lebar datang dari Stefano Sollima. 

Dalam sesi wawancara di tahun 2020, sang sutradara menyampaikan kepada Badtaste.it bahwa Activision Blizzard memutuskan untuk tidak melanjutkan ide pembuatan serial Call of Duty. Alasannya Call of Duty movie saat itu bukan prioritas perusahaan.

Banyak penggemar Call of Duty merasa kecewa dengan keputusan Activision Blizzard. Banyak fans meyakini jika produksi game Call of Duty ke layar lebar sudah pasti sukses besar. 

Baca juga: Apa yang Kamu Tahu Tentang Call of Duty: Warzone Mobile?

Pandemi Covid-19 yang Melanda Dunia

Bioskop masa pandemi
Bioskop masa pandemi. Sumber: Kemenparekraf

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sangat mempengaruhi keberlangsungan industri perfilman. Kemunduran ini bukan tanpa alasan, selama pandemi berlangsung banyak bioskop di seluruh dunia yang harus tutup sementara waktu. 

Meski boleh buka sekalipun, banyak orang yang lebih memilih untuk berdiam diri di rumah daripada harus bepergian. Hal tersebut telah berpengaruh terhadap minat orang untuk mengakses tempat-tempat umum seperti bioskop. 

Kemungkinan, Activision Blizzard juga telah memperhitungkan kemungkinan terburuk ketika harus merilis Call of Duty movie pada saat pandemi berlangsung. 

Belum lagi aturan terkait pembatasan sosial yang diberlakukan di berbagai negara juga turut menghambat jalannya proses produksi film. 

Baca juga: Rekomendasi Game PC Terbaik Seperti Civilization

Activision Lebih Fokus Memproduksi Game 

Game Activision Blizzard
Game Activision Blizzard. Sumber: callofduty.com

Nyatanya Activision memang tidak terlalu serius dalam menggarap rencana pengangkatan salah satu video game andalannya ke layar lebar. 

Hal itu terbukti sejak Activision mengumumkan rencana produksi film Call of Duty tahun 2015, hingga tahun 2023 mereka telah merilis sebanyak 9 game Call of Duty. 

Activision secara beruntun merilis game Call of Duty sejak 2015 sampai 2023 dan rencananya pada tahun 2024 ini Activision akan memproduksi game Call of Duty: Black Ops V.

Baca juga: 8 Rekomendasi Game Android Online dan Offline Terbaik

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!