Cara Mengajukan Banding Akun Call of Duty yang Dibanned

Call of Duty Ban Appeal Account

Hal yang paling menyebalkan dari bermain game Call of Duty terjadi ketika akun tiba-tiba dibanned oleh pengembang. Lebih menyebalkan lagi, ketika banding banned akun Call of Duty kita ditolak. 

Padahal selama bernain gamet tersebut, kamu merasa tidak pernah melakukan pelanggaran apapun sesuai kebijakan dari pengembang game. Sungguh hal yang menyebalkan bukan? 

Ketika hal tersebut terjadi pada akun Call of Duty kamu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengingat kembali apa yang membuat hal ini terjadi. 

Jika kamu telah menemukan penyebab pemblokiran akun maka langkah selanjutnya adalah mengajukan banding banned akun Call of Duty kamu. 

Sudah tahu gimana cara mengajukan banding larangan akun call of duty mu? Kalau belum tahu simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui cara dan tips supaya banding bisa dikabulkan. 

Baca juga: Urutan Game Call of Duty dari Terlama Sampai Terbaru

Alasan Akun Call of Duty Dibanned

Akun COD Di-banned
Akun COD Di-banned. Sumber: Youtube Sup Gaming

Activision adalah pengembang game Call of Duty yang memberlakukan banyak aturan yang penting untuk kamu patuhi.

Aturan yang Activision buat bertujuan untuk membuat semua pemain terhindar dari kecurangan dan lingkungan bermain yang tidak kondusif. 

Setidaknya ada tiga hal yang mungkin tanpa sadar kamu langgar sehingga akun Call of Duty kamu diblokir oleh Activision, simak ulasannya berikut ini: 

Memakai Cheat

Activision sangat keras melarang para pemain Call of Duty menggunakan cheat. Kalau akun kamu diblokir karena perbuatan ini, Activision tidak akan menoleransi sedikit pun tentang perbuatan ini. 

Artinya, sekalipun kamu mengajukan banding atas banned akun Call of Duty, pengajuan tersebut tidak akan berhasil.

Akun kamu akan bernasib diblokir selamanya oleh Activision jika terbukti menggunakan cheat atau perangkat lunak pihak ketiga lainnya yang memberikan kemenangan tidak adil. 

Memanfaatkan Bug dan Gangguan pada Game 

Hal yang sangat lumrah terjadi di dalam dunia game online adalah terjadi bug atau gangguan dalam permainan.

Gangguan tersebut misalnya, tembok yang tampak tembus pandang di bagian peta tertentu sehingga memudahkan kamu untuk membunuh musuh.

Activision sangat melarang para pemain memanfaatkan bug semacam itu. Ketika kamu terdeteksi memanfaatkan gangguan tadi, Activision bisa saja memblokir akun kamu. 

Justru jika kamu menemukan gangguan atau bug pada permainan Call of Duty, sebaiknya kamu membuat laporan kepada Activision agar segera memperbaiki. 

Melakukan Pelecehan Terhadap Pemain Lain 

Activision sangat mengecam segala tindakan pelecehan yang terjadi di arena Call of Duty. Sehingga ketika kamu merasa pernah mengumpat atau berkata rasis kepada pemain lain, itu bisa jadi penyebab activison melarang akun call of Duty mu. 

Oleh karena itu, selalu berperilaku baik kepada sesama pemain. Perlakukan pemain lain dengan rasa hormat dan kebaikan.

Baca juga: Call Of Duty Modern Warfare Dipastikan Akan Mendapat Sekuel di 2022

Menjual Item dengan Uang Sungguhan

Kemudian alasan terakhir yang mungkin menjadi dasar Activision melarang akun Call of Duty mu adalah tindakan perdagangan item, layanan dalam game dengan akun sungguhan.

Activision akan melarang akun kamu jika melanggar aturan ini guna mencegah praktik permainan yang tidak adil.

Perlu kamu ingat dengan baik bahwa empat perilaku yang telah disebutkan tadi adalah faktor utama penyebab Activision memberikan larangan terhadap akun Call of Duty kamu. 

Baca juga: Rekomendasi 5 Game CoD Terbaik 2023, Mana Paling Hits?

Apakah Bisa Membatalkan Banned Akun Call of Duty?

Call of Duty
Call of Duty Nintendo Switch. Sumber: Youtube

Ketika Activision sudah terlanjur banned akun Call of Duty kamu, maka kamu tidak perlu terlalu khawatir. Karena kamu bisa membatalkan ban tersebut dengan mengajukan banding. 

Asalkna, kamu bisa membuktikan jika tidak melakukan pelanggaran terhadap kebijakan game Call of Duty. Kemungkinan besar banding ban akun Call of Duty kamu akan berhasil. 

Cara Mengajukan Banding Akun Call of Duty yang Dibanned

Call of Duty
Call of Duty. Sumber: VCGamers

Kamu bisa mengetahui tata cara pengajuan banding atas akun CoD kamu yang terkena banned. Hanya beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk dapat melakukan banding. Berikut daftarnya:

Kunjungi Website Activision

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi Activision Support untuk memulai proses banding atas pemblokiran akun Call of Duty milikmu. 

Login dengan Akun yang Dilarang

Login Akun COD
Login Akun COD. Sumber: Activision

Sebelum kamu mengajukan banding terhadap larangan akun Call of Duty, pastikan untuk login terlebih dahulu dengan akun yang dilarang tersebut. 

Pilih Akun Game yang Dilarang Activision

Pilih Game Activision Kamu
Pilih Game Activision Kamu. Sumber: Activision

Activision tidak hanya membuat satu game saja bahkan perusahaan ini juga menciptakan banyak seri dari game Call of Duty. Oleh karena itu, pilih game Call of Duty seri sesuai yang kamu mainkan. 

Pada langkah ketiga ini kamu akan menemukan pilihan berupa Call of Duty Warzone, Call of Duty Modern Warfare 2, Call of Duty Mobile dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu pilih satu untuk ajukan ban appeal akun yang dilarang oleh Activision. 

Baca juga: Patch Baru Call Of Duty Black Ops Cold War Permudah Naik Level Senjata

Pilih Platform Tempat Bermain

Banding Akun Call of Duty
Pilih Platform Bermain Kamu. Sumber: Activision

Ketika sudah masuk Activision Support Website dan telah memilih game apa yang sedang kamu mainkan, pilih platform tempat kamu memainkan game tersebut.

Jika kamu bermain Call of Duty di platform Steam maka pilihlah platform tersebut. Tapi jika kamu bukan bermain di platform tersebut, mak pilih opsi platform lain yang tersedia di kolom. 

Pilih Topik Permasalahan 

Pilih Topik Permasalahan Akun
Pilih Topik Permasalahan Akun. Sumber: Slothy Tech

Setelah menentukan game yang kamu mainkan dan platform tempat kamu bermain, langkah selanjutnya adalah memilih topik permasalahan yang kamu alami pada akun Call of Duty kamu.

Pada sesi ini, kamu akan menghadapi kolom pilihan yang berisi opsi permasalahan yang kamu hadapi di dalam game. Misalnya kamu menemui bug, kamu bisa melaporkan bug tersebut kepada Activision. 

Tapi jika masalah pada akun penyebabnya adalah diblokir karena alasan keamanan maka pilih opsi “Security and Enforcement”

Jelaskan Masalah Keamanan Kamu

Banding Akun Call of Duty
Pilih Permasalahan Spesifik. Sumber: Activision

Untuk mengajukan banding atas larangan akun Call of Duty, jelaskan masalah yang terjadi pada akun kamu.

Misal Activision melarang akun Call of Duty kamu secara permanen maka kamu hanya tinggal mengklik opsi “My account was permanently banned” atau “My Account was temporarily banned”.

Klik Opsi “Appeal a Ban”

Banding Akun Call of Duty
Klik tombol ‘Appeal a Ban’ Sumber: Slothy Tech

Cari tombol ‘Appeal a Ban’ kemudian klik opsi tersebut. Setelah kamu mengkliknya maka kamu telah mengajukan banding terkait permasalahan akun kamu kepada Activision.

Kirimkan Tiket Dukungan

Gunakan Tiket Dukungan
Gunakan Tiket Dukungan. Sumber: Slothy Tech

Jika kamu telah menempuh enam langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mengirim tiket dukungan. Pada sesi ini kamu juga bisa menambahkan bukti yang dapat mendukung pengajuan banding kamu. 

Menunggu Tanggapan Activision

Setelah kamu mengirimkan tiket dukungan beserta bukti tambahan yang bisa mendukung kamu, hal yang bisa kamu lakukan setelahnya adalah menunggu jawaban dari Activision.

Pada tahap ini, Activision akan segera melakukan peninjauan atas pengajuan banding ban akun Call of Duty kamu. 

Prose peninjauan banding mungkin akan memakan waktu beberapa minggu. Oleh karena itu tetap bersabar menantikan hasil bandingmu.

Jika proses peninjauan banding selesai, Activision pasti akan memberikan kabar terkait kejelasan akun Call of Duty milik kamu.

Baca juga: Tips Meningkatkan Skil di Call Of Duty Warzone Mobile

Kalau kamu mau top up CP COD murah dan banyak promo, langsung saja kunjungi VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!