Mengenal Activision Blizzard, Perusahaan Game yang Ingin Diakuisisi Microsoft

Activision Blizzard

Untuk kamu para veteran game pasti pernah mendengar nama-nama seperti Guitar Hero dan Crash Bandicoot bukan? Permainan legendaris tersebut dibuat oleh perusahaan bernama Activision Blizzard.

Buat yang belum tahu, jadi Activision Blizzard merupakan sebuah perusahaan game dari Negeri Paman Sam yang berbasis di Santa Monica, California. Perusahaan ini dibentuk pada Juli 2008 sebagai hasil dari penggabungan dari Activision Inc. dengan Vivendi Games.

Penasaran apa saja game lain yang juga diproduksi oleh Activision Blizzard ini? Yuk simak ulasan singkat tentang profil perusahaan, akuisisi Microsoft dan game yang dibuat dalam artikel dibawah ini!

Baca juga: Siapa Sih Pencipta Roblox? Yuk Kenalan Biar Paham!

Profil Perusahaan

Logo Activision Blizzard
Logo Activision Blizzard. Source: Activision Blizzard

Activision Company selaku asal perusahaan ini pertama kali didirikan pada tahun 1979 sebagai pengembang pihak ketiga untuk game dari Atari Video Computer System.

Pada tahun 1988, perusahaan ini meluaskan sayapnya ke pembuatan software non-gaming dan mengganti namanya sebagai Mediagenic.

Bukannya untung, perusahaan malah menerima kerugian yang sangat besar. Pada tahun 1991, sekelompok investor yang diketuai oleh Bobby Kotick kemudian membeli perusahaan ini.

Bobby Kotick CEO Activision Blizzard
Bobby Kotick. Source: CNBC Television

Kotick kemudian melakukan restrukturasi besar-besaran untuk meminimalkan hutang, termasuk kembali menamai perusahaan ini sebagai Activision dan memindahkannya ke Santa Monica, California.

Perusahaan kembali mendapatkan untung di tahun 1997. Kotick menghabiskan dekade berikutnya dengan melebarkan produksi mereka dengan melakukan akuisisi sekitar 25 studio.

Berkat hal ini, Activision berhasil memproduksi dan merilis berbagai seri game yang sangat sukses seperti Crash Bandicoot, Guitar Hero, dan Call of Duty.

Sekitar tahun 2006, Kotick melakukan negosiasi dengan Jean-Bernard Levy yang merupakan CEO dari media konglomerat Perancis, Vivendi.

Saat itu Vivendi memiliki divisi untuk video game sendiri, sebuah perusahaan induk untuk Sierra Entertainment dan Blizzard Entertainment.

Blizzard Entertainment. Source: GameSpot
Blizzard Entertainment. Source: GameSpot

Kotick menginginkan akses pada World of Warcraft, sebuah game MMO sukses milik Levy. Levy menawarkan untuk melakukan merger perusahaan jika Vivendi mendapatkan mayoritas kontrol.

Kotick kemudian mengajukan proposal untuk merger kepada dewan direktur Activision, yang kemudian disetujui pada Desember 2007. Perusahaan kemudian diberi nama Activision Blizzard.

Bobby Kotick ditunjuk sebagai presiden baru dan CEO sedangkan René Penisson dari Vivendi ditunjuk sebagai ketuanya.

Hingga saat ini, mereka telah memiliki 5 unit bisnis yaitu Activision Publishing, King, Major League Gaming, Blizzard Entertainment, dan Activision Blizzard Studios.

Pada Maret 2018, Activision Blizzard tercatat sebagai perusahaan game dengan pendapatan dan kapitalisasi pasar terbesar di Amerika dan Eropa.

Baca juga: 4 Games Poki Paling Hits, Subway Surfers Paling Favorite!

Rencana Akuisisi Microsoft

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi perusahaan untuk $68.7 miliar dengan transaksi tunai atau sekitar $95 per saham.

Jika rencana ini berhasil, Microsoft akan menjadi perusahaan game terbesar ketiga di dunia dengan kantor terbesar di Amerika setelah perusahaan China, Tencent dan perusahaan asal Jepang, Sony.

Sayangnya, KPPU Inggris memblokir akuisisi Microsoft atas akuisisi ini pada tanggal 26 April 2023. Pada hari yang sama, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan mengajukan banding.

Baca juga: 5 Alasan Microsoft Beli Activision Seharga Rp 1.000 Triliun

Game Buatan Activision Blizzard

Game Tony Hawk's
Game Tony Hawk’s.Source: Joy Of Gaming

Perusahaan ini banyak mengeluarkan title game yang berhasil membuat rekor pada saat perilisannya. Berikut adalah daftar gamenya:

  • Guitar Hero
  • Tony Hawks
  • Crash Bandicot
  • Skylander’s
  • Spyro
  • Call of Duty
  • World of Warcraft
  • StarCraft
  • Hearthstone
  • Overwatch
  • Diablo
  • Heroes of the Storm
  • Candy Crush Saga
  • Ghostbusters: The Video Game
  • Brutal Legend
  • The Chronicles of Riddick: Assault on Dark Athena
  • Prototype

Itulah ulasan singkat tentang profil dan daftar game yang dibuat oleh Activision Blizzard. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi mereka di sini.

Dari list di atas, mana nih yang pernah kamu mainkan?

Baca juga: Cara Mendapatkan CP COD Mobile Gratis Terbaru Tahun 2023

Jangan lupa Top Up CP COD Mobile murah, cepat dan gratis hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!