Gameplay Suikoden 2, JRPG Klasik Yang Masih Asik!

Suikoden 2

Suikoden 2 adalah game bergenre JRPG yang dirilis oleh Konami pada tahun 1998 untuk platform Playstation 1.

Meskipun telah dirilis lebih dari 24 tahun yang lalu, game ini masih banyak dimainkan oleh para penggemar RPG yang ingin bernostalgia dengan masa kecil mereka.

Artikel ini akan membahas gameplay dari game JRPG klasik, Suikoden 2 yang super seru!

Baca juga: Rekomendasi Game PS5 RPG Terbaik 2023, Grafik Keren!

Plot Cerita Suikoden 2

Plot Cerita Suikoden 2
Plot Cerita Suikoden 2. Source: Silent Longplays/Youtube

Game ini berlatar 3 tahun setelah Suikoden dan bercerita tentang sebuah invasi kepada sebuah negara-kota yang bernama Jowston oleh Kerajaan Highland.

Kamu akan bermain sebagai seorang protagonis pendiam yang merupakan anak adopsi dari seorang pahlawan yang menyelamatkan Jowston dari Kerajaan Highland bertahun-tahun yang lalu, Genkaku.

Sang protagonis dan sahabatnya yang bernama Jowy Atreides masing-masing mendapatkan setengah dari Rune of the Beginning, salah satu dari 27 True Runes dari seri Suikoden sebelumnya.

Mereka terjebak dalam berbagai intrik invasi dan takdir yang gelap bagi mereka yang menanggung setengah Rune tersebut.

Seperti seri game sebelumnya, Suikoden 2 berpusat pada perekrutan 180 Stars of Destiny, yang memiliki kekuatan untuk merubah takdir.

Baca juga: Atelier Ryza 3: Player Baru Wajib Pelajari Skill Ini!

Gameplay Suikoden 2

Leveling Suikoden 2
Leveling Karakter. Source: Silent Longplays/Youtube

Suikoden adalah game JRPG dengan elemen strategi yang mempunyai beragam format gameplay mulai dari pertarungan satu lawan satu hingga konfrontasi berskala besar antara  2 pasukan.

Pemain akan menyelesaikan berbagai tugas dan mengobrol dengan karakter lainnya. Kamu juga dapat merekrut lebih dari 100 karakter baru yang seringkali didapat setelah menyelesaikan sidequest.

Untuk mengumpulkan informasi, kamu bisa mengunjungi berbagai kota yang ada dalam game ini. Kamu juga bisa memperkuat senjata, membeli equipment dan runes.

Monster dalam game ini akan muncul secara acak di area hutan belantara. Pemain akan mendapatkan rewards setiap mengalahkan monster yang mereka temui.

Seperti game RPG kebanyakan, Suikoden 2 mempunyai sistem leveling karakter yang unik. Ada jumlah tertentu dari poin EXP yang harus didapat untuk meningkatkan level karakter.

Poin EXP yang akan kamu dapatkan bergantung pada perbedaan antara anggota party-mu dan lawan. Hal ini memungkinkan karakter dengan level rendah untuk mengejar level musuh dengan cepat.

Karakter dalam game ini memiliki jumlah penggunaan mantra perlevel. Contohnya, seorang karakter dengan 4 slot mantra level 1 dan Fire Rune dapat menggunakan “Flaming  Arrows” sebanyak 4 kali.

Beberapa Rune khusus atau Rune yang berbasis keterampilan memiliki aturan yang berbeda, seperti batas penggunaan atau hanya dapat digunakan sekali dalam 1 pertarungan.

Upgrade yang didapatkan game ini adalah sistem pertarungan grid dengan strategi unit. Terdapat penambahan slot 3 Rune yang memungkinkan pemain menggunakan 3 Rune berbeda dalam satu waktu.

Game ini juga menambahkan sistem inventory party, sebuah tombol “Dash” yang memungkinkan pemain untuk bergerak di layar dengan lebih cepat, dan peningkatan grafis yang signifikan.

Baca juga: Panduan Elden Ring Pemula untuk Bermain, Auto Jago!

Tipe Pertempuran Suikoden 2

Mode Pertarungan Suikoden 2
Tipe Pertarungan Suikoden 2. Source: Silent Longplays/Youtube

Seperti pada versi sebelumnya, Suikoden 2 memiliki 3 tipe pertarungan yaitu Regular Battles, Duels, dan Massive Battle.

Regular Battles adalah tipe pertarungan yang paling banyak dalam game ini, sistem turnbased battle yang saat itu sangat umum digunakan berisi pilihan untuk serangan, magic (runes), item dan lainnya.

Pemain dapat bertemu musuh secara acak di peta dan dungeons atau sebagai bagian spesifik dari plot cerita. Kamu dapat memiliki 6 anggota dalam party dan menghadapi maksimal 6 lawan.

Regular Battle adalah satu-satunya tipe pertarungan dimana pemain dapat mendapatkan poin EXP, item dan Potch (mata uang Suikoden 2).

Duels adalah tipe pertarungan dimana kamu akan melawan karakter lain dalam pertarungan satu lawan satu. Hanya ada 3 gaya pertarungan dalam mode ini, yaitu Attack, Wild Attack dan Defend.

Duel ini akan menggunakan sistem kertas, gunting, batu diaman “Attack” mengalahkan “Defend”, “Wild Attack” mengalahkan “Attack”, dan “Defend” mengalahkan “Wild Attack”.

Pada tipe pertarungan Massive Battle, pemain akan lebih interaktif dari pada versi game sebelumnya. Saat kamu merekrut karakter baru, akan ada banyak pilihan unit yang bisa digunakan.

Beberapa karakter tertentu adalah “unit leader” sedangkan yang lainnya berperan sebagai “support”. Setiap karakter akan menambahkan jumlah defense dan attack tertentu pada unit mereka.

Sebagai tambahan, beberapa karakter tertentu juga menambahkan kemampuan spesial kepada unit yang mereka masuki. Angka tersebut akan mempengaruhi kesempatan untuk menang.

Baca juga: Rekomendasi 12 Game RPG Terbaik 2023

Versi Remaster Sedang Dalam Pengerjaan?

JRPG
Remaster Suikoden 1 dan 2. Source: PlayStation/Youtube

Dilansir dari Konami, Suikoden 1 dan 2 akan dibuatkan versi remasternya yang diperkirakan akan dirilis pada tahun ini.

Versi remaster dari game ini akan dirilis untuk platform PS4, Xbox One, Nintendo Switch dan Steam. Tertarik untuk memainkan game ini?

Baca juga: PS5 Pro Segera Dirilis, Simak Spesifikasinhya Disini!

Top Up Game Murah, Cepat dan Aman hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!